Foto Mana yang Paling Baik: Mencuci Wajah Dengan Air Dingin atau Air Panas?

Mana yang Paling Baik: Mencuci Wajah Dengan Air Dingin atau Air Panas?

Foto Kasih Elia LG
Pernahkah kamu mendengar argumen mengenai baiknya membersihkan wajah dengan air panas atau air dingin? Mana yang paling baik menurutmu?

Di dunia perawatan wajah, air dingin dan air panas sama-sama terkenal. Air dingin dikenal dengan khasiatnya yang dapat menutup atau merapatkan pori-pori kulit dan mengencangkan wajah sehingga berdampak pada melambatnya penuaan dan mencegah munculnya keriput. 

BACA JUGA: Es Batu Treatment Murah Penghilang Bulu!

Sementara, air panas dikenal dengan khasiatnya yang dapat membuka pori-pori kulit wajah. Dengan begitu, busa pembersih yang kita usapkan dapat masuk lebih dalam dan membersihkan kotoran-kotoran yang masuk ke dalam pori-pori yang seringkali menjadi penyebab jerawat.

Pernah mendengar hal yang seperti itu bukan? Pasti pernah. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ditemukan kenyataan bahwa pengetahuan-pengetahuan tersebut diambil tanpa memiliki latar belakang dan basis ilmu pengetahuan yang kuat. Tidak ada bukti ilmiah yang benar-benar dapat membuktikan kebenaran hal-hal ini kepada kita.

Kenyataannya, membersihkan wajah dengan menggunakan air panas malah lebih bisa merugikan wajah kita lebih dari yang kita kira.

Sejauh ini, tidak ada kerugian yang bisa ditimbulkan oleh air dingin ketika digunakan untuk membersihkan muka, tapi ketika air yang digunakan terlalu dingin, ini akan membuat kulit kita menjadi terganggu dan tidak nyaman dengan rendahnya temperatur air.

Menurut Dr. Jeffrey Dover, seorang dermatologis asal Boston, yang kita perlukan adalah suhu yang tepat untuk kita sendiri. Suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Air hangat membersihkan lebih baik daripada air panas maupun dingin, ujarnya.

Benar sekali. Ketika membersihkan dengan air panas, kulit dapat terkena iritasi akibat terlalu panas. Air yang terlalu panas juga, dapat menyapu minyak yang terdapat di wajah kita, bahkan hingga minyak alami yang sebenarnya diperlukan oleh kulit wajah kita. Dan itu dapat menyebabkan kulit kita menjadi super kering.

Kesimpulan: Jangan membersihkan wajah menggunakan air yang terlalu panas. Gunakan air dengan suhu terbaik yang pas di kulitmu. Jangan terlalu dingin juga. Kalau kamu menyukai sensasi segar yang diberikan air dingin, kamu bisa mencuci wajahmu dengan air hangat dahulu, baru ditutup dengan sedikit siraman air dingin.

BACA JUGA: Salah Mandi Bisa Bikin Sakit Lho! Makanya Coba Cara Mandi yang Sehat Ini!

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini