Foto 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Membuatmu Panjang Umur

5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Membuatmu Panjang Umur

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kebiasaan makan adalah salah satu rahasia panjang umur bangsa-bangsa di dunia yang dikenal ber-umur panjang. Tertarik untuk mencobanya? Simak 5 kebiasaan makan yang bisa membuatmu panjang umur ini.

Ada beberapa daerah di dunia yang terkenal karena orang-orangnya yang memiliki umur panjang. Sebut saja orang Okinawa di Jepang, orang Nicoya di Costa Rica, dan orang Ikaria di Yunani. Mereka semua sudah terbukti memiliki umur kehidupan yang lebih lama dan lebih bahagia. Salah satunya adalah berkat kebiasaan makan mereka yang cukup unik dan sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Apa saja kebiasaan itu? Ini dia 5 Kebiasaan Makan Orang-orang Berumur Panjang:

King's food

Sarapanlah Seperti Seorang Raja

Ada pepatah lama yang mengatakan: “Makan pagilah seperti seorang raja; makan sianglah seperti seorang pangeran; makan malamlah seperti seorang pengemis.” Artinya, jadikanlah sarapanmu sebagai waktu makan paling besar di antara 2 waktu makan lainnya. Dan makanlah 3 kali saja dalam sehari.

Hal yang sama juga sudah dilakukan oleh orang-orang Nicoya di Costa Rica yang makan pagi sebanyak 2 porsi dan hanya makan makanan ringan pada malam hari. Sedangkan orang-orang Okinawa tidak pernah makan malam.

Sebuah studi yang dilakukan di Israel menunjukkan bahwa wanita yang diet dengan mengkonsumsi separuh dari total kalori mereka saat sarapan, sepertiganya saat makan siang, dan sepertujuhnya saat makan malam, bisa menurunkan berat badannya sebanyak 19 pounds dalam 12 minggu. Mereka juga dapat menurunkan insulin, triglyserida, dan hormon-hormon yang bisa memicu rasa lapar.

BACA JUGA: Pilihan Menu Sarapan yang Tepat Untuk Diet Sukses

Hara Hachi Bu

Hara Hachi Bu Sebelum Makan

Hara hachi bu berarti kamu akan berhenti makan jika nanti kamu sudah merasa 80% kenyang. Kebiasaan ini datang dari pepatah Konghucu, yang biasa mereka gumamkan sebelum mulai makan.

Seorang ahli diet bernama Leslie Lytle mengatakan jika orang Amerika mempraktekkan hara hachi bu ini, mereka bisa menurunkan berat badannya sebanyak 17 pounds dalam setahun. Ritual-ritual sebelum makan semacam ini, termasuk mengucap syukur dan berdoa, memberi kesempatan kepada kita untuk berhenti sejenak dan memperhatikan apa yang akan kita makan. Hampir semua bangsa-bangsa yang dikenal panjang umur selalu memulai ritual makan mereka dengan berdoa.

Fasting

Puasa

Puasa ternyata juga merupakan salah satu rahasia panjang umur. Kebiasaan ini bisa membantu fungsi pankreas, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta menjaga asupan kalori tidak berlebihan, yang pada akhirnya akan mencegah penuaan.

Kamu bisa melakukan puasa cepat, dengan menyediakan waktu 8 jam saja untuk makan. Tubuh kita memerlukan waktu 6 sampai dengan 12 jam untuk mencerna dan menyerap makanan. Lewat periode tersebut, tubuh akan memasuki periode puasa, yang berarti memerlukan cadangan energi dari tubuh. Inilah yang bisa membantu dalam penurunan berat badan.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaatnya Makan Kurma Saat Buka Puasa

Masak Sendiri

Hampir semua budaya yang orang-orangnya memiliki umur panjang, mereka jarang sekali makan di luar. Ketika kamu memasak sendiri, kamu bisa mengontrol bahan-bahan yang akan kamu pakai. Kamu juga tidak akan terlalu banyak makan karena menu makananmu yang terbatas jika memasak sendiri. Beda halnya ketika kamu makan di luar. Kamu akan ditawari banyak sekali menu makanan yang menggoda. Di samping itu, aktifitas memasak juga cukup menyehatkan dibandingkan dengan duduk menunggu di restoran. Sekali memasak, kamu bisa memotong setidaknya 100 sampai 300 kalori.

Sebagai contoh ekstrim, orang-orang Ikaria dari Yunani memerlukan waktu cukup lama untuk membuat roti. Mereka mulai membuat adonan di malam hari, sebelum keesokan harinya memotong kayu untuk menyalakan oven, dan memanggangnya. Proses itu baru selesai pada siang hari, sampai akhirnya mereka bisa menikmati roti yang lezat dan sehat tersebut.

BACA JUGA: Ini Dia Keuntungan Membawa Bekal yang Tidak Kamu Ketahui!

Family Dinner

Makan Bersama Teman Dan Keluarga

Dalam kebudayaan bangsa-bangsa berumur panjang, makan seringkali dijadikan momen untuk merayakan kebersamaan. Mereka makan dan minum sambil mengobrol, bercanda, dan mempererat ikatan satu sama lain. Mereka tidak pernah makan sendirian, makan sambil berdiri, atau makan sambil mengemudi.

Makan sambil mengemudi bisa memicu hormon stres, sehingga mengganggu fungsi pencernaan dan metabolisme. Makan dengan cepat juga bisa membuatmu makan terlalu banyak, dan berdasarkan studi, bisa meningkatkan resiko obesitas.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makan Hamburg Lezat di Ishigamaya Restaurant

Makan Hamburg Lezat di Ishigamaya Restaurant

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Emina Hadir Sebagai Sahabat Terbaik Untuk Kulitmu

Emina Hadir Sebagai Sahabat Terbaik Untuk Kulitmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Inovasi-inovasi baru Wardah serta Slogan barunya.

Inovasi-inovasi baru Wardah serta Slogan barunya.

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani