Foto Hindari Beberapa Jenis Makanan Berikut Ini Selama Bulan Puasa

Hindari Beberapa Jenis Makanan Berikut Ini Selama Bulan Puasa

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Menjaga stamina agar tetap sehat dan lancar dalam melakukan puasa memang penting, maka itu ada baiknya kita menjaga pola makanan! Makanan apa sajakah yang harus dihindari saat puasa?

Saat bulan puasa tiba,penting untuk kita semakin ekstra menjaga stamina agar tidak mengganggu kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa. Untuk itu ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama bulan puasa. Yuk cari tahu makanan apa sajakah itu!

Jauhi Kafein

Buat kamu para pencinta kopi atau makanan dan minuman yang mengandung kafein, kamu harus menjauh sejenak di bulan puasa. Kafein akan membuat kamu cepat merasa haus, untuk menghindari dehidrasi, kurangi minum kafein paling tidak sampai setengahnya. Pilihlah minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah dan air kelapa saat sahur dan berbuka. 

Hindari Makanan Asin dan Banyak Rempah

Mengkonsumsi makanan asin dan banyak rempah juga bisa membuamu cepat haus. Jadi pilihlah menu makanan yang mengandung banyak serat dan air, seperti buah dan sayur. 

Kurangi Junk Food

Saat berbuka puasa di luar terutama di mall, kebanyakan orang akan memutuskan untuk berbuka puasa dengan makanan siap saji. 

Hindari Gorengan dan Makanan Banyak Gula

Kamu memang disarankan untuk berbuka dengan makanan atau minuman yang manis untuk menggantikan energi dalam tubuh setelah berpuasa seharian. Namun yang perlu kamu ingat, jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan, terutama yang mengandung pemanis buatan. Untuk kamu yang suka mengkosumsi makanan manis, gantilah menggunakan madu. Hindari juga gorengan karena mengandung banyak minyak yang akan sulit dicerna oleh tubuh. 

BACA JUGA: Beli Makanan di Pinggir Jalan itu Boleh, Asal..

Kurangi Karbohidrat

Jangan mengkonsumsi karbohidrat terlalu berat, lebih baik konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi seperti kacang-kacangan, ikan, daging atau telur untuk menyeimbangkan makanan kamu. Kamu juga bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah, dengan mengkonsumsi nasi merah kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Hindari Coklat dan Keju

Keju dan coklat merupakan makanan yang memiliki banyak serat yang cukup sulit melewati pencernaan dan akan membuat perut kamu terasa kembung.

Seledri

Percaya atau tidak bahwa seledri dan makanan yang banyak mengandung tinggi air seperti semangka dan mentimun, adalah diuretic alami yang dapat membuat kandung kemih anda penuh, akibatnya kamu akan lebih sering bolak-balik untuk buang air kecil dan menyebabkan dehidrasi jika terus berlangsung.

Makanan Lemak Tinggi

Saat berpuasa hindarilah makanan-makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi seperti jeroan. Selain megandung kolesterol tinggi, makanan dengan lemak tinggi juga akan membuat lambung kamu terganggu lho!

Makanan yang Pedas dan Asam

Ini adalah hal yang paling sulit untuk dihindari, makanan pedas. Makan akan lebih nikmat jika ditambahkan sambal atau cabai, namun ada baiknya kamu mengurangi atau menghindari makanan pedas selama bulan puasa, terutama untuk kamu yang memiliki masalah dengan penyakit magh. Makanan pedas dan asam bisa menimbulkan rasanya nyeri atau sakit pada perut, terutama perut yang kosong setelah berpuasa.

BACA JUGA: Makanan Pedas pun Ternyata Bisa Menyehatkan!

Selamat berpuasa!

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini