Foto Ketiak Hitam? Ketahui Penyebab dan Solusinya Sekarang Juga!

Ketiak Hitam? Ketahui Penyebab dan Solusinya Sekarang Juga!

Foto Me Siang
Me Siang
Contributor
Memiliki ketiak hitam adalah mimpi buruk bagi para wanita. Untuk mengatasinya, yuk cari tahu terlebih dahulu penyebabnya!

Memiliki ketiak hitam akan membuat banyak orang, terutama kita sebagai wanita merasa tidak percaya diri saat memakai baju tanpa lengan. Untuk mengatasi masalah ketiak hitam, kamu tentunya berusaha melakukan banyak hal. Mulai dari menggunakan produk deodrant yang katanya bisa memutihkan, sampai mengunjungi klinik-klinik kecantikan. 

Namun hal itu akan terulang kembali jika kamu masih melakukan hal-hal yang menyebabkan ketiakmu menghitam, seperti beberapa hal berikut ini: 

1. Mencabut atau Mencukur Bulu Ketiak

Secara penelitian telah membuktikan proses mencabut atau mencukur bulu ketiak adalah penyebab utama ketiak menjadi menghitam. Tahukah kamu kalau kulit pada ketiak sangat tipis dan sensitif? Mencukur atau mencabut bulu ketiak akan menyebabkan luka, apalagi jika pisau cukurmu tumpul dan rambut ketiak belum terlalu panjang untuk dipangkas.

Luka yang timbul itulah yang akan membuat kulit berwarna gelap setelah sembuh. Bukan hanya itu, mencukur bulu ketiak akan menyebabkan pori-pori rambut membesar, kurang kebih 1/3 bagian kulit akan ikut terangkat dan menyebabkan kulit ketiakmenjadi kasar. Sedangkan mencabut bulu ketiak akan menarik akar rambut dan meniggalkan bekas kemerahan yang membengkak. 

2. Proses Kehamilan

Pada saat proses kehamilan biasanya akan terjadi perubahan hormon pada wanita. Meskipun tidak terjadi pada semua wanita hamil, aktivitas hormon yang terjadi pada tubuh wanita hamil memungkinkan terjadinya pelepasan melanin yang terlalu banyak sehingga kulit di beberapa bagian tubuh mengalami hiperpigmentasi atau menghitam. Hiperpigmentasi pada wanita hamil tidak dapat dihindari, tapi pada umumnya akan menghilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

3. Produk Kosmetik dan Produk Berakohol

Penggunaan produk-produk kosmetik terutama yang mengandung alkohol seperti, sabun, parfum, deodorant dan sebagainya dapat memicu kulit ketiak menjadi hitam. Kondisi tersebut akan semakin parah apabila terjadi gesekan pada ketiak yang menimbulkan iritasi. 

4. Kegemukan Berat Badan

Berat badan yang berlebih atau kegemukan ternyata tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga merusak warna kulitmu. Kegemukan dapat memperburuk pigmentasi dan menggelapkan beberapa area tubuh seperti tengkuk, ketiak, dan belakang lutut. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya geseken kulit.

Setelah kamu mengetahui penyebab kulit ketiak menghitam, apakah kita hanya bisa mendiamkannya saja? Tentu tidak, selalu ada solusi untuk setiap masalah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kamu yang memiliki masalah ketiak hitam, tapi juga untuk kamu yang belum mengalaminya. Ini dia 3 solusi mudah yang bisa kamu lakukan! 

1. Pencegahan

Cara Mencegah Ketiak Menghitam

Agar ketiak tidak berwarna hitam, seorang ahli kulit menyarankan tindakan pencegahan dengan membasahi atau melembabkan kulit sebelum mencukur. Waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah mandi dan mencukur ketika rambut ketiak sedikit panjang. Jangan lupa untuk mengganti pisau cukur yang sudah mulai tumpul agar tidak melukai kulit ketiak. 

Sebaiknya hindari juga mencabut bulu ketiak dan metode waxing dengan bahan gula yang dipanaskan. Jika kamu ingin mencabut bulu ketiak, sebaiknya kamu memilih metode threading dengan benang khusus.

2. Perawatan Alami

Cara Mengatasi Ketiak Menghitam

Jika ingin menggunakan pemutih alami dan hemat biaya, kamu dapat menggunakan papaya, lemon atau jeruk nipis. Selain mengandung vitamin C, buah-buah tersebut dapat mengontrol keringat dan meregenerasi kulitmu. 

  • Ambil papaya yang tidak terlalu matang (mengkal), lalu parut hingga halus. Oleskan parutan papaya setiap setelah mandi, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan papaya akan menjadi pemutih alami untuk kulitmu. 
  • Iris jeruk nipis atau lemon, lalu buang bijinya. Gosokkan perlahan ke ketiak setiap selesai mandi. Bilaslah dengan air bersih setelah beberapa menit. Untuk hasil yang lebih baik, kamu dapat mencampur irisan jeruk nipis atau lemon dengan madu dan bubuk tawas. Seperti yang sudah diketahui tawas dapat memutihkan kulit secara alami.
  • Cara lainnya, peras jeruk nipis, campurkan 1 sdt air perasan dengan 1 sdt jus mentimun dan sejumput bubuk kunyit. Aduk ketiga bahan tersebut dan oleskan pada ketiak, diamkan menjadi masker dan bilas setelah didiamkan selama 20 menit.

3. Perawatan Professional

Cara Mencegah Katiak Menghitam

Apabila ketiak kamu menghitam diluar faktor penyebab konsultasikan dengan dokter kulit. Jika kamu memiliki dana yang cukup, kamu bisa mencoba beberapa cara yang ditawarkan di klinik-klinik kecantikan, seperti metode IPL atau laser. 

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani