Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Inilah Penyebab Penuaan Dini yang Harus Kamu Ketahui!

Tentunya gak mau kan kulit mengalami keriput, garis-garis halus, dan kendur. Ketahui penyebabnya dan cara mengatasi penuaan dini sekarang!

Leonita Nerisa

Penuaan Dini merupakan ketakutan terbesar para wanita. Dengan membayangkan kulit menjadi kendur dan berkeriput saja sudah bisa menggangu acara tidur cantik kita. Seperi kata pepatah, mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, yuk, kita ketahui penyebab penuaan dini yang selalu menghantui para wanita.

Kulit Mengalami Penuaan Ketika Berumur?

Sebenarnya, ada dua tipe penuaan pada kulit yaitu intrinsic and ekstrinsik. Penuaan intrinsik berasal dari dalam dan terjadi pada semua orang. Ciri-ciri kulit yang mulai mengalami penuaan adalah kulit menjadi lebih kering dan tipis seiring dengan beranjaknya usia yang membuat tanda-tanda penuaan seperti mengendur, munculnya garis-garis halus dan keriput. Penuaan intrinsik ini akan meningkat dengan cukup stabil sehingga tanda-tanda penuaan tidak akan terlalu terlihat hingga menginjak usia yang cukup dewasa.

Sedangkan penuaan ekstrinsik terjadi akibat faktor eksternal seperti sinar UV yang berasal dari matahari. Sinar UV ini dapat mempercepat penuaan kulit. Faktor ini dipercaya dapat mempercepat proses penuaan kulit 90% lebih cepat dibandingkan dari penuaan kulit pada normalnya.  

Cara Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

Pakai sunblock yang memiliki SPF 30 atau lebih dapat membantu untuk melindungi kulit dari sinar UV. Pakailah sunblock ketika berada di bawah sinar matahari dan tetap mengaplikasikannya ketika cuaca mendung sekalipun. Untuk proteksi lebih, kamu dapat menggunakan topi, sunglasses dan pakaian pelindung sinar matahari agar kulit tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

BACA JUGA: Masih Males Pakai Sunscreen? Duh, Cek Deh Manfaatnya!

Selain perlindungan dari luar, perlindungan dalam tentunya tidak kalah penting. Makanlah makanan yang sehat dan terapkan cara diet yang seimbang seperti selalu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengadung nutrisi, vitamin dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari lingkungan yang berpolusi.

Jangan lupa untuk mencuci wajahmu sehari dua kali untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup agar kulit tetap dapat bernapas dengan baik. Untuk skincare, jika kamu berusia sekitar 20 tahun keatas, waktunya untuk meng-upgrade moisturizer-mu yang mengandung antioksidan dan hyaluronic acid (HA). Aplikasikan juga eye cream, eye gel atau eye serum yang menganung kafein untuk mencegah kerutan pada sekitar mata.

Jika kulitmu sudah menjukan tanda-tanda penuaan kulit, cegah dan hilangkan tanda-tanda ini dengan mengaplikasian serum yang mengandung vitamin C atau vitamin E. Untuk kamu yang mempunyai tipe kulit berminyak dan berjerawat, mengaplikasikan night cream yang mengandung Retionol juga dapat membantu mengatasi bekas-bekas jerawat dan mencegah penipisan kulit yang disebabkan oleh penuaan intrinsik.

 

Yuk, mulai lindungi kulitmu dari luar & dalam untuk dari penuaan dini!

BACA JUGA: Makanan Ini Bisa Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Muda!

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait