Kawaii Beauty Japan

Japan

Mengenal Jepang : Sewa dan Pindah Rumah

Jepang dikenal sebagai negara yang unik. Banyak benda maupun kebiasaan yang di belahan dunia lain dianggap aneh, dianggap lumrah di Jepang. Salah satunya adalah sewa dan pindah rumah.

Istiarina Putri

Pindah rumah tentunya bukanlah hal yang menyenangkan, kamu harus repot mengemas barang – barangmu dan menatanya kembali. Lalu bagaimana dengan di Jepang? Tidak seperti di Indonesia, harga tanah di Jepang sangatlah mahal. Jika kamu ingin menyewa sebuah apartemen di Jepang, kamu harus menyiapkan dana sebagai berikut :

-          Biaya sewa bulan pertama

-          Shikikin atau uang jaminan untuk kerusakan properti, biasanya seharag 1 – 2 bulan sewa.

-          Reikin adalah uang tanda terima kasih yang harus dibayarkan kepada pemilik rumah. Jika kamu ingin pindah ke sebuah apartemen, dalam beberapa kasus, kamu harus membayar biaya sewa 2 bulan sebelum menghabiskan malam disana.

-          Biaya agen, untuk menyewa rumah di Jepang kamu perlu menggunkan agen. Akan sangat sulit menemukan rumah tanpa bantuan seorang agen, dan tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar agen tersebut.

-          Asuransi, ada bermacam jenis asuransi, namun setidaknya kamu perlu membayarkan biaya asuransi dasar seperti kerusakan, kebakaran, atau gempa bumi.

Rata – rata harga sewa satu kamar apartemen di kota Tokyo bisa mencapai sekitar ¥ 60.000 (US $ 610) per bulan. waaaaah! Ternyata banyak juga biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, sebelum berencana tinggal disana, sebaiknya kamu menyiapkan uang yang cukup terlebih dahulu yah!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait