Foto Bahaya Silicon Cair bagi Tubuh

Bahaya Silicon Cair bagi Tubuh

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Untuk tampil cantik dan menarik banyak wanita yang rela melakukan apa saja, termasuk suntik silicone. Padahal cairan silicone yang dimasukkan ke dalam tubuh justru bisa berbalik menjadi petaka.

Berita mengejutkan baru-baru ini datang dari penggrebekan praktek dokter kecantikan yang dilakukan di toilet Plaza Semanggi, Jakarta Pusat. Sang pelaku yang bernama Juli Sowolino kala itu tertangkap basah ketika tengah melakukan praktek dokter kecantikan yang berlokasi di toilet lantai 3 mall tersebut.

Ketika melakukan proses penangkapan, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa alat suntik serta cairan silikon kimia sebagai bahan utama dalam praktek dokter kecantikan tersebut.

Berawal dari Laporan Korban

Polisi memutuskan untuk menggrebek tempat praktek dokter kecantikan tersebut setelah mendapat laporan dari salah satu korban. Korban tersebut mengaku kalau wajahnya menjadi bengkak setelah melakukan proses suntik silikon pada bagian wajah.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian, terungkaplah bahwa sang pelaku ternyata hanya lulusan SMA yang mengaku sebagai dokter kecantikan. Melalui praktek dokter kecantikan tersebut, sang pelaku mengaku bisa memberikan layanan kecantikan seperti suntik silikon dan tarik benang untuk mengencangkan wajah.

BACA JUGA: Gara-gara Operasi Plastik, Bibir Wanita Ini Seperti Paruh Bebek

Praktek ilegal yang berkedok dokter kecantikan tersebut membuat sang pelaku bisa dijerat pasal 78 UU Nomor 29 tahun 2004 karena tidak adanya sertifikat atau Surat izin Praktek (SIP). Untuk menyikapi fenomena praktek dokter kecantikan palsu ini, AKP Riki Yariandidi selaku Kanit Krimsus Polres Jakarta Selatan menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dalam memilih tempat perawatan kecantikan dan sebaiknya lebih kritis terhadap kepemilikan sertifikat atau SIP sebagai praktisi kecantikan.

Dampak Buruk Silikon Cair Bagi Kesehatan

Silikon cair bukanlah zat kimia yang cocok disuntikkan pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Namun biasanya silikon cair kerap kali menjadi pilihan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan suntik kolagen atau hyaluronic acid. Padahal silikon cair dapat berdampak buruk seperti risiko peradangan pada bagian tubuh yang disuntik hingga peluang untuk meningkatkan risiko kanker.

Yang lebih mengerikan lagi, silikon cair yang disuntikkan pada bagian tubuh tertentu juga bisa mengalami perubahan posisi sehingga bentuk wajah atau tubuh cenderung menjadi aneh dan tidak simetris. Niat ingin cantik akhirnya pupus dan harus dibayar mahal dengan risiko kesehatan yang membahayakan diri sendiri.

BACA JUGA: Mengerikan Sekali, Paha Dan Bokong Wanita Ini Bolong Akibat Implan

Kamu tentu paham kan ladies kalau cantik alami jauh lebih baik daripada mengabaikan kesehatanmu demi kecantikan yang sifatnya sesaat. Mulai sekarang, berhati-hatilah dalam memilih tempat perawatan wajah dan tubuh ya.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2022 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini