Foto Rahasia Wajah Cantik Bercahaya Tanpa Makeup

Rahasia Wajah Cantik Bercahaya Tanpa Makeup

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Percaya dirikah kamu tampil tanpa makeup? Rupanya ada rahasia supaya wajah tetap terlihat cantik bercahaya meskipun tidak memakai makeup. Ini dia 5 di antaranya.

Tampil tanpa makeup, kenapa tidak? Untuk terlihat cantik tidak harus selalu memerlukan makeup tebal. Cukup perhatikan kesehatan kulit wajahmu, dan kamu akan tampil cantik tanpa harus menggunakan makeup. Lalu bagaimana merawat kesehatan kulit wajahmu?

Ternyata tidak sulit kok Ladies, yuk simak 5 tips untuk tampil cantik tanpa makeup berikut ini! 

Rahasia wajah cantik alami - gunakan exfoliating cleanser

Gunakan Exfoliating Cleanser

Kenapa penting? Karena, exfoliating cleanser dapat mengmbalikan kilau wajah yang sehat. idealnya kulit memperbarui dirinya setiap bulan. Sel-sel kulit yang sudah menua digantikan dengan yang baru sehingga kulit kembali cerah. Sayangnya, proses alami ini tidak selalu berjalan dengan lancar. Kulit kering membuat sel-sel kulit mati menumpuk sehingga membuat kulitmu terlihat kusam.

Untuk mengatasinya, gunakan exfoliating cleanser yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit matimu. Pilihlah produk yang mengandung salicylic atau glycolic acid, karena kedua bahan ini cukup efektif untuk membersihkan pori-pori serta dapat menguraikan sel-sel kulit mati dengan mudah.

Tidak perlu terlalu sering melakukannya, cukup satu atau dua kali dalam seminggu pada malam hari. Gunakan pelembab setelah itu agar tidak terjadi iritasi. Kalau exfoliating celanser terlalu keras untuk kulit sensitifmu, pilihlah scrub dengan butiran lembut sebagai alternatif.  

Rahasia wajah cantik alami - Gunakan SPF selau

Jangan Pernah Tinggalkan SPF

Kenapa penting? Karena sinar matahari tidak hanya meningkatkan resiko kanker, tapi juga akan mengurangi cerahnya kulitmu. Sinar matahari membuat bekas-bekas jerawat dan flek-flek di wajah semakin parah, serta bisa mengakibatkan masalah hiperpigmentasi nantinya. 90% tanda-tanda penuaan terjadi karena kulit tidak dilindungi dari sinar UV matahari, termasuk kerutan, noda-noda di wajah, dan warna kulit tidak rata.

Oleh sebab itu, gunakan pelembab yang mengandung SPF 30 sampai 50, dengan titanium dioksida dan zinc dioksida. Pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pakai produk oil-free jika kulitmu berjerawat, atau produk yang mengandung pelembab jika kamu merasa kulitmu kering.  

Rahasia Wajah Cantik Alami - Jaga Kelembaban Kulit

Jaga Selalu Kelembaban Alami Kulit

Kenapa penting? Karena tanpa kelembaban alaminya, kulitmu akan kehilangan kilau sehatnya. Produk-produk yang memiliki formula cukup keras, seperti pembersih muka anti jerawat dan sabun batang, mengandung deterjen yang bisa menghilangkan kandungan minyak dan asam lemak alami di kulit.

Sebaiknya pakai pembersih wajah dengan formula yang lembut dan pH netral untuk membersihkan kotoran dan makeup sehari-hari tanpa membuat wajahmu terasa kaku dan kering.  

Rahasia Wajah Cantik Alami - Cukup Tidur

Cukup Tidur

Kenapa penting? Karena efeknya bukan hanya mata panda, namun juga muka yang terlihat pucat, lesu, dan sedih. Tidur mengurangi hormon stres; kortisol. Kalau kamu kurang tidur, maka hormon stresmu tetap tinggi. Inilah yang akan mempengaruhi sirkulasi darahmu, sehingga aliran darah ke kulit juga berkurang. Akibatnya, kulit tidak lagi bercahaya, kenyal, dan elastis.   

Jadi, tidurlah paling tidak 7 sampai 9 jam agar wajahmu senantiasa segar dan cerah. Cukup banyak studi yang membuktikan bahwa tidur yang berkualitas membuat kulit lebih lembab dan dapat merilekskan raut wajah.

Rahasia Wajah Cantik Alami - Gunakan Facial Oil

Pakai Facial Oil

Kenapa penting? Karena facial oil akan membuat kulitmu lebih lembab. Kulit lembab inilah salah satu faktor penentu bercahaya atau tidaknya kulit. Facial oil dapat mempertahankan kelembaban dan memperhalus permukaan kulit, sehingga bisa memantulkan lebih banyak cahaya di wajahmu, sehingga wajah lebih bersinar alami.

Pilih produk dengan kandungan minyak alami, seperti minyak kelapa, biji anggur, dan jojoba. Gunakan pada saat kulit sudah dibersihkan dan dalam keadaan kering. Jangan khawatir, wajahmu tidak akan terlihat berminyak meskipun kamu menggunakan produk berbahan dasar minyak. Untuk kulit berjerawat, gunakan produk hanya pada bagian yang kering dan kusam saja.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini