Foto Jangan Percaya Lagi 7 Mitos Mengenai Bra Ini

Jangan Percaya Lagi 7 Mitos Mengenai Bra Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
7 mitos mengenai bra ini pastinya sudah pernah kamu dengar. Namun, mulai sekarang jangan percaya lagi karena mitos-mitos itu ternyata belum sepenuhnya benar.

Cukup banyak mitos-mitos seputar bra yang saat ini sudah menjadi kepercayaan kebanyakan wanita. Untuk itu, Jene Luciani, seorang penulis buku dan spesialis bra yang juga menulis buku The Bra Book, memberikan penjelasan yang lebih tepat mengenai mitos-mitos tersebut.

Stop percayai lagi 7 mitos mengenai bra berikut ini:

Tidur Memakai Bra Membuat Payudara Kencang

Sleeping with Bra

Pendapat wanita mengenai pemakaian bra saat tidur terbagi menjadi 2, yaitu mereka yang tetap mengenakan bra saat tidur dengan tujuan agar payudaranya kencang, dan mereka yang memilih untuk melepas bra saat tidur dengan alasan kesehatan.

Sayangnya, kedua pendapat ini sebenarnya masih kurang tepat. Memakai bra setiap saat memang bisa membantu, khususnya ketika kamu berolahraga atau melakukan aktifitas yang membuat payudaramu bergerak naik turun, tapi tidak lebih dari itu. Penggunaan Bra saja ternyata tidak akan bisa menghindarkanmu dari payudara yang semakin mengendur.

Yuk, klik tombol NEXT dibawah untuk 6 mitos lainnya!

Breast Cancer

Bra Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Mitos ini sudah umum dipercayai oleh sebagian besar wanita selama puluhan tahun. Semuanya berawal dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1991. Studi itu menunjukkan bahwa wanita yang tidak memakai bra memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak memakai bra. Para ilmuwan tersebut sebenarnya lebih mengacu kepada penggunaan bra, dan bukan bra itu sendiri. Namun demikian, studi tersebut tetap saja membuat banyak wanita khawatir.  

Luciani menjelaskan bahwa para ilmuwan itu beranggapan bahwa kawat bra yang terlalu ketat akan menekan kelenjar susu dan menyebabkan racun terperangkap di dalamnya. Akan tetapi, sebenarnya belum ada bukti-bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut.

BACA JUGA: Menggunakan Bra Terlalu Lama Meningkatkan Resiko Kanker Payudara, Benarkah?

Bra

Semua Bra Memiliki Standar Ukuran Yang Sama

Seperti halnya gaun berukuran M yang tidak selalu sama antara satu retailer dengan retailer lainnya, demikian juga dengan bra. Luciani mengatakan, “Sayangnya, sama sekali tidak ada konsistensi.” Setiap brand memiliki standar sendiri. Ditambah lagi, dalam satu brand yang sama pun, ukuran bra-mu bisa berbeda karena model yang berbeda pula.

Agar bra yang kamu beli benar-benar pas, sebaiknya coba terlebih dahulu sebelum meninggalkan toko dan sebaiknya kamu tidak hanya mencoba satu bra saja, namun beberapa model sekaligus.   

Choosing Bra

Huruf Pada Ukuran Bra Menunjukkan Ukuran Cup

Jika kamu pernah mendengar mengenai “sister size” pada ukuran bra, itu karena bra dengan model yang berbeda mungkin saja memiliki volume cup yang sama. Menurut Luciani, huruf pada ukuran bra tersebut memang berhubungan dengan ukuran cup. Namun untuk menentukan ukuran yang tepat bagi payudaramu, diperlukan perhitungan di antara kedua ukuran bra tersebut. Hal yang paling tepat yang bisa kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan spesialis bra-mu.    

Rata-rata Ukuran Bra Adalah B

Banyak yang menganggap bahwa ukuran bra rata-rata adalah B. Padahal, Luciani mengungkapkan bahwa sebenarnya ukurannya lebih besar, yaitu sekitar ukuran C. Seringkali wanita memilih bra dengan ukuran yang salah. Mereka cenderung sekedar membeli apa yang tersedia di toko, dan tidak membeli bra dengan ukuran yang tepat.

Selain itu, produsen bra tahu benar ukuran apa yang lebih laku, sehingga ukuran tersebut menjadi ‘ukuran rata-rata’.  

BACA JUGA: Menentukan Ukuran Bra Dengan Dua Langkah Mudah!

Washing Bra

Mencuci Bra Cukup Dilakukan Sekali Dalam Seminggu

Luciani menjelaskan bahwa kotoran dan minyak pada kulit bisa merusak elastisitas bra, sehingga bra perlu dicuci sesering mungkin. Selain itu, mencuci bra lebih sering tentunya juga akan menjaga kulit tetap higienis. Tidak ada salahnya menambah koleksi bra-mu agar kamu tidak kehabisan bra ketika dicuci.

Bra Boleh Dicuci Menggunakan Mesin Cuci

Bra memang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, namun cara ini sebenarnya cara terakhir yang direkomendasikan karena bisa merusak bra. Mesin cuci akan menghancurkan cup bra dan membuat tali bra kendur. Jika kamu menggunakan air panas, hal itu juga dapat merusak elastisitas bra.

Lebih dianjurkan untuk mencuci bra secara manual menggunakan tangan. Namun jika kamu terpaksa harus mencuci bra dengan mesin cuci, pakai air dingin dan deterjen yang lembut, serta masukkan bra ke dalam kantung jaring.


So ladies, pilih bra yang benar-benar pas untuk ukuranmu serta rawat dan bersihkan bra-mu dengan cara yang lebih tepat.

BACA JUGA: 12 Masalah Ini Hanya Dimengerti Oleh Wanita Yang Memiliki Payudara Besar

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani