Foto 4 Bahan Kimia Berbahaya yang Seringkali Terkandung Dalam Kosmetikmu

4 Bahan Kimia Berbahaya yang Seringkali Terkandung Dalam Kosmetikmu

Foto Amanda Torquise
Apakah kamu sudah 100% yakin bahwa produk kecantikan yang kamu gunakan itu aman? Jangan yakin dulu kalau kamu belum tahu 4 bahan kimia berbahaya ini!

Semua wanita pastinya ingin tampil cantik dan menarik. Untuk menunjang pemapilan, seringkali para wanita ditolong oleh berbagai produk kecantikan. Bagi mereka, produk kecantikan itu sudah seperti sahabat. Sehari saja tidak pakai lotion atau lip balm, pastinya kamu merasa seperti ada yang kurang. Produk kecantikan ini memang memiliki berbagai manfaat, mulai dari memutihkan kulit, menghaluskan wajah, memperlembut bibir sampai menebalkan rambut. Di pasaranpun sudah banyak kosmetik dengan kemasan menarik, harga terjangkau dan hasil yang menjanjikan. Tapi, apakah kamu sudah yakin bahwa produk-produk tersebut aman?

Menurut Bahdar Jogan, Deputi Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, 4324 kosmetik dinyatakan berbahaya pada tahun 2013. Dari 25170 sample, 0,6%nya mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Bahan berbahaya ini seringkali ditemukan pada krim penghilang flek atau pemutih wajah.

4 Bahan Kimia Berbahaya dalam Produk Kecantikan

 Ada 4 bahan kimia yang seringkali terkandung dalam produk kecantikan dan ternyata memiliki efek samping yang membahayakan diri. Apa sajakah itu? 

Merkuri 

Merkuri dapat ditemukan pada produk pemutih wajah. Kandungan ini memang bisa membuat kulit menjadi putih mulus dalam waktu cepat. Tapi, penggunaan merkuri dapat menyerang saraf, ginjal dan merusak hati.

Hidrokinom

Hidrokinom banyak dipakai di krim pemutih dan perawatan wajah lain karena efeknya yang dapat membuat kulit mulus dan cerah dalam sekejap. Tapi, kulit akan menghitam dan mengelupas perlahan, kemudian menyerang lapisan epidermis, Hirokinom juga bisa menjadi penyebab kanker.

Asam NItrinoat

Asam nitrinoat sering digunakan dalam krim atau obat anti jerawat serta anti aging. Saat digunakan, kulit akan memerah, terasa panas dan mengelupas. Hati-hati, asam nitrinoat juga merupakan salah satu penyebab kanker, ladies!

Rodhamin

Rodhamin sebenarnya adalah pewarna untuk tekstil, tetapi banyak dipakai sebagai bahan baku lipstik, blush on, dan pewarna rambut agar tahan lama.

Telitilah Sebelum Membeli!

Kata-kata ini memang sangat tepat sebelum membeli produk kecantikan. Lihatlah label dan bahan dasar produk, termasuk keamanan kemasan. Jangan hanya tergiur promo dan harganya yang murah. Jika kamu merasa bahwa produk tersebut aman dan telah membelinya, jangan langsung pakai produk tersebut dalam jumlah banyak. Oleskan sedikit produk tersebut ke belakang telinga dan tunggu selama -+8 jam untuk melihat reaksinya. Jika tidak terjadi apa-apa dengan kulit, dapat dikatakan bahwa produk tersebut aman dan tidak mengandung zat yang berbahaya untuk kulit. Apabila kulit terjadi pengelupasan, menjadi panas dan memerah, langsung hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.


Ladies, setelah mengetahui informasi di atas, diharpkan kalian dapat lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Ingat, jangan mudah tergiur dengan promo, harga murah dan hasil yang instan. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang membahayakan kesehatanmu. Jangan sampai kulitmu menjadi putih dan mulus, tapi kamu malah terkena kanker. Hiii... tidak mau begitu kan?

Artikel Selanjutnya

Foto Amanda Torquise

Amanda Torquise

have interest in Fashion and Beauty like make up

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini