Foto 5 Manfaat Wasabi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Wasabi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Foto Gita Pramesari
Wasabi merupakan salah satu tanaman yang didayakan menjadi penyedap rasa pedas khas Jepang yang biasanya menemani berbagai hidangan Jepang. Namun ternyata, tanaman ini punya manfaat yang lain, lho.

Kamu suka kuliner Jepang? Pasti tahu wasabi kan? Wasabi adalah penyedap rasa berupa pasta hijau yang biasa digunakan sebagai pendamping makanan. Rasanya pedas dan ketika memakannya, membuat mata berair dan langit-langit mulut terbakar.

Apakah kamu tipe penikmat wasabi atau anti wasabi? Jika kamu penikmat, selamat! Kamu akan mendapatkan manfaatnya! Yuk, klik NEXT untuk tahu lima manfaat wasabi bagi tubuh!

1. Wasabi sebagai Penawar Racun

Apakah kamu pernah memikirkan mengapa wasabi seringkali dimakan bersama sushi atau sashimi? Bukan hanya rasa pedasnya yang menjadikan pelengkap rasa yang sempurna, tetapi wasabi juga memiliki manfaat bagi para penikmat potongan ikan mentah tersebut yaitu sebagai penawar racun. Zat yang terdapat di wasabi, allyl isothiocyanate adalah suatu insektisida dan bekteriosida yang membantu membunuh bakteri dan jamur yang terdapat di ikan mentah. Memakan sedikit wasabi ketika kamu makan sushi dapat meminimalkan risiko sakit perut.

BACA JUGA: Sushi dan Sashimi Ternyata Tidak Sehat!

2. Wasabi Obat Awet Muda

Wasabi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang didapat dari senyawa sulfinyl. Tapi senyawa ini hanya bisa didapat dari wasabi segar yang baru diparut. Mengonsumsi sulfinyl secara teratur dapat menghambat penuaan dini karena menurunkan reaksi oksigen dan menjadikan tubuhmu lebih segar. Wasabi juga dapat mencegah gigi berlubang serta kerusakan gigi lainnya yang disebabkan oleh usia. Coba saja sikat gigi dengan pasta gigi wasabi. Pasti ini yang kamu cari ya, ladies! Siapa sih yang tidak mau awet muda?

3. Sebagai penghambat beberapa penyakit kanker

Selain menjadikanmu awet muda, wasabi dapat mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MISCT yang terdapat dalam wasabi memiliki sifat anti inflamasi yang menyediakan pertahanan untuk melawan sel kanker.

BACA JUGA: Hati-hati Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Karena Bisa Menjadi Pemicu Kanker

4. Melancarkan Peredaran Darah .

Sama seperti melawan sel kanker, 6-MISCT juga bekerja sebagai penghambat bergabungnya platelet menjadi gumpalan darah yang dapat menyebabkan pembekuan darah. Dengan kata lain, zat tersebut mencegah pembekuan darah dan efektif mengurangi risiko serangan jantung dan struk. Selain menghindari serangan jantung dan struk, dengan lancarnya sirkulasi darahmu maka jantungmu akan sehat dan menjaga kulitmu cerah dan bersih.

BACA JUGA: Ingin Cantik dan Putih Seperti Wanita Jepang? Pilih Kosmetik Berbahan Dasar Ini!

5. Obat Alami untuk melawan pilek dan alergi.

Memakan potongan besar wasabi merupakan salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan pilek, flu atau alergi dengan cepat. Gas yang dikeluarkan dari zat allyl isothiocyanate membantu melawan bakteri yang menyerang saluran pernapasanmu. Rasa pedas yang kuat yang menyerang hidung dan tenggorokan, dapat melumerkan gumpalan-gumpalan penghambat di hidung.

BACA JUGA: Hindari 5 Makanan Ini Saat Flu


Jika ingin mendapatkan manfaatnya, maka 1 sendok teh wasabi sehari cukup untuk kesehatanmu. Tapi hati-hati ya guys, jika kamu meminum obat yang bermetabolisme di hati, lebih baik hindari mengkonsumsi wasabi, karena  dapat berinteraksi dengan obat tersebut dan memberikan hasil yang tak terduga. So, terutama untuk kamu yang tidak suka wasabi, yakin kamu nggak mau coba memakannya?

Tags:

Foto Gita Pramesari

Gita Pramesari

I am a traveller and a writer.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini