Foto Ternyata Sinar UV Penyebab Kanker Tetap Ada Meskipun Kamu Berada di Dalam Ruangan!!

Ternyata Sinar UV Penyebab Kanker Tetap Ada Meskipun Kamu Berada di Dalam Ruangan!!

Foto Leonita Nerisa
Jika kamu tempat-tempat ini “aman” dari bahaya sinar matahari, kamu salah besar, ladies!

Sinar matahari memang menyenangkan dan membuat aktivitas sehari-hari berjalan lebih lancar. Salah satu benda wajib yang diperlukan ketika di bawah terik sinar matahari adalah tabir surya. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kita tetap harus memakai tabir surya walaupun tidak sedang di bawah sinar matahari langsung? Termasuk ketika cuaca mendung, ataupun ketika kamu berada di dalam ruangan. Berikut tempat-tempat yang sering kamu anggap "aman" dari sinar matahari.

Kantor

Seringkali kita lebih banyak menghabiskan waktu di kantor yang jarang terkena sinar matahari langsung. Hal ini membuat banyak dari kita tidak memakai tabir surya. Ternyata sinar UVA & UVB masih dapat masuk melalui jendela lho! Sinar UVB adalah sinar yang dapat membuat kulit menjadi terbakar dan menghitam dan sangat sinarnya sangat kuat mulai dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Sedangkan sinar UVA merupakan sinar matahari yang menjadi penyebab berubahnya DNA pada tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Sinar UVA inilah yang dapat menembus jendela dan efeknya akan sama ketika kamu berada diluar ruangan.

Cuaca Mendung

Jika mendung dan matahari sedang tertutup awan, biasanya kita akan melewati pemakaian tabir surya. Seperti halnya jendela, awan tebal juga tidak dapat mencegah sinar UVA mengenai kulit kita.

Di Pesawat

Sama halnya dengan di dalam ruangan. Sinar UVA akan masuk melalui jendela-jendela pesawat kecuali pesawat yang sudah mempunyai fitur penangkal sinar matahari tentunya. Belum lagi, jika kita di pesawat jarak kita dengan matahari tentunya semakin dekat yang membuat kekuataan sinar UVA menjadi lebih besar. Sehingga menggunakan tabir surya selama di pesawat merupakan salah satu hal yang penting.

Dapat Masuk Menembus Pakaian

Jika biasanya kamu hanya menggunakan tabir surya di daerah yang tidak tertutup pakaian, mulai sekarang gunakan tabir surya ke seluruh tubuh walaupun kulit dibagian tersebut tertutup oleh pakaian. Untuk proteksi yang lebih baik, sebaiknya gunakan warna-warna terang jika sedang di luar ruangan. Ingatkan kalau memakai pakaian warna hitam akan terasa lebih panas karena dapat menyerap sinar? Mitos ini memang benar lho!

Di Dalam Air

Memakai kembali tabir surya setiap dua jam sekali ketika sedang bermain di air memang sangat diharuskan walaupun kamu sudah memakai tabir surya yang waterproof. Sinar matahari dapat terpantul dari permukaan air sehingga tetap dapat mengakibatkan sunburn.

Di Atas Kepala

Satu bagian yang jarang terpikirkan untuk mengoleskan tabir surya ketika berada di luar ruangan adalah pada bagian atas kepala. Kamu boleh lho mengoleskan tabir surya di sepanjang garis rambut agar kulit kepala tidak terbakar oleh sinar matahari.


Tabir surya yang dapat menangkal kedua sinar matahari UVA dan UVB adalah tabir surya yang berlabel broad-spectrum. Menggunakan tabir surya yang tepat dan sesuai jenis kulit juga merupakan salah satu langkah yang tepat untuk melindungi kulitmu.

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini