Foto Sinyal-sinyal Ini Adalah Pertanda Kamu Sedang Tidak Sehat

Sinyal-sinyal Ini Adalah Pertanda Kamu Sedang Tidak Sehat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Sadarkah kamu bahwa tubuh ini sebenarnya sangat canggih? Salah satunya adalah tubuh selalu mengirimkan sinyal-sinyal ketika ada bagian tertentu dari tubuh yang terganggu dan memerlukan bantuan.

Tahukah kamu, bahwa tubuhmu memiliki sistem yang berfungsi sebagai peringatan bagi pemiliknya, terutama jika ada kerusakan dan gangguan. Seperti apa sinyal-sinyal tersebut dan gangguan apa yang menyertainya? Yuk, baca selengkapnya mengenai beberapa sinyal yang diberikan tubuhmu tentang kondisi kesehatan tubuhmu! 

Kamu Sedang Dehidrasi

Bibir pecah

Sinyal yang sering muncul: Bibir pecah-pecah

Bibir merupakan cerminan kesehatan dan keadaan cairan di dalam tubuh. Jika cairan di dalam tubuhmu cukup, maka bibirmu akan tampak lembab. Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan kulit, yang merupakan bagian terluas dari tubuh, juga berkurang kelembabannya. Terlebih lagi bibir. Jaringan yang sangat lembut pada bibir cukup sensitif terhadap kekeringan.  

Sinyal lainnya: Sakit kepala, jarang buang air kecil, urine berwarna gelap atau berbau, kulit kering, turgor lambat (yang terjadi ketika kamu mencubit kulit di punggung tanganmu, dan bagian kulit tersebut tidak segera kembali seperti semula). Meskipun proses penuaan memperlambat turgor, namun dibutuhkan tidak lebih dari 2 detik bagi orang tua untuk kembali seperti semula.

Solusi: Minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Jika tidak mampu, coba minum teh herbal dan banyak makan buah serta sayuran yang mengandung banyak cairan. Selain itu, sangat berguna juga untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menahan cairan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan sarden.  

BACA JUGA: Teh Oolong: Minuman Kaya Manfaat​

Kurang Serat

Sembelit

Sinyal yang sering muncul: Sembelit

Sembelit jelas sekali merupakan sinyal kurang serat. Mark Hyman, MD, editor buku Alternative Therapies in Health and Medicine dan penulis buku The Ultra Simple Diet mengatakan bahwa nenek moyang kita dari jaman berburu-meramu dulu mengkonsumsi serat hingga 100 gram tiap harinya, dan mengeluarkan kotoran seberat 2 pounds.

Saat ini, rata-rata orang Amerika hanya memakan 8 gram serat per hari, dan berat kotoran yang dikeluarkan pun jauh lebih sedikit. Hal ini sangat merugikan karena racun dari kotoran yang masih tertahan di dalam perut akan kembali ke tubuh dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari masalah pencernaan, kulit, jantung, otak, hingga fungsi hormonal.

BACA JUGA: Sering Susah Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya!​

Sinyal lainnya: sering lapar, kehabisan energi, mengalami masalah pencernaan, kulit, dan inflamasi.

Solusi: Perbanyak makan kacang-kacangan, sayur, buah, dan biji-bijian, minimal 35 – 40 gram tiap hari. Ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, namun juga untuk mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung.

Kamu Kekurangan Vitamin B

Bibir pecah-pecah

Sinyal yang sering muncul: Pecah-pecah di sudut mulut

Kekurangan nutrisi dapat terlihat jelas sekali dari bagian-bagian tubuh yang sensitif, seperti lidah dan bibir. Kekurangan salah satu atau lebih vitamin B mudah sekali terjadi, terutama dengan terlalu banyaknya konsumsi makanan olahan, gula, dan alkohol.

Sinyal lainnya: anemia, kurang energi, kelelahan, masalah kulit, dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Solusi: Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B, seperti wheat germ, whole grain, kacang-kacangan, kuning telur, ubi jalar, salmom, daging merah, hati, dan daging unggas.  Suplemen vitamin B kompleks juga bisa membantu, terutama bagi vegetarian. Atau jika kamu kekurangan salah satu jenis vitamin B, dokter biasanya akan memberikan jenis suplemen yang lebih spesifik pula.

Terlalu Banyak Kafein

Kelelahan

Sinyal yang sering muncul: Kelelahan

Kafein bekerja dengan membuat sistem saraf pusat melepaskan hormon kortisol dan adrenalin. Hormon tersebut akan menyuruh tubuhmu untuk bekerja lebih cepat. Efek jangka pendeknya cukup baik, yaitu bisa meningkatkan fokus dan koordinasi. Namun jika berlebihan dan terus menerus, sistem saraf pusat bisa kehabisan energi. Tanpa diimbangi dengan cukup tidur, nutrisi, dan istitrahat, kamu seperti terus mencambuk kuda yang sudah kelelahan.

BACA JUGA: Mengkonsumsi Kopi Berbahaya Bagi Payudara! Apa Benar?​

Sinyal lainnya: gugup, insomnia, detak jantung tidak teratur, dan sering buang air kecil.

Solusi: Batasi konsumsi kafein hingga kurang dari 300 mg per hari. Pilih juga sumber kafein yang lebih sehat, seperti teh hijau dibandingkan minuman berenergi yang banyak mengandung bahan kimia. Biasanya orang juga sudah tahu berapa jumlah kafein yang bisa mereka konsumsi. Selain itu, untuk membantu kelenjar adrenalinmu, pastikan kamu cukup mengkonsumsi vitamin B (terutama B5), vitamin C, dan perbanyak makanan sehat yang bisa meningkatkan energimu.  

Asam Lambungmu Rendah

Gangguan Pencernaan

Sinyal yang sering muncul: Bersendawa dan gangguan pencernaan

Jika asam lambungmu rendah, maka tubuhmu tidak akan bisa mencerna makanan dengan efisien, terutama makanan padat seperti lemak dan protein. Ketika makanan berada di dalam perut, demikian pula udara yang juga ikut ditelan pada saat makan. Udara tersebut mempunyai 2 pilihan, yaitu turun ke bawah bersama makanan atau naik kembali ke atas dan keluar mulut.

Sinyal lainnya: Asam lambung naik, sistem imun lemah, kuku retak, infeksi kronis, dan gangguan gas.

Solusi: Luangkan waktu untuk menikmati makanan dan bau makanan sebelum memakannya. Ini memberi waktu bagi usus untuk bersiap-siap mencerna. Kunyah juga makananmu dengan baik, terutama protein dan lemak. Kamu juga bisa mencoba suplemen enzim pencernaan atau asam klorida yang sangat diperlukan dalam proses pencernaan.

BACA JUGA: Memijat Bagian Tubuh Ini Ternyata Bisa Membebaskan Kamu Dari Sembelit​

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani