Kawaii Beauty Japan

Makeup

Tips Make Up Untuk Kamu yang Berkulit Gelap

Banyak sekali wanita menjadi tidak percaya diri dengan warna kulit yang gelap, padahal mereka bisa tetap tampil cantik dengan menggunakan make up yang tepat. Cantik tidak selalu harus kulit putih kok!

Hikma Adriani

Banyak wanita kurang percaya diri dengan kulit gelap yang dimilikinya. Umumnya ini terjadi karena kaum wanita “termakan” doktrin yang menganggap bahwa wanita cantik itu harus berkulit putih, padahal asal dirawat dengan baik, kulit berwarna gelap juga tidak kalah menarik dengan wanita berkulit cerah. Justru warna kulit kamu bisa menjadi daya tarik tersendiri lho! 

So, kamu nggak perlu berkecil hati, karena dengan perawatan dan penggunaan make up yang tepat kamu bisa tampil luar biasa mempesona. Berikut ini tips make up yang tepat untuk kamu yang berkulit gelap.

Natural Adalah Pilihan yang Tepat

Pilihlah riasan wajah yang sealami mungkin dan mendekati warna kulit asli. Jangan sekali-kali mencoba mengubah warna kulit gelap untuk tampil menjadi putih sesaat dengan menutup kulit wajah setebal mungkin dengan foundation atau bedak tebal yang membuatmu terlihat seperti menggunakan topeng, atau bahkan seperti badut.

BACA JUGA: 4 Cara Menggunakan Foundation dengan Benar​

Pilih Alas Bedak yang Tepat

Untuk alas bedak, agar kulit hitam terlihat lebih manis dan mempesona, gunakan yang mengarah pada warna kuning. Jika kamu menginginkan kulit lebih gelap, pilih alas bedak dengan dasar biru gelap. Sebaiknya hindari warna dasar berwarna merah, karena akan terlihat seperti kulit terbakar. Pilihlah bedak dengan warna setingkat lebih gelap dari kulit atau setingkat lebih muda dari warna kulit. Sapukan pada pada seluruh wajah, telinga, dan leher.

Selanjutnya beberapa tips make up setelah memilih dasar bedak yang tepat:

  • Pemakaian blush-on, pilihlah warna peach atau apricot. Tetapi jika kulit lebih gelap, pilih perona pipi warna yang sedikit keemasan sebagai dasar atas perona dan padukan dengan perwarna coklat pekat.
  • Baurkan eyeshadow dengan warna lembut seperti kuning muda, bronze, dan chopper serta cokelat pekat. Perpaduan warna tersebut akan memberikan kesan wajahmu yang terlihat lebih “fresh”.
  • Dalam pemilihan lipstik, kamu harus memilih lipstik yang paling mendekati warna kulit, seperti coklat susu, pink lembut, plum gelap dan warna coklat pekat hanya untuk lipgloss.
  • Rias wajah bukan berarti mengubah warna kulit, tetapi menutup kekurangan dan menonjolkan kelebihan pada wajah. Sebaiknya hindari pemakaian warna kontras pada perona mata, pipi, dan bibir agar tidak terlihat norak dan berlebihan.

Sekarang kamu sudah siap untuk tampil cantik, tanpa harus bingung atau malu dengan warna kulitmu. Siapa bilang hitam tidak bisa cantik? 

BACA JUGA: Tren Make Up: Purple Lips is in The Air!

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait