Kawaii Beauty Japan

Makeup

Cara Countouring yang Tepat Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Kamu bingung bagaimana cara contour wajahmu? Yuk, kita simak tutorial dan penjelasannya!

Veronica

Contouring merupakan teknik yang digunakan untuk mempertegas dan menonjolkan bagian wajah agar make up tidak terlihat datar (flat). Dalam contouring, terdapat Bronzer dan Highlight. Bronzer biasa digunakan untuk mempertegas bagian dari wajah kita seperti hidung, rahang, tulang pipi dan pinggir dahi. Bronzer ini berwarna cokelat, dan biasa satu atau dua shade lebih gelap dari kulit kita.

Sedangkan Highlight biasa digunakan untuk menonjolkan bagian wajah yang ingin ditonjolkan seperti dahi, bawah mata, dagu dan tulang hidung. Highlight yang digunakan disarankan memiliki warna satu atau dua shade lebih terang daripada warna foundation kita. Contouring juga membantu kita untuk membentuk wajah lebih sempurna karena bentuk wajah yang adalah oval. So, berbahagialah kamu yang memiliki wajah berbentuk oval.

Lalu, bagaimana dengan bentuk wajah seperti hati, kotak, bulat dan oblong? Tenang saja, tujuan dari contouring adalah menegaskan bagian-bagian wajah kamu dan juga sekaligus memberikan shading supaya lebih mendekati bentuk wajah oval. Caranya bagaimana? Yuk kita simak tutorialnya!

Hati

Bentuk wajah hati biasanya mempunyai tulang pipi yang lebih besar dibanding dengan bagian dagu serta dahi yang berbentuk lancip. Untuk melakukan contour wajah berbentuk hati, gunakan bronzer dibagian tulang pipi dan pinggir jidat dan highlight pada tengah dahi, bawah mata, tulang hidung, cupid bow dan dagu.

Sumber: everydaybeautyreviews

Oval

Bentuk wajah oval memiliki dahi yang lebih lebar dibandingkan dagu. Panjang wajah kamu satu setengah kali lipat lebih banyak dibanding lebar wajah. Untuk melakukan contour pada wajah oval sangatlah mudah, kamu tidak perlu mengoreksi apa-apa cukup mempertegas garis di bagian tulang pipi dan sekitar dahi dan berikan highlight pada bagian bawah mata, tengah dahi, tulang hidung dan dagu.

Sumber: everydaybeautyreviews

Kotak

Bentuk wajah kotak memiliki dahi dan dagu yang sama lebar. Rahang merupakan bagian yang paling menonjol pada bentuk wajah ini. Untuk melakukan contouring pada wajah kotak, gunakan bronzer pada bagian sekitar pipi dan jangan berikan bronzer pada bagian dagu. Anggaplah shading ini untuk memberikan bayangan sehingga wajah kamu mendekati bentuk wajah ideal yaitu oval. Lalu gunakan highlight sedikit pada bagian segitiga bawah mata, tengah dahi dan dagu.

Sumber: everydaybeautyreviews

Bulat

Bentuk wajah bulat memiliki panjang dan lebar wajah yang hampir sama, dan pipi kamu merupakan bagian yang paling menonjol. Untuk melakukan contouring pada wajah bulat, kurang lebih sama dengan wajah berbentuk kotak namun yang membedakannya, shading di bagian pipi dan rahang dibaur lebih kedepan lagi seperti gambar dibawah ini.

Sumber: everydaybeautyreviews

Oblong

Bentuk wajah oblong memiliki bagian dahi yang agak bulat dan bagian pipi kebawah yang kotak. Pada wajah ini, disarankan untuk meniruskan dagu dan menonjolkan tulang pipi. Maka dari itu, kita perlu menggunakan shading pada bagian bawah dagu, sekitar dahi, hidung dan tulang pipi lalu dilengkapi dengan highlight pada bagian bawah mata, dagu dan dahi.

Sumber: everydaybeautyreviews

Pada intinya, contouring berfungsi untuk memberi bayangan sehingga bentuk wajah menjadi lebih ideal. Sekarang kamu sudah mengerti cara contouring sesuai dengan bentuk wajah kamu. Selamat mencoba! 

Tagged in:
Veronica
Hi! My name is Veronica and i'm a Makeup artist. I love everything about makeup so, let's share!!
Share this article

Artikel Terkait