Foto Mengapa Ukuran Payudara Tidak Sama?

Mengapa Ukuran Payudara Tidak Sama?

Foto Yenni Octavia
Sebagai wanita, mungkin kamu pernah mengagumi tubuhmu sendiri di depan kaca, tapi tiba-tiba kamu merasa ukuran payudaramu ternyata tidak sama! Bagaimana itu bisa terjadi?

Pernahkah kamu berkaca dan menyadari kalau payudaramu besar sebelah? Apa yang kamu lakukan ketika menyadari itu? Langsung panik dan berpikiran yang tidak-tidak? Jangan khawatir. Payudara kanan berbeda dengan payudara kiri adalah hal yang lumrah ditemukan dalam sejumlah besar wanita. Bahkan pernah ada survei di Inggris yang mengatakan bahwa ada 99 persen wanita yang besar payudara tidak sama.

Perbedaan ukuran yang cukup jauh seringkali membuat orang lain jadi menyadari perbedaan tersebut. Karena seringkali saat sudah berpakaian lengkap pun, perbedaannya masih jelas terlihat. Kemudian, untuk kamu yang payudaranya besar, ukuran yang berbeda ini bisa menyebabkan satu payudara lebih berat daripada yang lain. Adapula letak payudara lebih tinggi daripada yang lain dan sebagainya.

Menurut penulis buku Women’s Bodies, Women’s Wisdom Christiane Northrup, pada kenyataannya, tidak ada ukuran atau bentuk payudara yang sama persis antara kiri dan kanan. Namun tidak banyak memang yang perbedaannya terlihat secara kontras.

Faktor Penyebab Perbedaan Ukuran Payudara

Perbedaan ini terjadi melalui banyak faktor. Faktor genetik adalah yang paling besar mempengaruhi hal ini. Selain faktor genetik, juga ada faktor masa kehamilan dan menopause yang bisa menjadi penyebab ukuran dan bentuk payudara berbeda.

Yang paling menarik adalah, faktor hormonal, bisa menyebabkan ukuran payudara yang semula sama menjadi berbeda.

Mana yang Lebih Besar?

Menurut penelitian, payudara sebelah kiri ditemukan lebih sering berukuran lebih besar. Dugaan para ahli ini dikarenakan payudara kiri terletak di dekat jantung, di mana terdapat lebih banyak pembuluh darah, urat nadi, dan lapisan lemak yang melindungi jantung.

 

BACA JUGA: Mitos Payudara Yang Perlu Kamu Ketahui Kebenarannya

Di saat yang bersamaan, payudara kanan biasanya memiliki otot yang kuat karena berada di sisi tangan yang sering kamu gunakan untuk menulis.

Solusi Payudara Tidak Sama?

Sebenarnya tidak ada solusi alami untuk menyelesaikan masalah berbedanya ukuran payudara seseorang. Hal yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisasi penampakan dari perbedaan tersebut. Yaitu, dengan membeli bra dengan ukuran cup sesuai payudara yang lebih besar.

Agar lebih seimbang, akan lebih baik bila kamu menaruhkan bantalan pada cup yang satunya agar terlihat lebih seimbang. Alternatif lainnya adalah dengan membuat customized bra sesuai kondisi kamu. Dengan demikian bentukcup dapat disesuaikan dengan payudara si pemakai.

BACA JUGA: Pertanyaan Remaja Puteri Seputar Payudara  (1)

 

Sementara, solusi medisnya adalah melalui operasi plastik. Tapi tentunya tidak semua orang mampu dan bersedia melakukan cara yang satu ini.

Bagaimana dengan kamu ladies? Sudahkah kamu menyadari masalah ini?

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini