Foto Tips Aman dan Nyaman Menyetir Mobil Bagi Ibu Hamil

Tips Aman dan Nyaman Menyetir Mobil Bagi Ibu Hamil

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Perhatikan tips-tips berikut ini untuk menjaga ibu hamil tetap aman saat menyetir mobil sendiri.

Sikapmu yang mandiri dan independen mungkin seringkali membuatmu tidak ingin bergantung pada pasanganmu. Tidak masalah kalau kamu sehat dan enjoy untuk melakukannya. Tapi akan lain kejadiannya kalau kamu sedang hamil. Kamu tentu membutuhkan perhatian ekstra dan harus menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan dengan baik.

Ketika kamu sedang hamil dan terpaksa harus menyetir mobil sendiri, naluri mandirimu pasti mendorongmu untuk menyetir mobilmu sendiri. Padahal ada banyak anggapan kalau wanita hamil sebaiknya tidak menyetir mobil sendiri, karena berbahaya. Nah apa benar menyetir dalam keadaan hamil tidak diperbolehkan? Ternyata menyetir mobil saat hamil ternyata aman kok, asalkan...

Kamu Memahami Kondisi Kehamilanmu

Kondisi kehamilan yang sehat tentu tidak jadi halangan bagimu untuk menyetir mobil sendiri. Kalau kehamilanmu kuat, tidak rentan pendarahan dan tidak membuatmu mudah pusing maka tidak ada salahnya kalau kamu memutuskan menyetir mobilmu sendiri.

Usia kehamilan yang baik untuk menyetir mobil adalah trimester kedua (usia kehamilan 4 hingga 6 bulan). Karena pada trimester pertama kondisi rahim masih rentan keguguran sedangkan trimester ketiga memiliki risiko yang cukup besar untuk kelahiran prematur. Sedangkan pada trimester kedua, ukuran dan kekuatan janin dianggap paling optimal dan aman bagi kegiatan ibu hamil yang cukup aktif.

Gunakan Kendaraan yang Nyaman

Pastikan kamu mengemudikan kendaraan yang nyaman saat hamil. Alangkah lebih baik kalau kamu menggunakan mobil matic supaya kamu tidak terlalu kelelahan karena harus mengatur keseimbangan anatara kopling dan rem.

Selain jenis kendaraan, kamu juga harus memastikan kalau posisi sabuk pengaman yang kamu gunakan sudah nyaman dan tidak menghimpit perutmu. Bagian bawah sabuk harus berada di bawah perut sedangkan bagian atas sabuk harus melewati bagian dadamu ya, ladies. Berikutnya, aturlah jarak jok mobil dengan kemudi supaya posisi kemudi tidak berbenturan dengan perutmu.

Jangan Lupa Gunakan Alas Kaki dan Pakaian yang Nyaman

Disamping memperhatikan kenyamanan mobil, kamu juga harus menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman lho, ladies. Alas kaki yang nyaman akan membuatmu mudah mengatur kendali mobil dan pakaian yang nyaman juga akan membuat pergerakanmu jadi lebih leluasa. Boleh saja tampil stylish saat hamil, namun kenyamanan dan kesehatan kamu dan bayimu tetap harus jadi prioritas, ya.

Persiapan menyetir mobil yang matang akan membuat kamu jadi lebih nyaman dan tetap sehat selama berkendara. Siapkan selalu air minum dan camilan di mobilmu supaya kamu tidak dehidrasi dan tidak kekurangan energi saat harus berkendara.

Selamat menyetir mobil sampai ke tempat tujuan, bumil!

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini