Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Mengapa Aku Tidak Bisa Gemuk? (1)

Memiliki tubuh yang kurus memang idaman semua orang, tapi tidak jika terlalu kurus. Jika kamu termasuk yang bertubuh kurus, dan tidak gemuk juga walau sudah makan banyak, temukan jawabannya disini

Yenni Octavia

“Mengapa aku tidak bisa gemuk?”

Mungkin kamu yang kurus seringkali bertanya mengenai hal ini setelah mencoba berbagai cara agar menjadi gemuk. Ada 7 penyebab utama mengapa seseorang tidak bisa menambah berat badan secara signifikan. Kali ini kita akan bahas empat di antaranya. Yuk disimak!

Faktor Genetika

Faktor genetika atau mungkin yang lebih familiar kita sebut dengan faktor keturunan adalah penentu mengapa kamu tidak bisa menjadi lebih gemuk. Setiap orang di dunia ini terlahir dari gen yang diturunkan oleh orang tua. Gen juga menentukan sifat-sifat yang diturunkan oleh orang tua, termasuk kondisi kesehatan dan postur tubuh. Kurus juga bisa dari genetik yang diturunkan kedua orang tua. Kalau keduanya tidak ada yang kurus, kamu bisa tanyakan apa ada nenek-kakek yang kurus. Karena kemungkinan yang sampai ke kamu adalah akumulasi dari genetik kakek-nenek yang resesif di orang tua kamu tapi jadi dominan di DNA-mu.

Terlalu Banyak Pikiran (Stres)

Manusia biasa mengolah lebih dari 100 pemikiran setiap harinya baik yang tidak penting, biasa saja, sampai yang penting sekali seperti perkara hidup dan mati. Namun kebanyakan berpikir dalam waktu singkat akan mengakibatkan stres yang kemudian akan mempengaruhi keadaan tubuh. Kenapa? Karena berpikir membutuhkan tenaga, apabila kita terus-terusan berpikir dan tidak diimbangi makan dan istirahat yang seimbang, maka akan terjadi perombakan lemak dan protein ditubuh. Inilah yang menyebabkan otot kamu mengecil, juga mengakibatkan kamu menjadi kurus.

Kurang Asupan Gizi

Kamu pasti tahu mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna bukan? Jargon itu bukanlah suatu omong kosong. Melainkan sebuah hal yang nyata bahwa manusia membutuhkan gizi paling tidak sampai makan 4 sehat untuk dipenuhi. Apabila kamu pola makannya tidak teratur dan jarang mengonsumsi makanan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna seperti telur, sayur dan susu, maka badanmu akan menjadi kurus karena kurangnya asupan gizi.

Kurang Mengonsumsi Air Mineral

Dua per tiga tubuh kita berisi air. Jadi air adalah faktor yang termasuk penting dalam hidup manusia. Apa kamu jarang minum? Kurang minum dapat mengakibatkan pencernaanmu mengalami gangguan. Minumlah sekitar 6-8 gelas sehari untuk memenuhi asupan air dalam tubuh. Itu tidak termasuk air berwarna yang kita konsumsi seperti kopi atau teh. Dan tahukah kamu, setiap mengonsumsi 1 gelas kopi, kamu kehilangan 5 gelas air mineral yang telah kamu minum.

Barusan telah dibahas 4 dari tujuh penyebab utama mengapa seseorang susah menambah berat secara signifikan. Nah dengan begini kamu jadi bisa tahu, apa yang bisa kamu lakukan agar beratmu dapat sedikit bertambah. Merasa tidak menemukan penyebabmu tidak bisa bertambah berat badan? Coba cek disini!

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait