Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Bagian Tubuh Ini Ternyata Menua Lebih Cepat Dari yang Lainnya

Jaringan tubuh ini rupanya memiliki kondisi dua sampai tiga tahun lebih tua dari bagian tubuh yang lain. Itulah alasan mengapa bagian tubuh ini juga lebih rentan terkena kanker atau tumor

Hikma Adriani

Kamu mungkin menyadari bahwa seiring dengan usia, payudara kamu tampak mengendur dan kulitnya mulai keriput atau tampak kusam. Dibanding dengan bagian tubuh lainnya, ternyata “bukit kembar” ini memang menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Menurut penelitian, jaringan payudara memiliki kondisi dua sampai tiga tahun lebih tua dibandingkan bagian tubuh wanita yang lainnya. Ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa wanita jauh lebih rentan terkena kanker atau tumor payudara daripada pria. Faktor usia juga memiliki hubungan dengan kesehatan jaringan tersebut. Semakin bertambahnya usia, maka semakin rentan terhadap penyakit.

BACA JUGA: Ukuran Dada Membesar Membuatmu Rentan Terkena Diabetes? Cari Tahu Faktanya!

Akibatnya, jaringan kurang sehat yang terjadi di payudara menjadi sasaran empuk tumbuhnya sel tumor. Jaringan yang lebih sehat lebih tahan terhadap serangan ini. Hanya saja begitu jaringan tua ini terkena tumor atau kanker, jaringan sehat yang usianya lebih muda juga bisa terpengaruh oleh keburukan sel tumor.

Profesor David Geffen yang mendalami bidang genetik manusia meneliti proses penuaan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh manusia, misalnya otak, jantung, paru, ginjal, dan sebagainya.

“Jaringan pada payudara ternyata dua atau tiga tahun lebih tua dibanding bagian tubuh lainnya pada wanita. Jika seorang wanita menderita kanker payudara, jaringan yang dekat tumor usianya sekitar 12 tahun lebih tua dibanding bagian tubuh lain,” paparnya.

Hasil penelitian itu mungkin bisa menjelaskan mengapa kanker payudara adalah kanker yang paling sering menyerang wanita. Selain itu, jaringan pada tumor biasanya 36 tahun lebih tua dibanding bagian tubuh lain. Itu sebabnya mengapa usia tua menjadi salah satu faktor terjadinya kanker.

BACA JUGA: Kanker Bukanlah Akhir dari Segalanya, Mari Menjadi Cancer Survivor!

Jalan yang terbaik untuk mengatasi degenerasi jaringan ini adalah proses pencegahan. Kamu disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengontrol lemak, dan mengonsumsi berbagai buah dan sayur.

Perlu juga diusahakan mengonsumsi makanan yang mampu mencegah peradangan di tubuh yang dituding menjadi penyebab penuaan. Kamu bisa pula mengonsumsi makanan yang mengandung atioksidan, vitamin B12, asam folat, minyak ikan, dan sebagainya.

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy