Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Sayonara Bau Badan! (2)

Memiliki wajah cantik dan berpenampilan menarik tentu menjadi kebanggaan setiap wanita, tapi apa jadinya jika tubuhmu mengeluarkan aroma tidak sedap, dan membuat orang-orang di sekitarmu menghindar?

Yenni Octavia

Sadarkah kamu, bahwa sejak menginjak masa puber,perempuan akan mulai mengeluarkan aroma yang tidak sedap dari dalam tubuh, atau dikenal dengan bau badan. Jika kamu berpikir bau badan disebabkan oleh keringat, kamu salah. Bau badan disebabkan oleh bakteri.

Keringat diproduksi melalui kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin berada pada bagian tubuh yang cenderung basah dan lembab, sehingga menjadi tempat favorit bertumbuhnya bakteri dan berkembang biak. Kombinasi anatar keringat dan bakteri inilah yang menyebabkan abu tidak sedap. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan makan akan semakin banyak pula bakteri yang ada di daerah tersebut.

Sebaiknya kamu menjaga kebersihan daerah ketiakmu, karena ketiak yang tidak dijaga kebersihannya akan cepat terkontaminasi oleh banteri dan kuman penyebab bau badan. Tentunya kamu tidak akan mau terus menerus dihantui aroma tidak sedap yang keluar dari tubuhmu, bukan? Mungkin kamu bisa mencoba beberapa ritual berikut untuk menjauhkanmu dari bau badan.

Pertama, jangan lupa untuk menggunakan deodoran setiap hari sehabis mandi. Mungkin deodoran memang tidak menghilangkan bau badanmu secara permanen, tapi setidaknya deodoran mampu mengontrol keringat berlebih dan mengurangi bau untuk beberapa saat. Jika kamu termasuk orang yang memiliki keringat berlebih, disarankan menggunakan dodorant dalam bentuk spray.

Kedua, jagalah kebersihan ketiakmu. Come on Ladies, jangan malas untuk menghilangkan rambut pada daerah ketiakmu, karena rambut yang ada di ketiakmu hanya akan menahan keringat dan bakteri berada lebih lama di ketiakmu. lakukanlah hair removal treatment secara rutin, dan angkatlah sel – sel kulit mati dengan memakai scrubsetiap mandi.

BACA JUGA: Ketiak Kamu Bau? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kamu penggemar parfum? cobalah untuk hindari penggunaan parfum jika kamu memiliki masalah bau badan. Hal ini karena parfum tidak akan mengurangi bau badan, tapi justru menambahkan aroma baru pada badan. Bau parfum yanng tercampur dengan bau badan akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Selain itu, hindarilah pakaian berbahannylon atau lycra. kamu bisa memilih pakaia yang terbuat dari katun atau bahan yang mudah menyerap keringat lainnya.

Keempat, hindarilah makanan yang memiliki aroma tidak menyengat, karena akan memicu kelenjar apokrin bekerja lebih aktif. hindari pula makanan – makanan yang telalu pedas, berminyak, serta berlemak, dan mulailah mengkonsumsi sayur – saturan hijau. suka atau tidak, kandunga klorofil dalam sayur terbukti efektif untuk menetralkan bau badan.

Kelima, jangan terlalu sering berada di bawah sinar matahari lagsung, karen asinar matahari yang terik hanya akan meningkatkan suhu tubuh dan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat lebih banyak.

Stres ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya bau badan lho! karena saat stres, proses metabolisme mu akan terganggu. Oleh karena itu, cobalah untuk mengendalikan stresmu agar proses metabolisme berjalan dengan baik dan mengurangi aktivitas kelenjar minyak.

Selain cara – cara diatas, kamu juga bisa mencoba beberapa resep dari bahan alami yang bisa menghilangkan bau badanmu di Sayonara Bau Badan! (1)

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy