Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Astaga! Gadis Ini Meninggal Akibat Menahan Buang Air Besar!

Mungkin kamu mengira sembelit adalah sesuatu yang sepele. Tapi ternyata sembelit yang berkepanjangan bisa membahayakan jiwa!

Melisa

Kebiasaan buang air besar secara teratur setiap hari menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kalau tubuhmu dalam keadaan sehat. Karena sejatinya kamu memang harus mengeluarkan seluruh zat sisa dari tubuhmu secara teratur. Dengan buang air besar secara teratur, maka metabolisme tubuh akan berlangsung lancar dan siap untuk menghasilkan zat sisa yang baru.

Hati-hati dengan gejala konstipasi (sembelit) atau kebiasaan menahan buang air besar. Karena meskipun terdengar sepele, menahan buang air besar dalam waktu yang lama justru bisa berujung pada risiko kematian seperti yang dialami oleh Emily Titterington.

Masalah Buang Air Besar Berujung Petaka

Emily Titterington yang merupakan warga Inggris meninggal pada tanggal 8 Februari 2013 dalam usia 16 tahun. Gadis belia itu mengidap autisme tingkat ringan dan masalah usus yang cukup kronis. Karena phobianya pada toilet, Emily sering menahan buang air besar yang lambat laun mulai menimbulkan masalah serius pada metabolisme tubuhnya. Saat ditemukan meninggal, ternyata Emily sudah menahan rasa ingin buang air besar selama 8 minggu!

Ahli patologi Amanda Jeffery menjelaskan bahwa kala itu Emily mengalami “massive extention of large bowel” atau pelebaran usus besar. Pelebaran usus besar dalam kondisi yang serius akhirnya menyebabkan pergeseran pada organ-organ dalam tubuh sebelum menimbulkan serangan jantung yang menewaskan Emily.

Menurut Frank R. Malkin, seorang ahli gastroenterologi di Charles River Medis Associates Massachusetts, sembelit pada umumnya memang sering menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Namun sebelum kondisi sembelit memicu gejala penyakit yang lebih serius, maka konsumsi obat pencahar untuk melancarkan proses buang air besar harus dilakukan. Kejadian yang menimpa Emily seharusnya tidak berakhir mengenaskan bila mendapatkan penanganan medis yang tepat sedini mungkin.

BACA JUGA: Memijat Bagian Tubuh Ini Ternyata Bisa Membebaskan Kamu Dari Sembelit

Mulailah Peduli dengan Proses Buang Air Besarmu

Salah satu fakta mengejutkan menyatakan bahwa jarang sekali ada orang dewasa yang menderita sembelit parah. Sebab sembelit parah biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak dengan rentang usia 2,5 hingga 5 tahun. Bila kamu sudah mengalami kondisi sembelit sejak kecil, alangkah baiknya jika kamu lebih rajin mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

BACA JUGA: Mau Sehat? Inilah 7 Sayuran Paling Bernutrisi Yang Perlu Kamu Coba!

Pada dasarnya setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Ada yang merasa terbiasa buang air besar 2 hingga 3 hari sekali namun ada pula yang mulai merasa tersiksa dengan kondisi perut saat tidak buang air besar 1 hari saja. So, mengenali kondisi fisik dirimu sendiri adalah jalan terbaik untuk meminimalkan gangguan kesehatan.

Jangan sampai kondisi sembeli parah berujung kematian yang dialami Emily Titerrington juga mengintai kesehatan pencernaanmu, ya !

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy