Foto Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Traveling Sendirian

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Traveling Sendirian

Foto Gita Pramesari
Takut bepergian sendiri? Tidak lagi sekarang, banyak sekali faktor pendukung yang bisa membuat kamu lebih berani untuk travelling sendirian!

Berpergian bersama teman-teman atau keluarga memang menyenangkan. Tapi pernahkah kamu mencoba atau terpikir untuk pergi traveling sendirian? Dengan kemudahan yang diberikan travel agency, informasi, dan teknologi di bidang pariwisata, pertumbuhan traveler yang bepergian seorang diri semakin meningkat. Hidup itu singkat. Walaupun terdengar klise, tapi memang itulah yang terjadi. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi bulan depan, besok atau bahkan beberapa jam ke depan. Kau bisa saja menulis perjalanan ke Yunani dalam targetmu tahun depan, tetapi tidak pernah terjadi karena kamu ingin pergi bersama sahabutmu dan terus-terusan tidak menemukan waktu yang cocok. Akhirnya kamu tidak jadi pergi. Sayang sekali, kan? Dengan solo traveling, kamu bisa mengatur tujuan, waktu dan anggaran perjalanan yang sesuai dengan dirimu sendiri.

Inilah beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba untuk menjadi solo traveler! Setelah membaca ini, mungkin kamu akan menjadi salah satunya.

Belajar Mengenali Dirimu Sendiri

Bepergian sendiri memaksamu untuk menmahami dirimu sendiri, memahami kekurangan, kelebihan, dan apa yang kamu sukai lebih dalam. Solo traveling mengalihkanmu dari segala kesibukan harian, kamu bisa menikmati momen perjalananmu tanpa mengkhawatirkan target atau rencana apapun. Kamu juga dapat menantang fisik dengan aktivitas baru atau bertualang di luar ruangan. Dengan pergi traveling sendirian, kamu akan beranjak dari zona nayaman, dan pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa kamu mampu melakukan hal-hal yang kamu pikir tidak bisa kamu lakukan sebelumnya. Sudah pasti bahwa kamu harus tetap memikirkan keselamatanmu, tetapi tidak ada slaahnya untuk mencoba hal-hal baru yang akan menambah pengalamanmu. Seperti yang orang-orang katakan, "Pengalaman adalah guru terbaik".

Tips: Nikmatilah perjalanannu semaksimal mungkin! Mulai dari pemandangan yang disuguhkan alam hingga hal-hal baru yang dapat dieksplor. Apabila kamu membawa alat komunikasi seperti handphone, aktifkan nada diam agar kamu tidak fokus pada handphone. Jangan malas untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tujuanmu. Mulai dari kebudayaan, moral sosial sampai cara mengatasi gangguan atau masalah. Ini sangat penting untuk menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Menjadi Pelajaran yang Berharga

Perjalanan dapat menjadi pelajaran yang tidak akan kamu temui di sekolah maupun tempat kerja. Terkadang, untuk mempelajari dunia dan kehidupan adalah dengan pergi keluar dan mencemplungkan dirimu di dalamnya. Kamu akan bersosialisasi langusung dengan orang lokal yang tidak diajarkan oleh guru maupun buku. Kamu akan belajar beramah tamah, meminta dan memberi pertolongan dan belajar mengenai mimik muka dan gerak tubuh. Suatu pengalaman budaya yang lebih indah ketika dirasakan secara langsung.

Untuk mempelajari budaya suatu negara, cara terbaik adalah berkenalan dengan waga lokal, memenuhi undangan makan di rumah mereka, atau mengikuti acara perayaan. Kamu perlu mempelajari frasa-frasa lokal yang sopan ataupun kasar untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Setidaknya, pelajarilah bagaimana mengucapkan kata-kata yang umum seperti, "Terimakasih," "Maaf," "Permisi," "Halo," "Sampai jumpa," "Lezat," dan sebagainya. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk berkomunikasi dan memmbuat warga lokal menjadi lebih ramah terhadapmu.

Sesuai Dengan Anggaranmu

Perjalananmu tentunya erat kaitannya dengan anggaran. Jika anggaran perjalananmu tidak besar, kamu bisa memilih tempat penginapan yang murah seperti guest house atau homestay. Kamu juga bisa menghemat biaya dengan memakan makanan tradisional kaki lima di pinggir jalan dan berbelanja di pasar tradisional. Selain mengurangi pembengkakan pengeluaran, kamu juga bisa merasakan nikmatnya makanan lokal serta pengalaman budayanya.

Tips: Jika anggaran perjalananmu rendah, hindari untuk bepergian pada musim liburan. Harga penerbangan, penginapan dan kegiatan lainnya cenderung lebih mahal pada musim tersebut. Walaupun tidak sedikit solo traveler yang tidak bisa menikmati banyak kegiatan karena harganya yang terlalu mahal, ini bukan alasanmu untuk tidak melancong sendirian! Kamu bisa menemukan pelancong lainnya di sekitarmu yang mungkin bersedia berbagi pengeluaran saat ingin mencoba suatu kegiatan, selain menambah teman di perjalanan.

Menjadikanmu Orang yang Lebih Baik

Apakah kamu merasa bahwa dirimu adalah orang yang menyedihkan? Cobalah untuk berpikir lebih terbuka dan jelajahilah dunia! Melakukan perjalanan dan berpetualang akan memberimu banyak inspirasi, untuk belajar berempati dan toleransi terhadap budaya lain. Jadilah pelancong yang cerdik, kamu bisa belajar untuk berbaur dengan budaya lokal. Inilah yang akan membawa perubahan pada dirimu.

Lebih Santai, Waktumu Hanya Milikmu

Bukanlah sesuatu yang menyenangkan dan yang kamu harapkan jika harus ribut dengan teman seperjalananmu baik keluarga, pasangan atau sahabatmu. Bepergian sendirian akan memudahkanmu menentukan tujuan, tempat penginapan bahkan sesuatu yang ingin kamu makan atau menentukan waktu perjalanan dengan mudah. Terkadang kamu ingin melakukan sesuatu sesuai dengan isi hatimu, kan? Bisa jadi kamu lebih memilih wisata kuliner dibandingkan wisata museum atau monumen. Atau kamu lebih memilih wisata alam dibanding wisata di perkotaan. Dengan solo traveling, kamu dapat menentukan apa yang kamu inginkan dan berapa lama kau akan menghabiskan waktumu.

Tips: jika kamu bepergian sendiri, cobalah untuk merinci kebutuhan yang kamu perlukan. Tuliskan tujuan dan kegiatan yang akan kau lakukan dengan detail untuk orang-orang terdekatmu sehingga mereka tidak akan terlalu khawatir akan keberadaanmu. Jika kamu bepergian ke luar negeri ada baiknya kamu lapor ke kedutaan, sehingga jika ada bencana alam maupun kekacauan di negara tersebut, mereka akan membantu mengevakuasimu.


So, sudah siapkah kamu menjadi solo traveler? Melancong ke tempat baru sendiri dan menemukan keunikan baru melewati batasan-batasan tentang dirimu yang tak kau ketahui sebelumnya. Membuka cakrawala diri belajar mengenai kehidupan dengan caramu. Belajar mengenai dirimu sendiri dan temui jati dirimu didalam perjalananmu.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Gita Pramesari

Gita Pramesari

I am a traveller and a writer.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini