Foto Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Foto Gita Pramesari
Lebaran sebentar lagi, saatnya untuk mudik ke kampung halaman. Untuk kamu yang akan mudik menggunakan kendaraan umum, ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan agar perjalanan mudikmu menyenangkan

Tidak sedikit para pemudik yang menggunakan jasa transportasi umum seperti bus, pesawat atau kereta untuk pulang ke kampung halaman. Salah satu alasan ya tidak mau terlalu capek berkendara. Meskipun kurang merasa nyaman, tetapi  para pemudik bisa beristirahat selama perjalanan sehingga tidak terlalu lelah ketika tiba di tempat tujuan. Jika kamu salah satunya, yuk simak tips bagaimana bermudik ria dengan kendaraan umum tetap menyenangkan!

 

Ticket

Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Pesan tiket kereta, bus atau pesawat sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari dan di loket resmi. Hindari membeli tiket di calo yah ladies. Usahakan melakukan pemesanan tiket paling paling tidak 2 bulan sebelumnya, terutama untuk kamu yang ingin menempuh perjalanan mudik menggunakan kereta api. Selain menghindari habisnya tiket, kamu juga menjadi tenang ketika menjelang keberangkatan.

Jaga Kesehatan

Baik mudik dengan kendaraan pribadi maupun naik kendaraan umum, kamu harus tetap menjaga kesehatan. Supaya kamu bisa tetap waspada selama perjalanan, berhati-hatilah karena banyak kejahatan yang mungkin terjadi di kendaraan umum lho! 

BACA JUGA: Tips Traveling di Bulan Puasa​

Bawa Barang Seperlunya

Bawa barang seperlunya dan pack seringkas mungkin agar tidak terlalu repot selama perjalanan. Tidak membawa terlalu banyak tentengan atau tas yang berlebihan untuk menghindari tercecernya tas sehingga hilang. Siapkan obat-obatan, mukena, perlatan kebersihan dan makanan atau minuman ditempat yang terjangkau. 

Siapkan Tas Kecil

Masukkan barang-barang yang penting di dalam tas kecilmu. Misal dompet, handphone, power bank, tissue basah atau kering, handuk kecil, camilan, minuman dan permen. Jadi kamu tidak perlu merogoh-rogoh tas atau bawaan mu yang lain saat memerlukannya sehingga tidka merepotkanmu.  

Pisahkan uang kecil seperti uang untuk membeli makanan atau untuk ke kamar kecil di depan kantong tas mu. Uang-uang yang bernominal besar baiknya jangan hanya disimpan di dompet. Pilihlah tempat-tempat yang tidak terpikirkan oleh orang lain atau cukup aman untuk menyimpan uang. 

BACA JUGA: Tips Berbuka Puasa Saat di Perjalanan​

Copet

Doa, Kontak Kerabat dan Waspada

Ketika hari keberangkatanmu, jangan lupa berdoa sebelum keberangkatan dan beri kabar kerabat di tempat tujuanmu serta tetap waspada selama di perjalanan. Jangan mudah menerima tawaran makanan dari orang lain ataupun menerima gadaian barang dari orang. Menerima makanan dari orang tak dikenal bisa jadi merupakan modus untuk membius dan mengambil barang sedangkan memberli barang gadaian dari orang tak dikenal merupakan modus penipuan. So tetep hati-hati ya guys!

No Excessive Accessories

Jangan memakai perhiasan yang berlebihan, hal ini bisa menarik para penjahat untuk menjadikanmu mangsa. Selama perjalananan, simpan di dalam tas, seperti di antara pakaian. Kamu bisa menggunakan perhisaanmu nanti saat Hari Raya!

Check

Pakaian yang Nyaman

Perhatikan pakaian yang kamu gunakan, pilihlah pakaian yang nyaman untukmu. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu berlebihan karena ini akan merepotkan dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kamu berpergian menggunaan kendaraan umum, perhatikan waktu perjalanan, toilet tempat beristirahat, dan jangan lupa membawa jaket untuk menghindari udara dingin ataupun AC.

Cek Barang Bawaan

Setibanya kamu di tempat tujuan, jangan terburu-buru keluar dari kendaraan. Periksa kembali barang bawaaan mu agar tidak tidak tertukar apalagi tertinggal. Hitung kembali jumlah tas atau tentengan yang kamu bawa. Periksa juga sampah yang kamu buat selama perjalanan dan jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya.


Itu dia delapan tips untuk mudik menggunakan tranportasi umum. Semoga perjalananmu menyenangkan dan selamat berkumpul bersama keluarga! 

BACA JUGA: 4 Cara Efektif Menyiapkan Biaya Liburan!​

Artikel Selanjutnya

Foto Gita Pramesari

Gita Pramesari

I am a traveller and a writer.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini