Foto Tips Traveling di Bulan Puasa

Tips Traveling di Bulan Puasa

Foto Gita Pramesari
Hobi travelling tapi pas di bulan puasa?? No worries, fella. Jangan jadikan puasa, jadi hambatan kegiatan travelling kamu!

Girls, kamu terlalu capek dan lebih memilih tidur dibandingkan menjalankan rencanamu untuk bepergian? Jangan dong! Puasa bukanlah suatu hambatan untuk kamu-kamu yang senang menjelajah. Bagi kamu yang sedang berpuasa atau kamu yang ingin tetap menikmati perjalanan selama bulan puasa ini dia beberapa tipsnya.

1. Minum Vitamin Saat Sahur.

Jika kamu ingin bepergian ketika kamu berpuasa, pastikan kamu makan dan minum air secukupnya selama malam dan saat sahur. Tambahkan juga minum vitamin agar tetap berenergi meskipun kamu sedang berpuasa.

2. Tempat Tujuan yang Sesuai dan Tidak Terlalu Jauh.

Untuk kamu yang sedang puasa, mungkin beberapa tempat yang tenang dan nyaman seperti museum, perpustakaan, taman kota jadi tempat yang asik untuk kamu datangi. Berbagai macam objek wisatapun juga bisa kamu kunjungi karena biasanya tidak akan begitu ramai. Hindari tempat-tempat yang menghabiskan energi ataupun membuat kamu lelah atau haus. Buat rencana dengan matang dan datangi tempat-tempat yang mudah didatangi baik kendaraan umum atau kendaraan pribadimu.

3. Cari Kegiatan yang Tidak Menghabiskan Energi.

Rencanakan kegiatan yang tidak terlalu padat ataupun terlalu melelahkan. Membaca buku, menonton, bahkan merajut merupakan kegiatan yang dapat menemani mu selama perjalanan. Setibanya ditempat tujuan, kamu bisa menikmati keindahan yang telah disuguhkan. Jika ingin berolahraga, kamu bisa melakukannya satu jam sebelum berbuka. Olahraganya jangan terlalu ekstrim ya. 

BACA JUGA: Puasa Bukanlah Halangan Untuk Tetap Berolahraga

4. Tas yang Sesuai

Gunakan tas yang sesuai dengan keperluan. Ada tas tangan, tas punggung, tas selempang, tas jinjing, dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih tas yang sesuai dengan keperluan perjalananmu yang bisa membuatmu hemat tenaga. Perhatikan juga isi barang-barang yang diperlukan ya, jangan berlebihan ataupun terlalu sedikit.

5. Snack dan Minuman

Meskipun kamu puasa, snack dan air minum ini bisa digunakan sebagai ta’jil selama perjalananmu.

Untuk kamu yang tidak berpuasa, ada baiknya kamu bawa makanan dan minuman sendiri di dalam tas mu. Tidak sedikit para penjual yang  merubah waktu dagangnya menjelang waktu berbuka, sekitar jam 4 sampai malam. Snack dan air minum yang kamu bawa bisa membantu menghilangkan sedikit rasa haus dan laparmu. Baiknya sih tidak minum di tempat umum.

7. Payung

Payung dapat melindungimu dari panasnya matahari saat kamu harus bergerak di siang hari. Payung ini dapat mengurangi cairan tubuh yang menguap.

8. Mukena

Simpan mukenamu di dalam tas, untuk memudahkan kamu salat saat musholla atau masjid terlalu ramai. Jadi kamu  tidak perlu menunggu mukena mushollah.

9. Lipbalm

Agar bibirmu tidak terlihat pucat dan pecah-pecah, gunakan lipbalm secara rutin. Jangan yang ada rasa buah atau coklat ya.. 

10. Obat-obatan

Selalu siap sedia obat-obatan terutama kamu yang sadang dalam masa penyembuhan. Atau kamu yang memiliki asma atau penyakit lainnya yang memerlukan obat khusus.

11. Jangan Terburu-buru Saat Berbuka.

Rumah makan akan menjadi tempat yang asik untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga, maka datanglah ke rumah makan satu jam sampai satu setengah jam terlebih dahulu. Karena banyak pelanggan yang masih menunggu giliran, jangan sampai kamu terlalu terburu-buru saat makan ya.

Atau, kamu bisa mengganti planmu. Makan snack dan air minum yang kamu bawa sebagai ta’jil, kemudian salat maghrib. Setelah itu kamu bisa dengan puas memilih tempat makan dan menikmati makanan yang kamu pilih tanpa diburu-buru takut ketinggalan salat maghrib.

BACA JUGA: Inspirasi Resep Tajil Lezat nan Sehat untuk Berbuka Puasa

Puasa itu tidak menghambat kamu untuk bergerak seperti biasanya kok. Hanya saja, karena tidak makan dan minum dari pagi hingga petang, tubuh akan merasakan kehilangan energi.

Semoga dengan tips-tips ini kamu tetap bisa jalan menjelajah selama bulan ramadhan. Oia, tips diatas juga bisa kamu terapkan saat perjalanan mudik lho! 

A photo posted by Gita Pramesari (@gigagita) on

 

Happy Travelling! 

Artikel Selanjutnya

Foto Gita Pramesari

Gita Pramesari

I am a traveller and a writer.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini