Foto Percaya Atau Tidak, 4 Hal Ini Dilarang Bagi Wanita Di Jepang

Percaya Atau Tidak, 4 Hal Ini Dilarang Bagi Wanita Di Jepang

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Meskipun cukup maju, Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang tetap mempertahankan tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyangnya. Di antaranya adalah larangan-larangan tertentu bagi para wanita.

Masyarakat Jepang sangat menghormati leluhurnya. Tidak mengherankan jika banyak kepercayaan-kepercayaan kuno di negara tersebut yang masih dipertahankan hingga sekarang. Seperti kepercayaan yang melarang wanita untuk memasuki wilayah atau menjalankan aktifitas tertentu. Berikut ini adalah 4 larangan yang diberlakukan bagi wanita di Jepang:

Budaya Jepang - Larangan Bagi Wanita Jepang

Ikut Serta dan Memasuki Arena Sumo

Sebagai bagian dari tradisi bangsa Jepang, selama berabad-abad wanita Jepang dilarang berpartisipasi dan masuk ke arena sumo. Hal itu dianggap sebagai aib nenek moyang mereka dan bisa mengotori kemurnian olahraga khas Jepang ini.

Satu-satunya jalan yang bisa meloloskan seorang wanita untuk ikut serta dalam aktifitas sumo adalah dengan mendapatkan ijin dari leluhur mereka. Namun, bagaimana mungkin bisa berkomunikasi dengan para leluhur yang sudah meninggal ratusan tahun yang lalu? Caranya adalah dengan meminta bantuan Itako, yaitu seseorang yang dipercaya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal.

Sebenarnya Jepang juga memiliki sumo khusus wanita yang disebut dengan “onnazumo”. Sayangnya olahraga yang sudah ada sejak abad ke 18 ini belum bisa mendapatkan status profesional karena masih kuatnya kepercayaan masyarakat Jepang akan larangan-larangan dari leluhurnya.

Budaya Jepang - Larangan Bagi Wanita Jepang

Mendaki Gunung Omine

Gunung Omine atau Gunung Sanjo adalah salah satu gunung yang cukup terkenal di Jepang. Gunung ini juga sudah dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengunjungi gunung ini. Bukan karena larangan dari UNESCO, tapi karena kepercayaan masyarakat yang sudah ada sejak dahulu.

Kepercayaan yang berasal dari tradisi Shinto ini melarang wanita untuk mendaki Gunung Omine. Alasannya adalah karena kehadiran wanita dinilai bisa mengganggu konsentrasi para pria yang sedang melakukan pertapaan.

Meskipun sudah dilakukan upaya-upaya untuk melunakkan peraturan tersebut, masyarakat di sekitar gunung ini masih cukup kuat memegang dan bangga dengan kepercayaan dari nenek moyang mereka itu. Beberapa pemandu wisata wanita saat  ini sudah mulai diperbolehkan masuk.

Budaya Jepang - Larangan Bagi Wanita Jepang

Menjadi Chef Sushi

Meskipun secara ilmiah tidak terbukti benar, namun orang Jepang memiliki mitos yang melarang wanita menjadi koki sushi. Tangan wanita dipercaya memiliki temperature terlalu hangat, yang bisa membuat rusak sushi.

Selain itu, wanita juga mengalami masa menstruasi yang biasanya mempengaruhi hormon mereka. Hal inilah yang juga dituding sebagai penghambat wanita untuk menghasilkan rasa sushi yang pas dan mantap. Padahal, untuk mendapatkan rasa sushi yang tepat, seseorang harus memiliki kepercayaan diri dan kemantapan. Maka tak heran jika semi-larangan bagi wanita Jepang yang satu ini membuat restoran-restoran sushi di Jepang didominasi oleh koki-koki pria.

Budaya Jepang - Larangan Bagi Wanita Jepang

Menginap di Hotel Kapsul

Larangan menginap di hotel kapsul bagi wanita sebenarnya masih semi-larangan. Hotel kapsul pada awalnya memang ditargetkan untuk para pebisnis muda yang minum terlalu banyak hingga mabuk dan harus ketinggalan jadwal kereta terakhir. Selain pria, tidak sedikit dari pebisnis muda tersebut adalah wanita.

Banyak hotel kapsul yang saat ini sudah menyediakan kamar khusus bagi wanita. Namun, masih cukup sulit bagi wanita untuk mendapatkan ijin agar bisa tingal di hotel kapsul. Akibatnya, kamar-kamar khusus wanita di hotel kapsul tersebut masih sepi peminat.    


Bagaimana ladies? Di jaman yang sudah modern ini, apakah menurutmu larangan-larangan tersebut harus diubah?

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini