Foto 7 Tips Memilih Kurma yang Harus Kamu Lakukan

7 Tips Memilih Kurma yang Harus Kamu Lakukan

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Di bulan Ramadhan kurma menjadi buah yang paling dicari, sayangnya banyak pedagang-pedagang nakal yang memanfaatkan kesempatan ini. Simak tips memilih buah kurma yang bagus dan berkualitas berikut ini

Kurma, buah yang berasal dari tanah Arab dan menjadi makanan nabi ini menjadi salah satu menu utama untuk berbuka puasa. Idealnya, berbuka puasa dengan memakan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan.

Nutrisi buah kurma juga sangat beragam seperti karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin C, dan mangan yang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100 gram buah kurma terdapat energi sebesar 230kcal yang cocok untuk disajikan sebagai menu pembuka puasa agar perut tidak kaget.

Akan tetapi kita juga harus berhati-hati dalam memilik kurma, pastikan kurma yang kita makan itu memiliki kualitas yang bagus. Nah bagaimana cara memilihnya? Simak tips selegkapnya dibawah ini:

1.Kulit Ari Mulus

Pilihlah Kurma yang memiliki kulit ari yang mulus, tidak berlubang dan tidak pecah-pecah. Kalau kita menemukan buah kurma yang kulit arinya sudah pecah, dipastikan bahwa kurma tersebut sudah sering disentuh orang.

2. Pastikan dalam Kemasan yang Rapi

Misal kita membeli kurma yang sudah dibungkus mika, ataupun wrapping plastic, pastikan bahwa kemasannya rapi dan tidak ada yang terbuka, sehingga membuat udara ataupun kotoran masuk dan menempel pada kurma. Selain itu perhatikan dengan seksama tekstur kurma pada kemasan tersebut, serta perhatikan tanggal kadaluarsanya.

3. Warna Kurma

Kurma yang bagus dan segar memiliki warna cokelat, merah atau kekuningan, serta memiliki aroma segar dan tidak beraroma aneh, malah cenderung tidak memilingi wangi. Kurma yang telah menghitam adalah kurma yang sudah lama dipanen dan dipasarkan.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaatnya Makan Kurma Saat Buka Puasa

4. Pilih yang Segar

Pilih kurma yang terlihat segar dan mengkilap, tidak bulukan serta terlihat keras, kering, keriput dan pecah. Sebaiknya kurma disimpan pada suhu ruang dan kedap udara. Jika ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan dalam lemari es.

5. Jangan Pilih yang Berair

Jika anda menjumpai kurma yang berair serta lengket, bisa jadi selain sering disentuh, kurma tersebut juga sudah diberi cairan gula atau madu oleh para penjualnya.

6. Pilih yang Masih Menempel di Batang

Kurma yang berkualitas, adalah kurma yang masih menempel pada ranting atau batang. Karena keadaan tersebut akan membuat kurma memiliki kenikmatan yang alami serta rasa yang manis.

7. Pilih yang Besar

Buah kurma yang besar dan padat serta berisi memiliki kualitas yang lebih baik, jika buah sudah berkerut dan terlihat kecil maka kurma tersebut sudah lama dipanen.

BACA JUGA: Mengetahui Jenis-jenis Buah Kurma dan Manfaat Kesehatannya

Itu dia beberapa tips untuk memilih buah kurma yang baik. Banyak sekali pedagang-pedagang nakal yang menggunakan berbagai macam cara agar kurma yang dijual terlihat bagus dan berkualitas, termasuk menggunakan bahan-bahan berbahaya. So, pilihlah dengan seksama ya ladies!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini