Foto Hati-Hati! 5 Makanan Palsu Asal Cina Ini Terbuat dari Bahan-Bahan Berbahaya!

Hati-Hati! 5 Makanan Palsu Asal Cina Ini Terbuat dari Bahan-Bahan Berbahaya!

Foto Kasih Elia LG
Semua hal bisa dibuat di Cina, bahkan 5 makanan palsu ini. Wow!

Belakangan ini, sedang marak-maraknya himbauan untuk berhati-hati pada makanan palsu. Makanan palsu tentunya sangat berbahaya untuk kesehatanmu, ladies! Bagaimana tidak, bahan-bahan komposisi makanan tersebut ternyata sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena dapat memberi dampak buruk pada kesehatan.

Cina adalah salah satu negara terbesar di Asia dengan penduduk terbanyak. Hal ini ternyata membuat warga Cina kekurangan bahan alami di sekitar mereka dan menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang pertama kali memicu adanya makanan palsu.

Pada pertengahan tahun 2015 lalu, sempat marak beras palsu buatan Cina. Ternyata, selain itu ada juga beberapa makanan lain yang dipalsukan. Apa saja sih makanan palsu yang telah diciptakan oleh penduduk Cina? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

#1 Mi Bihun Palsu

Pada tahun 2010, sekitar 50 pabrik di area Dogguan, Cina ditutup oleh pihak yang berwajib dikarenakan penggunaan beras busuk secara ilegal dan bahan kimia berbahaya pada proses pembuatannya. Penyitaan dan pembongkaran pabrik-pabrik ini berlangsung sangat luar biasa dengan ditemukannya sekitar 2 juta kilogram bihun palsu. Luar biasa, apa jadinya kalau ternyata ada di Indonesia juga ya?

#2 Susu Melamin

Melamin BUKAN merupakan bahan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Tetapi pada 2009, sekitar 53.000 bayi dilaporkan mengalami keracunan dan sakit akibat meminum susu yang belakangan ditemukan mengandung melamin di dalamnya. Bahan kimia tersebut ditambahkan pada ramuan susu formula untuk menonjolkan protein yang terdapat di dalamnya, namun dengan takaran dan penambahan yang salah. Akhirnya berujung pada peracunan makanan. Mengerikan.

#3 Daging Babi Palsu yang Menyala Dalam Gelap

Seorang wanita pada 2011 melaporkan bahwa dia menemukan daging babi olahan yang disisakannya untuk dimasak di esok hari, menyala (berpendar) dalam kegelapan dapurnya di tengah malam. Pihak investigasi akhirnya ditunjuk untuk menyelidiki kasus ini dan ternyata di dalam daging babi tersebut terdapat bakteri berpendar yang setelah diteliti dapat membahayakan kesehatan tubuh. Luar biasa benar ya. Daging babinya berpendar, mungkin ada manfaatnya apabila sedang mati lampu dan kita ingin mengolahnya. Daging itu gampang ditemukan di dalam gelap.

#4 Telur Ayam Palsu

Sumber: health.liputan6

Ya, kamu tidak salah lihat. Telur ayam pun, sesuatu yang sangat sederhana dan ada di kehidupan kita sehari-hari, dipalsukan di Cina. Di titik ini kita mungkin akan mulai berpikir, kenapa, apa yang membuat mereka tidak bisa menggunakan yang asli? Sesedikit itukah bahan baku di sana? Beberapa perusahaan di Cina bahkan tercatat menghasilkan begitu banyak keuntungan dengan menjual telur palsu. Telur palsu ini terbuat dari gelatin, pewarna makanan, air, dan kulit palsu yang terbuat dari lilin.

#5 Daging Sapi Palsu Menggunakan Daging Tikus

Kedengarannya mungkin biasa karena di Indonesia juga seringkali beredar gosip pemalsuan daging ayam menggunakan daging tikus. Hal ini kurang lebih sama dengan apa yang terjadi di Cina. Semua daging tikus diolah dalam kondisi yang sangat jauh dari bersih dan aman untuk kemudian dijual sebagai daging sapi. Polisi Cina melaporkan ada ribuan orang yang ditangkap karena menjual daging tikus sebagai daging sapi. Selain tidak bersih, pengolahannya juga ternyata melibatkan bahan bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Mengerikan.


Meskipun 5 makanan palsu tersebut ada di Cina, tapi kita yang di Indonesia juga tetap harus berhati-hati ya, ladies. Karena kebanyakan dari kasus di atas bukan lagi mengenai bahan alternatif yang digunakan tapi juga bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk mengolahnya. Be careful with your health, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini