Foto Rawat Bibir Kering Saat Menjalankan Puasa

Rawat Bibir Kering Saat Menjalankan Puasa

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Sering terganggu dengan kondisi bibir kering saat berpuasa? Mulai bulan ini, mari ucapkan selamat tinggal pada bibir kering!

Rasanya trauma deh kalau membayangkan kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah setiap kali menjalankan ibadah puasa. Alih-alih menjalankan puasa dengan tenang, kamu malah disibukkan dengan rasa minder karena penampilan bibirmu kelihatan tidak sehat.

Sebenarnya, menjaga kesehatan bibir selama berpuasa tidak susah jika kamu sudah mengetahui triknya.

Bagaimana ya cara yang praktis untuk menjaga kesehatan bibir selama berpuasa?

Jangan Menjilat Bibirmu Agar Lembap!

Hal ini adalah tindakan yang paling banyak dilakukan banyak orang setelah merasa kalau kondisi bibirnya mulai mengering dan pecah-pecah. Padahal tindakan ini justru sangat tidak disarankan karena bibirmu bisa jadi semakin kering.

Enzim maltase dan amilase yang terdapat pada air liur memiliki fungsi untuk memecah kandungan bahan makanan. Jadi, hal ini juga akan terjadi pada bibirmu yang sedang mengering. Air liur yang menguap dan meninggalkan enzim pada permukaan bibirmu hanya akan membuat kondisi bibirmu makin kering dan terasa tidak nyaman.

Hindari Dulu Makanan Bercitarasa Asin dan Pedas

Seusai berpuasa tentu rasa lapar dan dahaga membuatmu jadi kalap ingin menyantap semua yang ada di meja makan. Tapi sebaiknya kamu menghindari makanan yang bercitarasa asin atau pedas saat berpuasa. Sebab makanan asin dan pedas tidak cuma ampuh membuat napsu makanmu meningkat, tapi juga bisa meningkatkan risiko bibir kering saat berpuasa.

BACA JUGA: Hindari 3 Makanan ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa!

Konsumsi Air Putih Dalam Jumlah yang Cukup

Kurang minum juga bisa menyebabkan kelembapan bibirmu berkurang hingga jadi kering dan pecah-pecah. Karena bulan puasa membatasi kesempatanmu untuk minum setiap saat, maka aturlah konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari sehingga kamu tidak mudah dehidrasi dan kesehatan bibirmu juga tetap terjaga.

BACA JUGA: 

Sayur dan Buah Juga Penting Lho

Asupan air bagi kebutuhan tubuh juga bisa diperoleh dari kandungan air pada sayur dan buah. Sehingga konsumsi sayur dan buah yang cukup bukan hanya berperan bagi kelancaran sistem pencernaan, tapi juga membantu menjaga kesehatan bibir.

Sehingga tahun ini kamu bisa tampil lebih keren dengan bibir yang sehat dan tidak kering seperti bulan puasa sebelumnya.

Bawalah Lip Balm Kemanapun Kamu Pergi

Lip balm yang baik adalah lip balm yang mengandung moisturizer alami sehingga tidak memberikan efek samping bagi kesehatan bibir. Kamu harus lebih teliti memilih lip balm yang memiliki perlindungan terhadap sinar matahari.

Kenapa harus mampu memberikan perlindungan terhadap sinar matahari?

Karena paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama yang menyebabkan kondisi bibirmu jadi mudah kering saat sedang berpuasa.


Jangan trauma dan bersikap pasrah dengan bibir kering saat menjalankan ibadah puasa setiap tahun. Tugas utama kamu adalah menjaga kesehatan bibirmu dengan mengandalkan cara-cara alami yang mudah dan kaya manfaat. Yuk sebarkan info penting ini pada sahabatmu yang mengalami masalah serupa !

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini