Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kebiasaan yang Merusak Kulit Cantikmu

Terkena paparan sinar matahari, polusi, serta kondisi cuaca memang bisa mempengaruhi kesehatan kulit, tapi ternyata kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan juga bisa menjadi penyebab rusaknya kulitmu

Yenni Octavia

Semua wanita tentunya mendambakan kulit cantik dan sehat, hingga melakukan berbagai macam cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, polusi, dan cuaca. Tapi sadarkah kamu, bahwa aktivitasmu juga bisa menjadi penyebab rusaknya kulitmu? Mungkin kamu bisa menghidari kebiasaan berikut untuk menjaga kulitmu:

Hindari Mencuci Muka di Pagi Hari

Perhatikan ya ladies, jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering, hindarilah mencuci muka di pagi hari dengan scrubatau pembersih karena ini akan memperburuk keadaan kulitmu. Kamu cukup membasuh wajahmu dengan air di pagi hari, dan sebagai gantinya cucilah muka dengan pembersih pada malam hari.

Jauhkan Kulitmu dari Temperatur Panas

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung tidak bisa terkena temperatur panas, sebaiknya kamu tidak melakukan aktivitas seperti sauna. Aktivitas tersebut bisa memicu hiperpigmentasi, atau gangguan pigmentasi kulit dimana warna kulit akan berubah menjadi lebih gelap terutama di daerah seperti wajah yang sudah dengan mudah terkena matahari.

Ganti Sarung Bantalmu

Jika kamu sudah menggunakan berbagai macam produk kecantikan dengan baik namun jerawat masih saja bermunculan, mungkin sarung bantal kamu adalah salah satu penyebabnya. Tahukah kamu bahwa pada sarung bantal terdapat banyak kuman dan bakteri yang berasal dari sisa – sisa kotoran wajah dan debu. Jadi, sebaiknya kamu mengganti sarung bantalmu setidaknya 2 kali dalam 1 minggu. Ayoo! Jangan malas yah!

Jangan Menunda Tidurmu

Kamu suka begadang? Hmm, sebaiknya kamu mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Kurangnya jam tidur bisa mengurangi produksi kolagen dan menghambat perbaikan kulitmu. Kulitmu akan terlihat kusam, kering, dan berkeriput. Mungkin kamu bisa memilih mandi dengan air panas sebelum tidur. Hormon melatonin yang dilepaskan saat mandi, akan membuatmu lebih cepat mengantuk.

Hati – hatilah dengan Pil KB

Kamu suka mengkonsumsi pil KB? Hati – hati ya, percaya atau tidak, tapi konsumsi pil KB bisa mengganggu kesehatan kulitmu. Hormon yang terdapat dalam pil KB akan membuat sel – sel pigmen menjadi lebih sensitif terhadap matahari, sehingga kulitmu akan menjadi lebih cepat terbakar dan rapuh. Kamu bisa menggunakan tabir surya untuk meminimalisasi kerusakan kulitmu.

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait