Foto Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Masalah Kecantikanmu

Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Masalah Kecantikanmu

Foto Me Siang
Me Siang
Contributor
Cuka sari apel ternyata memiliki banyak manfaat, bukan hanya sebagai bumbu dapur tapi juga bisa mengatasi masalah-masalah kecantikanmu lho!

Jika kamu dapat menyadari apa yang terdapat di dapur bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, sari cuka apel salah satu jawabannya. Selain jadi bumbu dapur, cuka apel memiliki banyak khasiat untuk kecantikan.

1.  Cuka Apel untuk Mengobati Jerawat

Manfaat Sari Cuka Apel untuk Kecantikan

Cuka apel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yang bisa mengobati kerusakan pada kulit akibat terkena radikal bebas. Beta karoten membuat kulit dan wajah menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Sifat anti bakteri dan antiseptik dari  sari cuka apel dapat melindungi kulit tubuh dan wajah dari polusi udara. Manfaat utama sari cuka apel adalah pH balance yang mampu mengembalikan keseimbangan asam basa tubuh. Nah, pH cuka sari apel berada diantara 4, 5, 6 yang mendekati kondisi pH ideal untuk tubuh kita.

Kamu bisa membuat cuka apel sebagai toner, campurkan 250 ml air matang, 250 ml cuka sari apel organik (tanpa filter dan tidak dipasteurisasi) lalu simpan dalam botol plastik. Kamu bisa mencampurkan dengan bahan lainnya seperti lidah buaya atau teh hijau pada toner cuka apel. Jangan menggunakan cuka apel murni (yang belum dicampur dengan air) langsung pada kulit, karena sifatnya yang sangat asam dapat merusak jaringan kulit apabila kadar asamnya sangat tinggi.

2.  Cuka Apel untuk Masalah Selulit

Manfaat Cuka Apel untuk Selulit

Mungkin beberapa dari kalian pernah mencoba scrub kopi, scrub wortel, lidah buaya hingga memijat menggunakan minyak zaitun. Tapi, ternyata cuka apel bermanfaat dalam mengatasi selulit a.k.a stretch mark. Kalian cukup mengoleskan cuka apel ke bagian yang terdapat selulit sebelum tidur dan bilas keesokan paginya. Alternatif lainnya, kamu bisa mencampur cuka apel dengan sedikit minyak zaitun dengan perbandingan 3:1 (cuka apel 3 : minyak zaitun 1).

3.  Cuka Apel Mencegah Ketombe

Manfaat Cuka Apel untuk MencegahKetombe

Cuka apel akan membuat pH kulit kepala menjadi normal yang akan membuat bakteri penyebab ketombe tidak jadi berkembang. Selain itu, cuka apel mencegah rambut menjadi kusam karena mampu melindungi dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Campurkan cuka apel dengan air sebelum keramas dengan perbandingan 1:1 atau campurkan shampoo dengan cuka apel (yang sudah dicampur dengan air).


Cuka apel memang tidak memiliki efek samping, namun kamu tetap harus memperhatikan penggunaannya agar tidak terjadi iritasi. Sebelum menggunakan cuka apel, sebaiknya coba sedikit terlebih dulu pada tangan untuk mengetahui reaksinya apakah kamu alergi atau tidak. Selamat mencoba Ladies! 

 

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini