Foto Alasan Kenapa Badan Terasa Lemas Setelah Bangun Tidur

Alasan Kenapa Badan Terasa Lemas Setelah Bangun Tidur

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Apakah kamu merasa badan terasa lemas padahal sudah cukup tidur. Coba cek dulu penyebabnya, ladies!

Setelah seharian beraktivitas tidur merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan lelah dan mengistirahatkan tubu. Tidur  di malam hari seharusnya menjadi kesempatan bagi kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah beraktivitas sepanjang hari. Namun, tak jarang badan terasa lemah dan tak bertenaga setelah kita bangun tidur. Fokus dalam bekerja pun menjadi menurun sehingga produktivitas berkurang. Sebenarnya apakah yang terjadi denganmu? Yuk, simak!

Kamarmu Sangat Gelap

Kamar yang terlalu

Menutup kamar dengan rapat agar tak ada satu cahaya pun dari luar yang bisa menembus ke dalam kamar memang bisa membantumu lebih cepat tertidur dan juga lebih nyenyak. Namun, kalau cahaya matahari tidak bisa masuk pada pagi harinya, hal itu akan mengganggu ritme tubuhmu. Tubuhmu tidak akan tahu bahwa sudah saatnya untuk bangun.

Gunakan tirai atau kerai yang bisa menghalangi cahaya di malam hari, namun masih memungkinkan bagi cahaya matahari untuk masuk.

Karena Kamu Tidur Terlalu Malam

Tidur terlalu malam

Alasan apapun yang membuatmu harus terjaga hingga dini hari akan membuat tubuhmu terasa lunglai. Setelah beraktifitas seharian, kita memerlukan tidur paling tidak selama 7 jam. Kurang dari itu, kamu akan merasa seperti kehabisan tenaga dan kurang enak badan di pagi harinya. Kurang tidur juga bisa membuatmu makan terlalu banyak, serta melemahkan sistem kekebalan tubuhmu. Hati-hati, kamu bisa gampang terkena flu!

Sebaiknya kamu membuat jadwal tidur tetap dan patuhilah. Kalau kamu harus lembur, carilah sedikit waktu di siang harinya untuk tidur.

Karena Kamu Tidur dalam Keadaan Stres atau Khawatir

Stres berat

Banyak hal bisa membuat kita stres atau khawatir ketika akan tidur. Mulai dari presentasi penting di kantor keesokan harinya, sampai memikirkan biaya perbaikan mobil yang cukup mahal. Tapi, terlalu larut dalam situasi semacam itu akan membuat tidurmu tidak nyenyak. Lalu, harus bagaimana?

Ketika kita dihadapkan pada situasi yang cukup menegangkan, carilah cara untuk menenangkan pikiranmu. Kamu bisa mengalihkan pikiranmu dengan membaca, mengobrol, atau relaksasi melalui yoga.

Karena Kamu Memakai Snooze Alarm

Snooze alarm

Menyetel alarm biasa dilakukan agar kita bangun tepat di waktu yang kita inginkan. Mengatur alarm lebih awal dengan snooze beberapa kali juga dianggap cara yang efektif agar tidak terlambat bangun. Padahal, itu bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan tidur berkualitas. Aturlah alarm belakangan agar kamu tidak terganggu dan cukup tidur.  

Karena Kamu Terlalu Banyak Minum Kafein atau Alkohol

Minum kopi

Minum secangkir kopi bisa membuatmu terjaga semalaman. Kafein akan menstimulasi otakmu, sehingga kamu susah tidur. Begitu juga dengan alkohol. Terlalu banyak minum alkohol terutama sebelum tidur akan menghambat tidur nyenyakmu. Akibatnya, badanmu akan terasa capek pada saat bangun tidur nanti. Batasi konsumsi kopi dan alkohol sebelum tidur agar kamu benar-benar bisa beristirahat di malam hari.


Nah, ladies itu dia alasan kenapa badanmu terasa lemas meskipun kamu sudah tidur. Jadi, alasan mana yang cocok untukmu? Sebaiknya perbaiki ritual tidurmu dan badanmu akan terasa segar ketika bangun.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2022 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini