Foto Manfaat Baik Sebuah Pisang yang Akan Merubah Hidupmu!

Manfaat Baik Sebuah Pisang yang Akan Merubah Hidupmu!

Foto Me Siang
Me Siang
Contributor
Dengan mengonsumsi minimal dua buah pisang sehari, kamu bisa menikmati manfaat baik dari pisang yang bisa merubah hidupmu!

Pisang adalah tanaman buah yang bersal dari kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan kemudian menyebar hingga ke Afrika (Madagaskar). Karena Indonesia memiliki iklim tropis yang lembab menjadikan salah satu negara tropis yang mengekspor pisang segar maupun kering ke Jepang, Hongkong, China, Singapura, Belanda, Australia, Perancis, Arab, dan Amerika Serikat.

Penelitian menunjukkan bahwa pisang matang mengandung TNF (Tumor Necrosis Factor)  yang memiliki sifat antikanker yang kuat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit, terutama kanker.

Ilmuwan di Jepang menunjukkan bahwa hanya buah pisang matang yang memberikan manfaat secara maksimal dibandingkan dengan beberapa buah lainnya, seperti apel, anggur, nanas, semangka, kesemek dan pir. Kandungan gizi pada pisang tergantung dari tingkat kematangannya. Sifat antioksidan pada pisang yang sudah matang meningkat secara bertahap. Pada saat matang, pisang akan mengeluarkan bitnik-bintik hitam yang menandakan pisang telah memiliki kandungan TNF yang kuat serta gula alami yang mudah dicerna oleh tubuh. 

Ada berbagai jenis pisang yang biasa dikonsumsi, salah satunya adalah pisang ambon yang tenyata memiliki banyak manfaat tak terduga, seperti beberapa hal berikut ini: 

Kebaikan Pisang Ambon

Secara umum pisang memiliki manfaat yang baik untuk anemia, penyakit stroke, penderita maag, meningkatkan kekuatan otak, serta menurunkan kadar stres. Dari banyaknya jenis pisang, ternyata pisang ambon memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Ada 3 jenis pisang ambon, yaitu pisang ambon putih, pisang ambon lumut, dan pisang ambon kuning. Berikut detail penjelasannya :

1. Melancarkan Pencernaan 

Pisang ambon memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sebagaimana yang sudah diketahui mengkonsumsi serat yang cukup dapat membantu BAB secara lancar dan rutin.

2. Meredam Stres

Kandungan dalam pisang berupa Serotonin dan Kalium sangat baik untuk meredam stres. Serotonin memiliki fungsi penenang yang ampuh membantu mengurangi emosi bagi orang yang sedang stres. Potasium, yaitu mineral vital yang membantu mengontrol detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika seseorang mengalami stres, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi pisang, kalium dalam tubuh kadarnya menjadi seimbang.

3. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Persendian

Menurut hasil penelitian dalam buah pisang mengandung vitamin B6 dan Potasium (Kalium) yang baik bagi kesehatan persendian. Karena pada 100 gram pisang mengandung 400 gram Potasium yang membantu mengurangi rasa sakit pada otot dan berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respon otomatis terhadap rangsangan).

4. Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Pisang ambon dapat dimanfaatkan untuk masker wajah. Pertama siapkan 1 buah pisang dicampur dengan yogurt tawar, jika kulit wajahmu termasuk jenis kulit kering, kamu bisa menambahkan satu sendok makan madu murni. Kemudian pisang digerus halus, lalu oleskan ke seluruh wajah hingga bagian leher, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air dingin menggunakan sabun cuci muka hingga besih. Voila! Wajah kamu terlihat lebih segar dan sehat.

5. Mencegah Osteoporosis

Pisang mengandung kalsium sangat tinggi, yaitu mencapai 6 mg per 100 gram pisang ambon. Jika ingin mencegah osteoporosis sejak dini sebaiknya mengonsumsi pisang disertai dengan susu.

6. Menjaga berat badan

Jika kalian ingin menurunkan berat badan, konsumsilah empat buah pisang dan empat gelas susu non fat selama 3 kali sehari dalam seminggu. Namun, apabila kalian yang belum memiliki bobot tubuh yang ideal dapat dibantu mengonsumsi segelas banana shake dicampur dengan madu, kacang almond dan mangga sesudah makan.

7. Pisang Membantu Untuk Berhenti Merokok

Ternyata pisang dapat membantu seseorang dari kecanduan nikotin. Hal ini disebabkan karena pada buah pisang terdapat kandungan vitamin B6 dan B12 serta Kalium dan Magnesium. Zat-zat ini membantu tubuh menetralisir pengaruh nikotin.


Nah, Ladies kamu sekarang kamu sudah taukan manfaat dari sebuah pisang? Yuk rajin konsumsi pisang setiap hari untuk tubuh yang lebih sehat! Kamu juga bisa berkreasi menciptakan berbagai makanan atau perawatan tubuh dari 'si kuning' ini lho! 

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini