Foto Kecap Manis Buatan Indonesia Ini Dilarang Beredar di Jepang!

Kecap Manis Buatan Indonesia Ini Dilarang Beredar di Jepang!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Tahukah ladies kalau ada kecap manis buatan Indonesia yang dilarang beredar di Jepang? Kira-kira apa penyebabnya, ya?

Apakah kamu termasuk penggemar kecap manis? Sepertinya kamu harus mulai memperhatikan kandungan yang ada didalamnya. 

Kecap manis memang menjadi salah satu bumbu pelengkap yang melezatkan aneka jenis masakan, terutama masakan Indone. Jadi, tidak mengherankan kalau beragam merek kecap manis laris manis di pasaran. Tapi tahukah kamu kalau ada kecap manis buatan Indonesia yang peredarannya dilarang di Jepang?

Alasan yang mendasari penarikan peredaran kecap manis asal Indonesia tersebut adalah karena kecap manis tersebut mengandung 0.02 gr / kg pemanis jenis sodium cyclamate yang dianggap dapat membawa efek buruk bagi kesehatan para konsumen.

Apa itu Sodium Cyclamate?

Sodium cyclamate atau sodium siklamat adalah zat sintetis yang sengaja dibuat untuk menggantikan fungsi pemanis dari gula alami. Zat Aditif ini pertama kali ditemukan oleh Michael Sveda dari University of Illinois. Hanya butuh sedikit sodium siklamat sebagai pemanis karena tingkat kemanisannya mencapai 30 hingga 50 kali rasa manis dari gula alami.

Karena tidak meninggalkan rasa getir dan relatif stabil bila dipanaskan pada suhu yang tinggi, sodium siklamat sering digunakan untuk membuat hidangan yang dipanggang seperti aneka jenis kue, cookies atau cake.

Sodium Cyclamate dan Risiko Penyakit Kanker

Berdasarkan penelitian yang melibatkan hewan pada tahun 1970, diperoleh hasil bahwa sodium siklamat berpotensi meningkatkan risiko tumor kandung kemih. Sedangkan studi lainnya juga menyatakan kalau bakteri di dalam usus bisa mengonversikan siklamat menjadi cyclo hexamine, yang dikenal sebagai karsinogen (senyawa pemicu kanker).

Upaya untuk Melindungi Kesehatan

Meski belum ada bukti valid terhadap risiko penggunaan sodium siklamat terhadap kesehatan manusia, sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China dan Indonesia sudah mulai membatasi penggunaan sodium siklamat sebagai bahan pemanis.

Tampaknya Jepang memiliki standar yang tinggi terkait dengan penggunaan sodium siklamat pada bahan makanan. Bahkan pemerintah Jepang juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah membeli produk kecap manis tersebut untuk kembali ke toko dan menukarkan uang mereka kembali.


Wah, semoga masalah mengenai penggunaan sodium siklamat dalam produk kecap manis Indonesia ini segera terselesaikan agar Indonesia tetap bisa melakukan ekspor bahan makanan ke Jepang dan negara lainnya ya, ladies!

BACA JUGA: Konsumsi Ayam Berbahaya? Masa? Baca Dulu Kenapa!

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini