Foto 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Mencuci wajah adalah hal rutin yang harus dilakukan agar wajah selalu tampak cantik. Tapi, tahukah kamu cara mencuci wajah dengan benar? Atau kamu masih melakukan salah 1 dari 5 kesalahan ini?

Dari berbagai ritual kecantikan yang sering kita lakukan, mencuci wajah sepertinya merupakan hal termudah dan tidak memerlukan teknik-teknik rumit. Tinggal mengusap sabun wajah sampai berbusa kemudian membilasnya. Tapi, tunggu dulu! Sudah betulkah cara tersebut? Yuk, simak info berikut ini karena ternyata banyak dari kita yang masih sering melakukan kesalahan dalan mencuci wajah.

Memilih Produk Cuci Muka yang Salah

Jangan asal memilih produk pembersih muka. Seorang ahli dermatologi bernama Dr.Sam Bunting menganjurkan jika kamu memiliki kulit wajah kombinasi atau berminyak, sebaiknya kamu memilih jenis produk yang berbahan dasar gel, dan tidak terlalu berbusa. Misalnya saja produk yang mengandung akar Imperata Cylindrica dan ekstrak buah lemon yang sangat efektif mengangkat kotoran. Hindari produk-produk yang mengandung sulfat agar kulitmu tidak kering, serta yang bebas paraben, silikon, parfum, dan minyak.

Kalau kulitmu kering, pilihlah produk berbentuk krim dengan pelembab yang akan melembutkan kulitmu. Sembari kamu mencuci muka, produk ini juga akan mempertahankan kelembaban alami kulit. Bahan-bahan yang bagus untuk jenis kulit wajah yang kering antara lain adalah calendula, chamomile, anthyllis, dan almond untuk menghaluskan dan menjaga keseimbangan kelembaban kulit.

Metode Cuci Muka yang Kurang Tepat

Apakah kamu tahu, jenis produk yang berbeda memiliki cara pemakaian yang berbeda pula? Tidak semua produk bisa digunakan hanya dengan menggosok busa ke seluruh permukaan wajah, kemudian membilasnya.

Untuk produk berbentuk gel dan foam, gunakan dengan membasahi wajah terlebih dahulu, kemudian usapkan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 1 menit agar khasiat zat yang terkandung di dalamnya bisa bekerja terlebih dahulu.

Tapi jika produk berbentuk krim atau lotion, gunakan pada kulit kering seperti pada saat kita memakai pelembab. Langkah ini bertujuan untuk menghancurkan minyak dan kotoran di wajah. Setelah itu beri sedikit air dengan ujung jarimu agar berbusa. Kemudian bilas.        

Menggosok Wajah dengan Handuk

Handuk bisa menjadi sarang bakteri jika tidak sering dicuci dan dikeringkan. Handuk yang lembab adalah tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Selain itu, handuk biasa sebenarnya juga terlalu kasar jika digunakan untuk wajah.

Kalau kamu merasa harus menggunakan handuk, pilih handuk khusus untuk bayi dengan bahan yang lebih lembut. Selain itu, pastikan juga kamu sering mencuci dan mengeringkannya.

Membasuh Wajah dengan Air Panas

Rasanya memang menyenangkan membasuh wajah dengan air panas. Tapi hal itu tidak dianjurkan karena bisa mengganggu keseimbangan minyak alami pada kulit wajah, sehingga menyebabkan kekeringan yang nantinya justru akan membuat wajah memproduksi minyak secara berlebihan. Oleh sebab itu,  cukup gunakan air dengan suhu hangat-hangat kuku.

Menggunakan Tisu Basah untuk Wajah

Penggunaan tisu basah tidak bisa menggantikan mencuci wajah. Kebanyakan tisu basah tidak bisa benar-benar membersihkan kotoran di wajah, melainkan hanya memutar-mutarnya di permukaan wajah saja. Jika memang harus menggunakannya, coba pilih tisu basah dengan air mawar dan mint untuk membuat kulit tetap dingin. Jangan lupa untuk membilas wajah setelah memakai tisu basah.  


Meski terkesen sepele, memcuci muka ternyata juga harus dilakukan dengan benar.Jangan sampai kamu melewatkan.langkah-langkah yang tepat dan benar saat mencuci muka. Perhatikan setiap produk yang kamu gunakan dan maksimalkan dengan cara penggunaan yang tepat. Yuk perbaiki kesalahanmu sebelum terlambat!  

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini