Foto 3 Makanan Asin yang Bisa Kamu Konsumsi Tanpa Perlu Khawatir

3 Makanan Asin yang Bisa Kamu Konsumsi Tanpa Perlu Khawatir

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Makanan asin katanya mempunyai pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh, tapi tidak semua makanan asin itu berbahaya, lho! Berikut ini adalah beberapa makanan asin yang sehat.

Ladies, seperti yang telah kamu ketahui, selain memberikan rasa gurih pada makanan, garam juga mempunyai pengaruh yang buruk bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan resistensi air, meningkatkan tekanan darah dan membuat ginjal bekerja lebih keras. Namun, walaupun begitu, sekali-kali kamu pasti memiliki keinginan untuk memakan camilan asin. Ketika keinginanmu tersebut menyerang, jangan terburu-buru untuk mengambil keripik kentang dan sejenisnya. Nah, di artikel ini akan diinformasikan tentang jenis-jenis makanan asin yang dapat kamu jadikan pilihan. Karena memang sebenarnya ada camilan-camilan asin yang tidak saja dapat memuaskan keinginanmu akan rasa asin yang lezat, namun juga menyehatkan untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan-makanan asin yang sehat dan bisa kamu konsumsi tanpa terlalu merasa khawatir:

Keju Cottage

Secara umum, tidak hanya tinggi akan kandungan natrium saja, keju juga merupakan sumber lemak jenuh dan kalori. Walaupun juga tinggi akan kandungan natrium, keju cottage ini dapat memberikan keuntungan lebih dari segi gizi. Dalam 2% lemak susu keju cottage diketahui mengandung kalsium, fosfor, kalium, asam folat, dan vitamin A. sedangkan keju lainnya secara umum hanya mengandung kalium dan asam folat yang sangat sedikit.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian diketahui mengandung lemak tidak jenuh yang menyehatkan, termasuk didalamnya adalah asam lemak omega-3. Selain itu, kedua makanan ini juga mengandung vitamin E, serat, dan l-arginin, yaitu zat yang membantu dalam pembekuan darah. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan selenium, sedangkan biji labu merupakan sumber kalium yang sangat baik. Untuk asam lemak omega-3, kamu dapat memperolehnya dari biji rami dan biji chia. Ketika hendak membeli kuaci, pastikan untuk memilih yang tidak terlalu asin. Dengan begini, kamu tetap dapat memuaskan hasrat akan rasa asin namun tidak khawatir mengonsumsi natrium berlebihan.

Popcorn

Untuk mendapatkan popcorn yang sehat adalah dengan tidak menggunakan mentega ketika membuatnya. Pilihlah jagung popcorn yang kering, bukan yang dalam kemasan dan telah dicampur mentega. Sedangkan untuk membuatnya, pilihlah untuk menggunakan oven ketimbang penggorengan. Dengan oven, kamu tidak perlu menambah minyak atau mentega. Kamu hanya perlu menambah sedikit garam atau keju parmesan untuk membuatnya terasa gurih dan memuaskan keinginan kamu akan rasa asin. Membuat popcorn seperti ini memberikan kamu pilihan camilan yang rendah kalori, tinggi serat, dan sumber energi yang baik.

Artikel Selanjutnya

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini