Foto Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Ketika Hendak Membersihkan Wajah.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Ketika Hendak Membersihkan Wajah.

Foto Kasih Elia LG
Ternyata membersihkan wajah pun tidak bisa sembarangan lho!

Membersihkan wajah adalah ritual yang rutin dilakukan oleh kita yang memperhatikan kesehatan kulit wajah dan penampilan kita. Apa jadinya kalau kita tidak membersihkan wajah dengan baik? Jerawat, kulit iritasi, minyak berlebih dan masih banyak lagi gangguan-gangguan kulit lainnya bisa kita alami, akibat tidak membersihkan wajah dengan baik.

Sebagian dari kita bahkan, mungkin telah memiliki gangguan wajah. Beberapa dari kita mungkin memiliki kulit yang kasar, komedo menumpuk, minyak berlebih, atau ada juga dari kita yang jerawatnya sedang parah-parahnya.

BACA JUGA: Sebelum Membasmi Komedo, Pelajari Dulu Apa Sih Komedo dan Penyebabnya?

Tapi berapa sih dari kita yang sadar, kalau membersihkan wajah adalah langkah awal untuk mengatasi itu semua? Tentu saja membersihkan wajah pun, tidak bisa sembarangan. Karena itulah, kita butuh tahu, apa sajakah yang perlu diperhatikan perihal membersihkan wajah.

Persiapan Membersihkan Wajah

Sebelum membersihkan wajah, pastikan tidak ada rambut-rambut halus yang jatuh ke wajahmu. Sangga rambutmu dengan menggunakan headband atau bando. Kalau bisa, jangan meninggalkan sehelai rambutpun jatuh ke wajahmu agar proses membersihkan wajahmu jadi lebih nyaman.

Lalu, jangan lupa membersihkan tanganmu sebelum membersihkan wajah dengannya. Ini sangat penting. Tangan kita membawa kuman, kotoran, debu dan bakteri tanpa kita sadari karena hampir semua benda yang kita pegang itu mengandung kuman dan kotoran mikro meski terlihat begitu bersih. Kamu tidak mau kan semua kotoran itu berpindah ke wajahmu?

Lalu, kebanyakan orang hanya perlu membersihkan wajah dua kali sehari. Tapi kalau wajahmu super berminyak, kamu perlu membersihkan wajahmu lagi di siang hari agar wajahmu terbebas dari minyak berlebih. Mungkin ini merepotkan kalau kamu menggunakan make-up, tapi percayalah. Itu lebih baik daripada kulitmu yang ekstra berminyak itu harus tertutup make-up lebih dari 8 jam setiap hari.

Selain itu, tahan keinginanmu untuk membersihkan wajah dari keringat di tempat dengan menggosokkan tisu atau handuk ke wajahmu dengan kasar. Cukup tepuk-tepuk wajah dengan tisu yang lembut. Hindari gerakan menyeret tisu ke seluruh permukaan wajah.

Yang Digunakan Untuk Membersihkan Wajah

Ketika membersihkan wajah, selain tangan, instrumen yang kamu gunakan juga penting. Yang dimaksudkan dengan instrumen adalah air, sabun wajah, dan pengering wajah.

Air yang kamu gunakan harus tepat. Tepat dalam hal ini, adalah temperaturnya. Air yang digunakan untuk membersihkan wajah tidak boleh terlalu dingin mampun terlalu panas. Gunakan air yang temperaturnya suam-suam kuku. Tentu saja, suam-suam kuku atau hangatnya orang berbeda-beda. Ini kembali pada kenyamanan kulit wajahmu menerima air hangat yang seperti apa.

Nah, untuk sabun wajah, pastikan kamu membeli sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kulitmu berminyak sekali, carilah pembersih wajah yang cukup kuat untuk membersihkan minyak yang berlebih tapi tidak terlalu keras agar tidak ikut membersihkan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Setelah mencuci muka, kamu harus mengeringkan wajahmu, meski tidak perlu hingga terlalu kering. Untuk itu kamu perlu handuk berbahan halus atau tisu wajah untuk menepuk-nepuk ringan wajahmu dan menyerap butiran air yang ada di sana. Jangan gunakan handuk yang kasar dan jangan menggosokkannya untuk mengeringkan wajahmu.

Nah, kalau kamu sudah membersihkan wajahmu seperti ini, maka kamu tidak perlu takut lagi terhadap gangguan kulit di wajah. Kalau kamu terkena gangguan kulit di wajah, yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Apa kamu menggunakan sabun pembersih yang salah, atau kamu menggunakan kain pengerin yang terlalu kasar, atau kamu lupa mencuci tanganmu sebelum membersihkan wajah. Kalau kamu merasa semuanya sudah benar, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk segera pergi ke dermatologis untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan ditunda-tunda, sebelum menjadi parah ya!

BACA JUGA: Mana yang Paling Baik: Mencuci Wajah Dengan Air Dingin atau Air Panas?

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini