Kawaii Beauty Japan

Makeup

Bersihkan Peralatan Makeup-mu Sekarang Juga!

Kapankah terakhir kali kamu membersihkan peralatan makeup mu? Ayo, bersihkanlah peralatan makeup mu sekarang sebelum bakteri menyusup ke kulit wajahmu!

Meydiana Widyaningsih

Memakai makeup adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan oleh sebagian besar wanita untuk menunjang penampilan dan kecantikannya sehari-hari. Tentu saja, banyak sekali jenis makeup dan bentuk peralatannya yang bisa kamu miliki dan kamu gunakan. Sama seperti peralatan lainnya, peralatan makeup mu juga butuh dirawat dan dijaga kebersihannya, lho! Hal ini harus dilakukan agar kulitmu bisa tetap terbebas dari masalah ketika kamu mengaplikasikan peralatan make-up di wajahmu. Bagaimana cara membersihkan yang tepat untuk peralatan makeup mu?

Spons 

Kalau kamu memiliki dan menggunakan peralatan makeup berbahan dasar spons, cara membersihkannya sangatlah mudah. Kamu cukup larutkan sabun dengan air, kemudian rendamlah beberapa saat. Setelah itu, kamu angkat spons dari larutan air sabun, kemudian kamu peras dan tepuk spons tersebut sampai tidak ada lagi kandungan air yang terserap di dalam spons. Lalu, keringkanlah dengan handuk bersih. 

BACA JUGA: Say Goodbye To Makeup Sponges!

Peralatan Logam

Buat kamu yang punya peralatan makeup berbahan dasar logam seperti gunting kuku, pengeriting bulu mata atau pinset, kamu bisa membersihkan peralatan makeup tersebut dengan alkohol dan sabun anti bakteri. Caranya, kamu cuci peralatan tersebut ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun anti bakteri, kemudian kamu bersihkan dengan kapas yang sudah kamu beri alkohol. Setelah itu, keringkan selama 1-2 menit saja. Jika sudah kering, kamu sudah bisa menggunakannya kembali. 

BACA JUGA: 7 Cara ‘Licik’ Bakteri Masuk ke Dalam Make-Upmu!

Kuas Makeup

Membersihkan kuas makeup mu tidak boleh dengan cara yang sembarangan, seperti langsung mencucinya dengan air saja karena itu dapat merusak lem perekat bulu pada kuas makeup mu. Ada cara tertentu untuk membersihkannya supaya bulu kuas tetap awet. Yang kamu butuhkan hanyalah sikat pembersih atau sabun pembersih. Caranya, oleskan sedikit sabun ke rambut kuas kemudian kamu bersihkan sambil diputar-putar, setelah itu bilaslah dengan air. Jika sudah bersih, jemurlah kuas makeup dalam keadaan menggantung di tepi meja kamu. 

Itulah beberapa cara membersihkan peralatan makeup mu. Peralatan yang kamu jaga kebersihannya, tentu akan memberikan manfaat tersendiri bagi kulit wajahmu. Jadi, rajinlah membersihkan peralatan makeup mu secara rutin, ladies!

BACA JUGA: Rajin Menyimpan Kosmetik Berbulan-bulan? Hati-hati Kedaluwarsa!

Tagged in:
Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait