Foto 7 Mitos Seputar Karbohidrat yang Harus Kamu Ketahui

7 Mitos Seputar Karbohidrat yang Harus Kamu Ketahui

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Yakin menu makanmu sudah benar-benar sehat? Segera cek asupan karbohidratmu sekarang! Ternyata granula bar dan sereal tidak sesehat yang kamu bayangkan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa karbohidrat bisa membuat gemuk, meningkatkan gula darah dan beberapa hal lainnya. Apa sih sebenarnya karbohidrat itu? Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terdiri dari unsur karbon, hydrogen dan oksigen. Zat karbohidrat pada makanan sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, mengoptimalkan kerja protein, menjaga sistem imun tubuh dan masih banyak lagi.

Tapi ternyata, masih banyak hal-hal mengenai karbohidrat yang ternyata tidak kamu ketahui kebenarannya dan menjadi mitos yang dipercaya banyak orang. Berikut ini 7 mitos berkaitan dengan karbohidrat yang harus kamu ketahui! 

BACA JUGA: Ingin Selalu Cerdas dan Kreatif? Mari Konsumsi Karbohidrat!

Mitos Karbohidrat - Granola Bar

Granola Bar Adalah Pilihan Sehat

Yakin jika granola bar adalah cemilan sehatmu? Granola bar merupakan makanan karbohidrat olahan dan sudah pasti terbuat dari campuran pemanis, entah itu sirup jagung atau madu. Beralih ke kacang-kacangan mentah atau buah alpukat akan lebih baik dibandingkan kamu mengkonsumsi granola bar karena makanan ini mengandung lemak sehat dan rendah gula.

Semua Karbohidrat Adalah Musuh

Karbohidrat sebenarnya ada pada hampir di setiap makanan, bahkan pada sayuran. Manfaat dari karbohidrat kompleks pada sayuran dan biji-bijian sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika kamu ingin melakukan gaya hidup sehat dengan rendah karbohirat, makanan berbahan dasar gandum adalah salah satu yang patut untuk kamu coba.

Zat Gluten (perekat) Adalah Penyebabnya

Penderita penyakit celiac harus benar-benar menghindari gluten. Penyakit celiac adalah sebuah perubahan asal genetik yang membuat tubuh menjadi peka terhadap gluten dan merupakan salah satu gangguan genetik. Tetapi bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan ketika memakan biji-bijian yang mengandung gluten dan tidak menderita celiac, keadaan ini bisa membuat terjadinya kesalahan diagnosa.

Mitos Karbohidrat - Makan Buah Banyak Baik

Buah Memiliki Karbohidrat yang Aman Dikonsumsi Dalam Porsi Banyak

Apakah tepat memulai pagi dengan sarapan salad buah segar? Kenyataannya adalah karbohidrat sederhana ataupun fruktosa tinggi yang terkandung pada buah-buahan juga dapat berakibat negatif untuk kesehatan tubuh. Memakan buah dengan porsi banyak sama halnya dengan kamu memakan beberapa kue manis. Akan lebih baik jika kamu memilih menu sarapan yang kaya akan protein seperti telur atau sayuran.

BACA JUGA: Mau Sehat? Inilah 7 Sayuran Paling Bernutrisi Yang Perlu Kamu Coba!

Sereal Adalah Makanan Jantung Sehat

Sebaiknya kamu merubah kebiasaan sarapan dengan sereal. Kenapa? Karena sereal terdiri dari karbohidrat yang diolah agar lebih mudah di makan dan di pecah menjadi gula dalam tubuh. Karbohidrat sederhana dan gula adalah salah satu penyebab kerusakan jantung.

Mitos Karbohidrat - Olahraga lebih penting dan hindari karbohidrat

Olahraga Lebih Penting dan Hindari Karbohidrat Saat Diet

Banyak orang yang berpendapat jika ingin diet atau sekedar hidup sehat itu harus mengurangi jumlah karbohidrat dan memperbanyak olahraga atau beraktivitas. Menurut British Journal of Sports Madicine pada 30 tahun terakhir tingkat obesitas semakin tinggi. Aktivitas fisik berkurang sedangkan asupan karbohidrat dan gula telah meningkat jauh. Olahraga atau aktivitas yang padat harus tetap berjalan seimbang dengan makanan yang dikonsumsi, kekurangan atau kelebihan karbohidrat tentu akan berdampak buruk bagi tubuh.

BACA JUGA: Cinta Mati Sama Karbohidrat Tapi Mau Kurus? Diet Ini Buat Kamu!

Nah ladies, itu dia beberapa mitos mengenai karbohidrat yang harus kamu ketahui. Apakah ada salah satu hal diatas yang sering kamu lakukan? Yuk ubah mulai sekarang!

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini