Foto 7 Bagian Tubuh Ini Sebaiknya Tidak Kamu Sentuh dengan Tanganmu

7 Bagian Tubuh Ini Sebaiknya Tidak Kamu Sentuh dengan Tanganmu

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Sembarangan menyentuh 7 bagian tubuh ini dengan tangan bisa bikin kamu terkena berbagai penyakit, lho! Hati-hati ya!

Tubuh sehat yang kamu miliki memang merupakan karunia dari Sang Maha Kasih. Namun bukan berarti kamu bisa memperlakukannya secara sembarangan, termasuk memegangnya sekehendak hatimu.

Menurut profesor bagian kesehatan umum Universitas Arizona, Kelly Reynolds, tangan adalah penyebab utama yang memicu penyebaran kuman. Bahkan kondisi kuku panjang dan penggunaan cincin juga meningkatkan risiko penyebaran kuman melalui tangan. Walaupun kamu sudah mencuci tangan dengan benar, tanganmu tetap mudah terkontaminasi kuman dari lingkungan di sekitarmu.

Klik NEXT untuk mengetahui tujuh bagian tubuh yang sebaiknya tak disentuh dengan tangan. Pastikan juga setelah mengetahuinya untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Telinga

Jangan pernah memasukkan jarimu ke dalam telinga dalam keadaan apapun. Karena hal tersebut bisa membuat selaput tipis yang melindungi saluran telingamu menjadi sobek dan mempengaruhi kesehatan telinga.

Lebih baik kamu berkonsultasi dengan dokter THT dan mulai membersihkan telinga sesuai dengan prosedur kesehatan yang tepat.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Wajah

Tanganmu memang harus digunakan untuk mencuci muka atau menggunakan produk perawatan wajah. Namun diluar dari kebutuhan tersebut, usahakan untuk tidak menyentuh wajahmu dengan tangan, ya!

Kotoran dan kandungan minyak yang terdapat pada jarimu hanya akan membuat wajahmu mudah kotor dan rentan berjerawat.

BACA JUGA:  Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Wajah dan Kulit

Anus

Menurut pernyataan Jared W., direktur klinik Harborview Medical Center, bagian anus justru tidak memiliki kandungan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Pastikan tanganmu sudah bersih sebelum kamu menyentuh anusmu dengan tangan. Sebab tangan malah berpotensi menularkan kuman penyakit pada organ anus lho.

Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang rentan terkontaminasi kuman dari tangan. Kamu mungkin sering secara tidak sadar mengusap atau menggosok-gosok matamu ketika merasa lelah atau gatal. Kimberly Cockerham penasihat Men’s Health Opthalmology membeberkan fakta bahwa mata bisa terkena infeksi kuman yang serius hanya karena kontak langsung dengan tangan yang kotor.

So, segera hubungi dokter mata jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi mata yang gatal, lelah atau mengalami iritasi.

BACA JUGA: Traveling Nyaman, Kacamata atau Lensa kontak?

Mulut

Sebuah penelitian di Inggris mendapatkan hasil yang mengejutkan bahwa orang sering meletakkan tangan ke mulut hingga 23.6 kali per jam ketika bosan berada di tempat kerja. Padahal Journal of Applied Microbiology menyatakan bahwa sepertiga hingga seperempat kuman di tangan memiliki peluang untuk berpindah ke mulut jika kamu sering memegang mulut dengan tangan, lho.

Kulit Di Bawah Kuku                                     

Kuku yang terlalu panjang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. Jika tanganmu memegang kulit di bawah kuku secara langsung, bukan tak mungkin tanganmu menjadi penuh dengan bakteri dan kemudian menularkannya pada organ tubuh yang lain.

Usahakan agar kukumu yang indah dan lentik dirawat secara bersih dan teratur supaya tidak menjadi tempat bersarang bagi kuman ya, ladies!

BACA JUGA: 6 Cara Agar Kutek Tidak Mudah Rusak

Bagian Dalam Hidung

Ngupil memang bertujuan untuk membersihkan bagian dalam hidung, tapi ternyata mengupil malah bisa membuat kuman di tangan berpindah ke hidungmu. Jurnal pengendalian infeksi dan rumah sakit epidemiologi menyatakan bahwa orang yang sering memegang bagian dalam hidung berisiko 51% lebih besar tertular bakteri Staphylococcus aureus.


Nah, sudah tahu kan 7 bagian tubuh yang sebaiknya tidak kamu sentuh dengan tanganmu. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan bersih untuk meminimalkan penyebaran kuman pembawa penyakit, ya!

BACA JUGA: Hati-hati Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Karena Bisa Menjadi Pemicu Kanker

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani