Foto Panduan Memilih Menggunakan Maskara Bagi Pemula

Panduan Memilih Menggunakan Maskara Bagi Pemula

Masih bingung cara memilih maskara yang tepat untuk bulu matamu? Yuk simak artikel berikut ini!

Maskara memang salah satu produk kosmetik yang hampir tidak bisa ditinggalkan. Selain mempercantik mata, maskara juga berguna untuk membuat mata lebih hidup dan tegas, tapi memilih maskara yang tepat ternyata susah-susah gampang lho! Terutama jika kamu merupakan pemula dan belum pernah membeli maskara sebelumnya, pasti cukup bingung karena banyaknya pilihan maskara yang tersedia.

Pastikan sebelumnya kamu telah menentukan apakah kamu menginginkan maskara untuk memanjangkan, melentikkan, menebalkan bulu mata atau semuanya? Beranjak dari sana kamu akan lebih mudah menentukan maskara yang tepat! Berikut sedikit panduan dasar untuk memilih maskara dan juga cara penggunaannya yang mungkin berguna bagimu:

BACA JUGA: Rahasia Sikat Maskara Yang Perlu Kamu Ketahui

 

 

Tentukan kuas maskara yang sesuai

Sebelum kamu membeli maskara, ada baiknya kalau kamu sebelumnya menentukan dulu kuas maskara seperti apa yang kamu butuhkan. 

Jenis-jenis kuas mascara
Image source: www.thebeautysnoop.com
  • Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan bervolume, kuas maskara yang dapat dijadikan pilihan adalah yang tebal, penuh dan memiliki lebih banyak bristle. 
  • Untuk melentikkan bulu mata, kamu bisa mencari kuas maskara yang bentuknya agak melengkung. 
  • Untuk memanjangkan bulu mata, biasanya kuas maskara yang tepat adalah yang lurus dan hampir mirip seperti gigi-gigi sisir ketimbang bristle maskara pada umumnya. 
  • Untuk memenuhi dan mempertebal bagian samping bulu mata, kamu mungkin mau memilih kuas maskara dengan ujung bundar agar dapat mencapai daerah-daerah samping bulu mata dengan baik.
  • Untuk bulu mata yang tampil lentik natural, maskara dengan kuas tipis dan bergigi jarang dapat menjadi pilihanmu.

Intinya semakin banyak jarak antara bristle atau gigi-gigi maskara maka semakin baik pula kuas tersebut untuk memisahkan bulu mata satu sama lain. Kalau kamu ingin bulu mata yang tebal dan bervolume lebih baik pilih juga kuas maskara yang bristle nya tebal. 

Baca terus artikel ini untuk mengetahui formula maskara yang sesuai dengan kebutuhanmu!

BACA JUGA: 5 Tips Alami Merawat Bulu Mata Agar Tetap Kuat dan Lentik

Memili Mascara untuk Pemula

Tentukan formula maskara yang diinginkan

Tidak hanya kuas maskara yang menentukan hasil, tetapi formula yang terdapat di dalam maskara juga sangat berpengaruh. Lihat deskripsi pada produk maskara yang ingin kamu beli untuk menentukan formula yang tepat.

  • Kalau kamu menyukai bulu mata yang panjang maka carilah formula maskara yang memanjangkan. Maskara ini biasanya memiliki bahan dasar seperti serat yang dapat menempel pada bulu mata agar telihat lebih panjang. Biasanya formula maskara ini cukup ringan dan kamu dapat menggunakan beberapa lapis dari maskara ini tanpa menyebabkan gumpalan. Maskara tipe ini cocok sekali untuk kamu yang berbulu mata pendek.
  • Kalau kamu ingin hasil bulu mata yang tebal dan penuh, maka carilah formula yang sesuai. Biasanya maskara ini mengandung silicone polimers atau wax yang dapat membuat bulu mata terliat lebih penuh. Kamu dapat menggunakan beberapa lapis maskara dengan formula ini untuk hasil yang maksimal, tetapi jangan lupa untuk tekan perlahan dengan tisu setiap sebelum melapisi maskara agar tidak terlihat menggumpal.
  • Kalau bulu mata yang lentik adalah yang kamu incar, cari lah formula yang khusus melentikkan bulu mata. Biasanya formula maskara ini mengandung polymer dan juga resin agar dapat menangkat dan menahan bulu mata lentikmu. 
  • Bagi kamu yang menginginkan maskara yang tahan lama walaupun terkena air sekalipun, pastikan kamu memilih maskara yang menyatakan memiliki formula waterproof. Bagi kamu yang lebih menyukai maskara yang mudah dibersihkan, pilihlah maskara dengan formula non-waterproof.

Pilihlah formulanya sesuai dengan kebutuhan bulu matamu. Bagi kamu yang merasa memerlukan lebih dari satu formula, maka kamu dapat menelusuri lagi deskripsi maskara yang ada karena banyak juga maskara yang menyajikan formula all in one

Untuk mempelajari cara menggunakan maskara dengan benar, klik tombol 'NEXT' di bawah ya!

Menggunakan Mascara dengan benar

Gunakan Maskara dengan Benar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu juga harus dapat menggunakan maskara yang sudah kamu pilih dengan benar. Berikut beberapa tips penggunaan maskara yang bisa kamu coba:

  • Untuk maskara dengan efek memanjangkan bulu mata, kamu dapat melapisi maskara tersebut secara berulang-ulang karena biasanya formula nya tidak akan menggumpal.
  • Untuk maskara yang menebalkan, pemakaiannya harus lebih hati-hati dan jangan sekaligus melapisi maskara secara berulang-ulang karena dapat menggumpal dan membuat bulu mata terkesan jelek. Oleh karena itu gunakan tisu untuk mengangkat sisa maskara selang melapisi maskara pada bulu mata.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lentik, pastikan kamu menggunakan maskara dari ujung akar bulu mata secara zig-zag dan tarik ke arah ujung bulu mata.
  • Agar maskara dapat bertahan lama tetapi tetap mudah dibersihkan, maka gabungkan penggunaan dua formula maskara! Pertama gunakan maskara yang non-waterproof atau regular, lalu setelahnya gunakan maskara yang waterproof.
  • Gunakan kuas maskara secara horizontal untuk hasil yang lebih tebal dan secara vertikal untuk hasil yang lebih natural.

BACA JUGA: Buat Sendiri Maskaramu!

Bagaimana, ladies? Sudah tau maskara apa yang kamu butuhkan sekarang? Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu ya agar hasil yang didapat juga maksimal. Sedikit tambahan, lebih baik kamu tidak menggunakan maskara secara bergantian dengan orang lain. Bakteri dapat menempel pada kuas maskara dan saat kamu mengembalikan kuasnya ke dalam botol maskara maka bakteri ini tentunya juga akan menyebar di dalamnya. Jadi ada baiknya kalau kamu menyimpan maskaramu khusus untuk dirimu sendiri, Safety first!

Artikel Selanjutnya

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Tampil Cantik dan Fresh  bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Tampil Cantik dan Fresh bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk  Wisuda

Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk Wisuda

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani