Foto Waspadai Bakteri ini Pada Daging Ayam!

Waspadai Bakteri ini Pada Daging Ayam!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Siapa yang suka makan ayam? Mulai sekarang berhati-hatilah mengkonsumsi ayam, karena ada bahaya yang mengintai. Tidak percaya? Simak info selengkapnya berikut ini!

Di Amerika, sudah banyak korban yang berjatuhan akibat konsumsi daging ayam. Sebuah film dokumenter berjudul “The Trouble With Chicken” yang dibuat di Amerika yang ditayangkan di stasiun TV PBS menjelaskan bagaimana ayam bisa mengancam keselamatan manusia. Bagaimana itu bisa terjadi? Apakah bisa menimpa kita juga? Berikut penjelasannya.

Hati-hati, Daging Ayam Bisa Menyebarkan Bakteri Berbahaya

Setelah melalui proses penelitian dan investigasi, ditemukanlah penyebab ancaman bahaya dari daging ayam tersebut, yaitu bakteri Salmonella Heidelberg. Bakteri ini telah menyebabkan ratusan orang terserang wabah misterius di tahun 2004 dan 2013. Ayam yang dikonsumsi dari dua wabah tersebut berasal dari tempat yang sama, yaitu perusahaan Foster Farm di California.

Film dokumenter ini diawali dengan kisah seorang anak laki-laki berusia 18 bulan dari pasangan Amanda dan James Craten yang terinfeksi bakteri salmonella setelah makan daging ayam dari Foster Farm pada Oktober 2013.

Infeksi yang terjadi cukup parah, hingga menyebar ke otak dan berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih fatal. Dokter kemudian melakukan prosedur kraniotomi dengan memotong dan membuka tulang tengkoraknya agar bisa mengobati infeksi tersebut. Meskipun harus melalui koma terlebih dahulu, untungnya anak tersebut bisa pulih.

Film dokumenter tersebut juga memperlihatkan bagaimana perusahaan Foster Farm menolak untuk melakukan perbaikan menyusul keluhan-keluhan yang terjadi di masyarakat. Bahkan mereka menampik bahwa wabah yang menyerang lebih dari 600 orang selama 16 bulan di tahun 2013 itu ada hubungannya dengan produk daging ayam mereka.

Badan pengawas makanan di negara itu ternyata juga tidak banyak berbuat apa-apa karena lemahnya wewenang yang mereka miliki, meskipun sudah banyak korban berjatuhan. Satu hal yang bisa kita pelajari dari kasus tersebut adalah masyarakat sendirilah yang harus hati-hati dalam memilih makanan, termasuk dalam mengkonsumsi daging ayam.

BACA JUGA: Waspada Beras Palsu asal Cina yang Terbuat dari Plastik!

Cara Aman Konsumsi Daging Ayam

Bakteri salmonella sebenarnya tidak hanya berasal dari daging ayam, namun juga biasa ditemukan pada telur unggas, daging sapi, dan air yang sudah terkontaminasi. Salmonella menyerang usus, sehingga bisa menyebabkan diare, kram perut, muntah, demam, sakit kepala, dan sakit otot. Namun pada kasus yang lebih parah, bakteri ini dapat menyebar keluar usus menuju organ lain dan bisa mengancam keselamatan penderitanya.

Mereka yang paling rentan terkena ancaman yang lebih parah dari bakteri ini adalah bayi, manula, dan orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, seperti yang dialami bayi laki-laki dalam film dokumenter di atas.  

Lalu, bagaimana solusinya agar kita terhindar dari bahaya bakteri salmonella ini? Yang terpenting adalah memastikan bahwa daging ayam telah dimasak dengan benar-benar matang sehingga bisa membunuh bakteri yang ada di dalam daging.

Selain itu, faktor kebersihan juga cukup penting untuk mencegah menyebarnya salmonella. Peralatan yang digunakan saat memasak merupakan media yang sangat mudah terkontaminasi bakteri salmonella. Oleh sebab itu, cucilah peralatan memasak dengan bersih setelah terkena kontak dengan daging ayam mentah. Hal ini juga berlaku untuk telur dan daging sapi.

BACA JUGA: Ciri Ikan Segar yang Layak Dimakan

Nah ladies, penting sekali bukan memastikan apakah makanan yang kita konsumsi higienis atau tidak? So, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang akan kalian makan ya!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini