Foto 8 Manfaat Tauge untuk Tubuhmu

8 Manfaat Tauge untuk Tubuhmu

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Banyak sekali menu makanan dari berbagai negara seperti Cina, Jepang dan Korea yang menggunakan tauge dalam masakannya. Selain harganya yang murah, ternyata tauge juga memiliki banyak manfaat lho!

Kecambah atau tauge adalah tumbuhan sporofit (muda) yang baru saja tumbuh berkembang dari tahap embrionik didalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan.

Biasanya tauge ini dijadikan sebagai sayuran, dan banyak mengandung sifat senyawa fitokimia (adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk buah dan sayuran), mengkonsumsi tauge sebaiknya dalam keadaan mentah supaya kandungan zat muda yang ada didalam tauge tidak hilang. Bisa dibayangkan jika kita memasak tauge maka kandungan nutrisinya akan berkurang hingga 60 persen, dan jika hanya direndam pada air panas maka kandungan vitamin C dan enzim yang dikandung tauge hanya sekitar 20 persen saja.

Mengkonsumsi tauge ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tauge yang bisa kamu nikmati:

1. Mencegah Kanker

Dalam proses pembentukannya, tauge telah menguraikan 90 persen rantai oliskarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut dapat dengan mudah diserap oleh tubuh, tanpa menghasilkan gas. Dengan kandungan air dan serat yang banyak, maka tauge dapat membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Maka dari itu tauge memliki kekuatan ganda untuk memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran dari usus besar, maka akan dapat mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.

Tauge juga menganndung senayawa genistin yang akan menekan pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini akan bekerja lebih efektif saat sudah terbentuk benih kecambah. Saat itu genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel kanker sehingga sel-sel tersebut akan mati.

BACA JUGA: Gejala Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai!​

2. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung

Beberapa orang akan merasa kembung saat mengkonsumsi kacang-kacangan, karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Tumbuhan tauge ini sangat cocok dikonsumsi bagi para penderita masalah tersebut, karena tauge bersifat basa dan tidak akan membuatmu merasa kembung.

3.  Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Tauge memiliki kandungan saponin yang berfungsi menghancurkan lemak jahat (LDL), tanpa mempengaruhi lemak baik (HDL). Kandungan saponin yang ada pada tauge sangat tinggi karena pada saat proses awal dari biji-bijian menjadi kecambah, kadar saponinnya naik menjadi 450 persen.

Bagi para penderita serangan jantung dan stroke yang lemak darahnya melambung tinggi, sangat tepat mengkonsumsi sayuran tauge ini.

BACA JUGA: Konsumsi Alpukat Tiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol, Masa Sih?​

Tauge

4.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Wanita memiliki resiko terkena oestoporosis lebih besar dibanding pria. Hal ini dikarenakan hormon estrogen pada wanita sehingga mengalami siklus haid bulanan. Hal ini menyebabkan kalsium pada tubuh wanita mudah terlpas dari tulangnya. Untuk itu sangat dianjurkan bagi wanita untuk mengkonsumsi tauge. 

Tauge memiliki kandungan estrogen alami yang dapat bekerja layaknya estrogen buatan tapi tanpa efek samping sama sekali. Estrogen yang terdapat dalu tauge mampu meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang. Selain susu, konsumsi tauge juga bagus lho untuk tulangmu.

5. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin dalam tauge dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural kiler cell), khususnya sel limfosit dan interferon.

Selain kaya DNA, tauge kaya akan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel DNA.

6. Mencegah Penuaan Dini

Banyak mengkonsumsi tauge, membuat kita menjadi awet muda, karena kandungan antioksidannya yang sangat kuat, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Menjaga Kecantikan

Tauge juga bisa menghilangkan noda hitam pada wajah kita, jerawat, menyuburkan rambut, serta membuat badan kita langsing dan membantu menghaluskan serta meremajakan kulit.

BACA JUGA: Hindari Beberapa Kebiasaaan yang Menimbulkan Kerutan di Wajah Berikut Ini!

8. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan vitamin E dalam tauge membantu saat kita mengalami keluhan pramenstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause.


Untuk para pria, tauge juga dapat membantu kesuburan testoteron yang diperlukan dalam pembentukan sperma. Adanya antioksidan yang terdapat dalam vitamin E dapat melindungi sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Sudah tahukan apa saja manfaat tauge untuk tubuhmu? Jadi, jangan lupa untuk memasukan tauge ke dalam menu hariamu ya! 

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini