Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Ternyata Tidak Semua Orang Butuh Tidur 8 Jam Sehari! Ketahui Selengkapnya di Sini

Banyak orang yang mengatakan bahwa tidur yang ideal adalah 8 jam. Tapi apakah ini berlaku untuk semua orang?

Me Siang

Kita sering mendengar kualitas tidur yang ideal adalah delapan jam sehari. Tapi ternyata, kebutuhan jam tidur setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia dan faktor kondisi lainnya, seperti halnya pada wanita hamil. Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tentang tidur yang harus kamu ketahui!

Benarkah Setiap Orang Harus Tidur 8 Jam Sehari?

Jawabannya belum tentu! Ada sebagian orang perlu tidur 8 jam atau lebih, ada juga yang cukup tidur dengan 5-6 jam atau bahkan harus lebih dari 8 jam. Hal ini tergantung beberapa faktor. 

Jam tidur berdasarkan usia:

  • Bayi (0-12 bulan) : 9-10 jam di malam hari, ditambah 3 jam untuk tidur siang
  • Balita (1-5 tahun) : 9-10 jam di malam hari, ditambah 2-3 jam untuk tidur siang
  • Anak-anak (6-18 tahun) : 9-11 jam
  • Dewasa (19 tahun keatas) : 7-8 jam

Sedangkan pada wanita hamil akan membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk tidur karena kondisi yang mudah lelah saat masa kehamilan. Pada orang usia lanjut, jam tidur akan kembali seperti anak bayi yang butuh 9-10 jam ditambah 1,5-2 jam untuk tidur siang.

Semakin Banyak Tidur, Semakin Baik

Kalimat tersebut telah memberikan persepsi yang salah bagi kebanyakan orang. Tidur berlebihan memiliki bahaya yang sama saat kamu kurang tidur! Menurut Michael A. Grandner, Ph.D., seorang insinyur psikiatris dan anggota dewan Behavioral Sleep Medicine program di University of Pennysylvania, seseorang pada usia dewasa yang tidur selama 9 jam atau lebih saat malam hari juga dapat mengalami gangguan kesehatan seperti, pusing, sakit kepala, tubuh terasa sakit atau lemas. Tidak mau kan ini terjadi padamu? Maka, tidurlah secukupnya!

Ganti Waktu Tidur di Akhir Pekan

Tidur di akhir pekan mungkin banyak disebut sebagai 'tidur balas dendam'. Hal inilah yang seringkali dilakukan orang-orang yang sering bekerja lembur atau bekerja di lokasi yang cukup jauh dari rumah. Faktanya, kekurangan tidur dalam seharinya tidak bisa diganti saat weekend (Sabtu dan Minggu). Sistem metabolisme tubuh yang bekerja setiap jam tidak terpengaruh jika kamu kurang tidur dan menggantinya pada hari weekend saja.

Tidur Lebih Awal?

Jika orangtuamu suka menasehatimu untuk tidur sebelum jam 00.00, ikutilah perkataan mereka. Sebaiknya, tidurlah sebelum jam 23.00, karena kebanyakan sel-sel tubuh melakukan fungsi pemulihan pada jam 23.00-01.00. Contohnya adalah empedu yang bekerja menetralkan racun selama periode ini. Jika kamu terbangun, maka racun akan kembali ke hati, yang kemudian akan dialirkan kembali ke dalam sistem peredaran darah. Makanya orang yang suka bergadang atau kurang tidur seringkali terkena penyakit liver.

Begadang Tetapi Tidur Tetap 8 Jam?

Kondisi ini juga tidak dibenarkan. Walaupun waktu tidurmu terpenuhi 8 jam, tetapi jika kamu malah jadi bangun lebih siang, sistem metabolisme tubuh juga akan berantakan. Dengan bangun lebih siang, kamu jadi melewatkan sarapan pagi, kurang terkena paparan sinar matahari dan udara pagi yang baik bagai kulit serta tulang.

Memakai Kaos Kaki Ketika Tidur?

Kaki memiliki sirkulasi darah yang sedikit. Jika kamu kedinginan di malam hari, maka kaki cenderung lebih dulu merasakannya. Hal tersebut dapat membuatmu terbangun dari tidur, dan bagi yang sering merasa sulit tidur, tentunya hal ini akan sangat merepotkan.

Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy