Foto Jaga Kesehatan dan Berat Badan Tetap Stabil dengan Konsumsi Ikan

Jaga Kesehatan dan Berat Badan Tetap Stabil dengan Konsumsi Ikan

Foto Intan A. Oktavia
Intan A. Oktavia
Contributor
seafood memiliki kandungan protein, vitamin, mineral dan asal lemak omega-3 yang tinggi, termasuk diantaranya ikan. Mengkonsumsi ikan secara rutin tidak hanya sehat tapi juga menjaga berat badan lho!

Siapa diantara kamu yang menyukai sashimi atau sushi? Makanan Jepang sering kali diidentikan dengan makanan laut, termasuk ikan. Ikan merupakan salah satu makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber asam lemak omega-3. Ikan juga mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga sangat baik untuk ditambahkan dalam menu dietmu. Untuk menjaga manfaat ikan, kamu bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, dan dikukus.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menambahkan ikan ke dalam menu dietmu!

1. Kesehatan Kardiovaskular

Ternyata asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan telah terbukti manfaatnya bagi jantung, arteri, dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular. Konsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Mengkonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak tiga kali lipat lho!

2. Menurunkan Tekanan Darah

Minyak ikan menurunkan tekanan darah

Minyak ikan sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, kandungan omega-3 dalam minyak ikan akan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis dan halus sehingga menurunkan tekanan darah. Konsumsi minyak ikan secukupnya saja. Ingat ya ladies, mengkonsumsi suplemen berlebihan juga tidak baik lho! 

3. Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, minyak ikan dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, konsumsi kapsul minyak ikan diikuti dengan berolahraga efektif menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan. Jangan hanya makan ikan tapi tidak ada olahraga ya ladies, karena percuma saja kalo asupannya bagus tapi kamu tidak berolahraga dengan rutin hasilnya tidak akan sempurna.

4. Menekan Risiko Kanker

Ternyata Omega-3 dalam kandungan ikan telah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker, yakni kanker payudara, kolon, dan prostat. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak kamu lho. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Sebuah penelitian studi menyatakan bahwa suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak loh ternyata.

6. Melawan Peradangan

Ikan, terutama minyak ikan, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih).

7. Menyehatkan Mata

Konsumsi ikan menyehatkan mata

Konsumsi ikan dengan sewajarnya sangat baik karena mempunyai kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan dapat melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering. Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu lebih kecil kemungkinan mengalami degenerasi makula terkait (penyebab utama kebutaan terkait usia) dibandingkan orang yang tidak makan ikan sama sekali. bukan hanya itu ternyata kandungan Omega 3 pada ikan juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

8. Perawatan Kulit

Konsumsi ikan membantu menjaga kulit dalam kondisi baik. Kenapa bisa untuk perawatan kulit? Nah kalian harus tau ladies ternyata kandungan minyak ikan dapat membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Bahkan minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

9. Mengatasi Depresi

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan. Sebuah studi menyatakan bahwan orang yang sering mengkonsumsi ikan itu memiliki tingkat depresi yang cukup rendah dibandingkan mereka yang jarang sekali memakan ikan.


Itulah beberapa manfaat ikan bagi kesehatan tubuhJadi, sudahkah kamu mengkonsumsi ikan hari ini? Yuk mulai rajin konsumsi ikan!

Artikel Selanjutnya

Foto Intan A. Oktavia

Intan A. Oktavia

Freedom like a bird. I'm not trying to be perfect, I'm just being me the best i can :) Path: Intan Arianti Oktavia

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani