Foto 6 Gejala Ini Dapat Menunjukkan Kalau Kesehatanmu Sedang Bermasalah

6 Gejala Ini Dapat Menunjukkan Kalau Kesehatanmu Sedang Bermasalah

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Kamu sedang mengalami satu dari enam gejala ini? Itu tandanya kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu ya, ladies.

Kesibukan sehari-hari yang serba padat sering membuatmu lupa untuk memerhatikan kesehatanmu. Asalkan tidak merasa ada bagian tubuh yang sakit, biasanya kamu tentu akan menganggap bahwa kondisi kesehatanmu baik-baik saja. Padahal, pada kenyatanya, 6 gejala sepele ini bisa menunjukkan kalau kesehatanmu sedang bermasalah lho, ladies. Ingin tahu apa saja 6 gejala tersebut? Yuk, klik NEXT untuk dapatkan jawabannya.

Warna Feses yang Lebih Hitam

Kelenjar empedu dalam tubuhmu berfungsi untuk mengatur pencernaan makanan dan memengaruhi warna fesesmu. Warna feses bisa bervariasi mulai dari kuning hingga hitam. Sebenarnya warna feses tidak jadi indikator satu-satunya yang menunjukkan kalau kesehatanmu sedang bermasalah. Sebab jika kamu mengonsumsi aneka bahan makanan berwarna mencolok seperti sayuran hijau, buah bit atau cranberry, tentu hal tersebut akan mempengaruhi warna fesesmu.

Feses yang kehitaman bisa menunjukkan gejala penurunan kesehatan jika disertai dengan gejala lain seperti sakit perut, mual, muntah, atau penurunan berat badan. Segeralah temui doktermu untuk berkonsultasi mengenai gangguan kesehatan yang kamu alami.

BACA JUGA: Sering Susah Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Ada Bintik atau Benjolan Di Kulitmu

Bintik atau benjolan merah berukuran kecil pada kulit disebut cherry angioma. Gejala bintik atau benjolan tersebut memang tak berbahaya bagi kesehatan namun hanya mengganggu penampilanmu saja.

Namun, kalau bintik atau benjolan di kulitmu sudah menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang aneh, kamu harus mewaspadainya sebagai gejala dari penyakit kulit yang serius. Bintik atau benjolan berwarna coklat yang disebut melanoma bisa menunjukkan perubahan serius seperti bentuk yang tidak simetris, tekstur kasar dan ukuran yang membesar seiring dengan berjalannya waktu.

BACA JUGA: Apakah Kondisi Umur Kulitmu Sama Dengan Umurmu?

Sembelit yang Tidak Biasa

Sembelit adalah gejala umum yang bisa kamu alami jika kekurangan asupan serat atau asupan air. Namun sembelit yang terasa tak biasa dan berlangsung dalam waktu lama bisa jadi merupakan tanda-tanda penyakit serius seperti iritasi usus, stres dan gangguan saraf.

Kamu Sulit Mengatasi Rasa Hausmu

Rasa haus adalah tanda alami bahwa tubuhmu sedang membutuhkan asupan cairan tambahan untuk mendukung metabolisme. Tetapi lain halnya kalau rasa haus itu tidak bisa kamu atasi dengan baik.

Haus berlebihan disertai pembengkakan pada kaki dan kenaikan berat badan secara pesat bisa menjadi indikasi penyakit jantung atau ginjal. Selain itu, rasa haus juga bisa menjadi gejala diabetes karena proses buang air kecil yang berlebihan membuat tubuh jadi terus menerus membutuhkan asupan air.

Rasa Seperti Terbakar pada Bagian Dada

Banyak orang yang mengira rasa seperti terbakar dan panas di bagian dada disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (dikenal dengan istilah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease).

Gangguan pencernaan memang bisa menyebabkan GERD. Akan tetapi kalau gejala itu berlangsung terus menerus, maka gejala tersebut wajib diwaspadai sebagai salah satu gejala penyakit jantung.

BACA JUGA: Makan Kurma ternyata Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Nyeri Otot Juga Patut Diwaspadai

Nyeri otot adalah gejala yang wajar terjadi selama 4 hingga 6 jam setelah latihan fisik. Nyeri otot sehabis latihan berbeda dengan nyeri otot yang menjadi tanda-tanda sindrom rhabdomyolysis. Sindrom berbahaya tersebut menandai terjadinya kerusakan jaringan otot hingga mengeluarkan racun pada aliran darah.

Jika tidak ditangani dengan serius, rhabdomyolysis yang ditandai dengan nyeri otot dan warna urine yang gelap berpotensi menimbulkan penyakit gagal ginjal.

BACA JUGA: Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!


Selain patut menjalani pola hidup sehat, kamu juga harus mencermati setiap perubahan fisik pada dirimu, ya! Jangan sampai kamu mengabaikan kesehatanmu hingga mengakibatkan hal fatal di kemudian hari. Karena tubuh yang sehat pasti jadi salah satu kunci kebahagiaanmu di masa depan.

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani