Foto Jangan Buang Biji Semangkamu! Inilah 3 Manfaatnya Untuk Kesehatanmu

Jangan Buang Biji Semangkamu! Inilah 3 Manfaatnya Untuk Kesehatanmu

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Bukan cuma daging buahnya yang segar, ternyata biji semangka juga mengandung banyak manfaat. Mau tahu apa saja manfaat biji semangka?

Hampir semua jenis buah hanya dikonsumsi bagian daging buahnya saja sebelum kamu membuang bagian bijinya. Padahal bisa saja kandungan nutrisi dalam biji buah juga tidak kalah dengan nutrisi pada daging buahnya, lho.

Nah, apakah kamu sudah tahu kalau biji semangka ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatanmu? Ini dia 3 manfaat biji semangka untuk kesehatanmu!

Khasiat Biji Semangka untuk Pencernaanmu

Mungkin banyak yang belum mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam biji semangka. Padahal biji semangka memiliki banyak nutrisi yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam biji semangka terkandung serat, vitamin A, B, C, zat besi, kalsium, magnesium dan aneka jenis mineral lainnya.

Kandungan serat pada biji semangka bisa membantu mengatasi parasit jahat yang hidup pada usus besar serta dapat meminimalkan gejala peradangan organ tubuh serta penyakit kuning. Tidak perlu khawatir dengan penyakit sembelit dan gangguan pencernaan lainnya bila kamu rajin mengonsumsi olahan dari biji semangka secara teratur.

Wah, Ternyata Biji Semangka Juga Punya Manfaat Lain!

Kandungan zat citrulline yang terdapat pada biji semangka berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memperlancar aliran darah. Kalau aliran darahmu lancar, maka pembuluh darahmu juga bisa terhindar dari risiko penumpukan plak (arteriosclerosis) yang mengakibatkan komplikasi penyakit seperti jantung dan stroke.

Menyantap produk olahan alami dari biji semangka akan membuat jantungmu jadi sehat dan perkembangan otot-otot semakin maksimal. Lengkapnya kandungan mineral dalam biji semangka juga menjadi asupan nutrisi yang penting untuk mempertahankan konsentrasi dan daya ingat.

Secangkir Teh Biji Semangka Untuk Ginjal yang Sehat

Tidak hanya baik bagi sistem pencernaan dan pembuluh darah, penelitian yang dilakukan di Amerika pada awal abad ke-20 juga menyatakan bahwa konsumsi biji semangka bermanfaat bagi kesehatan ginjal dan saluran air seni. Mengonsumsi secangkir teh yang terbuat dari biji semangka akan membantu proses pengeluaran kristal garam dari ginjal dan saluran air seni.

Yuk Belajar Membuat Teh Biji Semangka

Proses pembuatan teh biji semangka ternyata mudah seperti membuat teh biasa lho, ladies. Kamu hanya perlu menyiapkan 4 sendok makan biji semangka segar yang sudah dihancurkan kemudian menyeduhnya dengan 2 liter air panas selama 15 menit. Mulailah meminum teh semangka selama 2 hari berturut-turut dan hentikan konsumsinya pada hari ketiga. Ulangi proses ini selama beberapa minggu sampai kamu merasakan khasiat istimewa dari si mungil biji semangka.

Kalau bosan dengan teh biji semangka, kamu juga bisa menyantap kuaci biji semangka sambil bersantai lho ladies. Pokoknya tidak ada ruginya deh kalau kamu membeli buah semangka untuk dikonsumsi. Karena selain bisa menyantap buahnya yang segar, bagian bijinya juga bisa kamu olah menjadi camilan atau teh yang kaya manfaat.

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini