Foto Waspada Kuku Hitam Dan Bergaris! Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Waspada Kuku Hitam Dan Bergaris! Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Apa yang dikatakan kukumu tentang kesehatanmu? Kuku ternyata bisa menjadi indikasi penyakit-penyakit yang lebih serius. Hapus cat kukumu, dan periksa jika ada gejala-gejala seperti yang berikut ini.

Tahukah kamu bahwa kondisi kesehatan seseorang dapat diketahui melalui kukunya? Kuku yang sehat biasanya memiliki permukaan yang halus, tidak ada garis atau lubang serta berwarna cerah. Kuku bisa mengalami kerusakan karena berbagai macam faktor, misalnya saja karena pemakaian cat kuku.

BACA JUGA: STOP Gigit Kuku!

Namun yang harus diwaspadai adalah kerusakan tersebut bisa jadi merupakan gejala penyakit-penyakit serius yang harus segera ditangani. Yuk cari tahu kondisi kesehatan-mu melalui kukumu! Berikut ini adalah kerusakan-kerusakan pada kuku yang juga menunjukkan gejala penyakit yang mengikutinya:

Kuku Pucat

Jika kukumu terlihat pucat, mungkin kamu terkena anemia atau gangguan darah lainnya yang ditandai dengan berkurangnya sel darah merah. Shilpi Agarwal, M.D., seorang dokter ahli pengobatan holistik di Los Angeles mengatakan bahwa anemia yang disebabkan oleh rendahnya zat besi, bisa membuat darah kekurangan oksigen.

Hal ini mengakibatkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan yang berada di bawah kuku. Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti sayuran hijau dan daging merah.

Garis Hitam Pada Kuku

Hati-hati jika ada garis hitam pada kukumu! Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit melanoma atau salah satu jenis kanker kulit yang membahayakan. Oleh sebab itulah Dr. Agarwal memperingatkan siapa saja yang melihat garis vertikal berwarna hitam atau coklat tua pada kuku sebaiknya waspada, karena penyakit melanoma harus dideteksi dan diobati sedini mungkin.

Kalau kamu termasuk yang suka mencat kuku, hal tersebut cukup  bermanfaat untuk melindungi kuku dan bagian di bawahnya dari radiasi sinar matahari yang bisa memicu kanker kulit. Namun, periksa kukumu secara periodik dengan menghapus catnya dan lakukan pemeriksaan kondisi kuku dalam keadaan polos tanpa cat.  

BACA JUGA: 3 Cara Cepat Membersihkan Kuku Dari Cat Kuku Berglitter

Kuku Berlubang-lubang

Kuku yang bertekstur seperti jalanan berlubang sering dihubungkan dengan penyakit psoriasis, yaitu gangguan inflamasi atau peradangan yang menyebabkan seluruh tubuh bersisik dan keluar bercak-bercak merah.

Psoriaris

Lubang-lubang pada kuku ini berasal dari kelompok sel yang tumbuh akibat penyakit tersebut. Sel-sel itu terakumulasi dan membuat kuku tidak dapat tumbuh dengan normal. Penyakit ini bisa diobati dengan pengobatan luar, oral, suntik, serta terapi ringan.

Kuku Kuning Atau Tebal

Kuku kuning dan tebal tentunya akan terlihat tidak cantik dan hal tersebut ternyata juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada kuku. Dr. Agarwal menjelaskan penyebab kuku kuning dan tebal adalah infeksi jamur yang telah menyebar ke seluruh bagian kuku. Pengobatan luar saja biasanya tidak cukup karena jamur sudah menginfeksi hingga bagian dalam dan bawah kuku. Pada taraf ini dokter akan memberikan resep obat-obatan oral yang mampu menjangkau seluruh bagian kuku yang terinfeksi.

BACA JUGA: Kuku Kamu Rapuh dan Berwarna Kuning? Rawat Dengan 3 Bahan Alami Ini!

Garis Putih Pada Kuku

Garis putih horisontal yang muncul pada kuku disebut juga dengan garis Muehrcke. Garis ini biasanya terdapat pada lebih dari 1 kuku. Garis ini bisa menjadi indikasi adanya gangguan ginjal, hati, serta kekurangan protein atau nutrisi lainnya, yang bisa mengganggu suplai darah ke kuku. Tambah asupan proteinmu dengan konsumsi daging dan produk susu rendah lemak agar lebih sehat.

Tak perlu khawatir jika garis putih pada kukumu pendek, karena itu mungkin hanya trauma yang terjadi pada bagian dalam kuku. Garis itu akan hilang dalam hitungan minggu hingga bulan.

Kuku Rapuh, Tipis, Atau Mencuat

Kuku yang rapuh bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Menurut penjelasan Dr. Agarwal, kelenjar tiroid bertugas mengatur metabolisme, energi, dan pertumbuhan. Kekurangan hormon tiroid dapat berakibat pada kerontokan rambut, kuku yang rapuh, tipis, serta terhambat pertumbuhannya.

Sebaliknya, kuku yang mencuat diduga disebabkan oleh meningkatnya hormon tiroid. Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan tes darah dan segera mendapatkan penanganan jika diperlukan.   

Kuku Berwarna Biru

Seperti halnya muka yang biru dan pucat, kuku yang berwarna biru juga menunjukkan kurangnya oksigen yang mengalir ke ujung jarimu. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada pernapasan atau pembuluh darah, atau disebut juga dengan penyakit Raynaud. Penyakit ini cukup langka dan menyebabkan lambatnya sirkulasi darah seseorang, terutama pada saat udara dingin. Jika kukumu sering berwarna biru, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.


Ingat ladies, jangan merasa sayang untuk menghapus cat kukumu sementara waktu agar kamu bisa memeriksanya, sehingga dapat mendeteksi adanya gangguan-gangguan kesehatan sedini mungkin. Selain tamoil cantik, kuku kamu juga berhak 'bernafas' lega tanpa penghalang cat kuku. 

BACA JUGA: Ternyata Suka Gonta Ganti Cat Kuku Bisa Sebabkan Masalah Ini

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini