Foto Ciri Ikan Segar yang Layak Dimakan

Ciri Ikan Segar yang Layak Dimakan

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Ikan merupakan sumber gizi yang sangat baik bagi kesehatan. Tidak heran bangsa seperti bangsa Jepang pun banyak mengonsumsinya. Tapi, bagaimana mengetahui ciri ikan segar?

Ikan termasuk salah satu jenis makanan yang digemari orang. Selain kaya akan protein, ikan juga termasuk makanan yang mudah untuk diolah dengan beragam resep favorit yang bisa kamu buat.

Meskipun ikan memiliki bau yang amis, tetapi popularitas ikan hampir setara dengan daging. Dalam memasak, setiap menuyang berkaitan dengan ikan, dibutuhkan ikan yang segar dan layak untuk dimasak agar menghasilkan sebuah rasa masakan yang enak.

Namun, banyak diantara kita yang jarang memperhatikan kesegaran ikan karena umumnya kita lebih tertarik pada harganya yang murah dan bentuknya yang besar. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri ikan yang dijual apakah segar atau tidak.

Ikan yang segar bukan saja dapat memengaruhi rasa makanan, tetapi juga dapat menimbulkan gejala alergi seperti kulit memerah dan gatal-gatal.

Lantas, bagaimana cara memilih ikan yang segar dan layak untuk dimakan? Dibawah ini ada beberapa cara mengetahui ikan yang segar dan layak dimakan.

  • Lihat Insangnya

Insang adalah alat pernapasan pada ikan. Selain alat pernapasan, ikan juga menjadi salah satu hal yang menentukan apakah ikan yang dijual masih segar dan layak untuk dimakan atau tidak. Ketika memilih ikan, perhatikanlah tekstur insang apakah sedikit kenyal atau tidak. Selain itu, insang yang berwarna merah juga mencirikan bahwa ikan tersebut masih segar.

  • Lihat Kulitnya

Kulit ikan memiliki tekstur yang kasar dengan sisiknya yang bercorak tergantung dengan jenis ikannya. Apabila kamu sedang berencana membeli ikan, sebaiknya perhatikan pula kulit si ikan yang diperjualbelikan. Kulit ikan yang masih segar selalu mengkilap dan tidak pucat. Di samping itu, dagingnya juga elastis serta tidak berubah bentuk ketika disentuh.

  • Cium Aromanya

Ikan yang segar sangatlah mencolok baik dari segi tekstur dan juga kondisi fisiknya. Untuk mendapatkan ikan yang terbaik, jangan ragu untuk mencium aroma si ikan karena apabila segar, ikan yang dijual akan terasa amis. Beda halnya dengan ikan yang tidak segar. Umumnya ikan tidak segar memiliki aroma amis yang sedikit dan terasa asam. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mencium aroma ikan untuk mendapatkan ikan segar terbaik.

  • Lihat Matanya

Mata ikan juga menunjukkan hal yang serupa dalam menentukan tingkat kesegaran ikan itu sendiri. Layaknya kulit dan insangnya, mata ikan yang masih segar akan sangat terang dan tidak pucat, terlihat sangat jelas dan mengkilap. Untuk kamu yang ingin membeli ikan, hindari membeli ikan yang matanya sudah buram karena hal itu menunjukan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

 

 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini