Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Mengapa Kita Tidak Boleh Sembarangan Memecahkan Jerawat?

Pernahkah kamu bangun pagi dan menyadari bahwa harimu terlalu indah bila harus diawali dengan lambaian jerawat centil yang tertawa nakal ke arahmu? Kamu berkaca dan berkaca, tapi jerawat itu masih ada

Kasih Elia Lg

Kamu sebal dan merasa benar-benar ingin memencetnya keras-keras, sekuat tenaga, sampai seluruh isinya keluar di depan matamu.

Sayangnya, seperti yang sudah pernah kami bahas di sini, kamu tidak bisa melakukannya. Sorry, dear! Tapi, setelah kamu selesai membaca artikel ini, kamu akan mulai mengutuki diri sendiri atas kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu.

Kamu juga akan mulai berhati-hati memperlakukan jerawat, dan tidak akan memecahkannya apabila tidak terpaksa. Penasaran kenapa bisa begitu? Langsung diteruskan saja bacanya!

Memencet Jerawat = BIG NO NO!

Jadi, mengapa kita tidak boleh sembarangan memecahkan jerawat?

Ayo kita melihat jerawat sebagai sebuah kantung kulit yang menampung bakteri jerawat, minyak berlebih dan kotoran dari dalam tubuh.

Kulit bintil jerawat yang menggembung dan sering mengganggu mata kita itu justru menampung para kotoran itu dengan baik.

Ketika kita menekan bintil tersebut untuk memecahkan jerawat, cairan berisi kotoran-kotoran dan bakteri yang tertampung dalam bintil tersebut malah akan tumpah ke permukaan kulit kita dan mengakibatkan makin banyak jerawat yang timbul di sekitarnya.

Resiko lainnya adalah, ketika kita menekan kulit untuk memecahkan jerawat, kita justru menekan kotoran dan bakteri dalam bintil jerawat lebih dalam ke lapisan kulit terdalam kita, dan itu tidak sehat.

Kita juga bisa membawa bakteri baru dari tangan kita ke kulit wajah. Itu bisa menyebabkan timbulnya jerawat yang kemerahan dan lebih menyakitkan.

Bagaimana? Sudah mulai tobat dari dunia pemencetan jerawat? Bingung gimana cara memperlakukan jerawat mulai sekarang?

Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat adalah dengan membiarkannya melalui siklus aktifnya. Sederhananya, kamu harus menjaga kebersihan daerah sekitar jerawat, hingga jerawat tersebut kempes dengan sendirinya. Tergesa-gesa memencet jerawat dengan cara yang salah malah akan membuat kulitmu jadi lebih menderita.

Dengan kata lain, kalau mau cantik harus sabar ya, ladies!

Kalau kamu punya kondisi yang urgent dan jerawat mengganggu hari besarmu, coba baca artikel Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Bandel deh! Semoga bermanfaat ladies!

Ingin mendapatkan informasi seputar kecantikan terkini langsung di email kamu? Yuk berlangganan Kawaii Beauty Japan Newsletter.

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait