Foto 5 Tips Mengatasi Masalah Kulit Akibat Produk dan Alat Kecantikan

5 Tips Mengatasi Masalah Kulit Akibat Produk dan Alat Kecantikan

Foto Leonita Nerisa
Lecet pada ujung bibirmu akibat dehidrasi? Luka bakar karena waxing? atau alergi dengan produk kecantikan yang baru kamu coba? Baca tips ini untuk mengatasi ‘kecelakaan’ kecil ini!

Produk kecantikan dengan teknologi terbaru, gaya rambut terbaru, trend lifestyle seperti mencukur dan waxing, perawatan wajah terbaru merupakan hal yang sangat asyik untuk dicoba, khususnya untuk kita para ladies. Tapi, bagaimana kalau terjadi ‘kecelakaan’ kecil ketika sedang mencobanya? Berikut 5 tips untuk membantu mengatasi ‘kecelakaan’ kecil tersebut.

Alergi Terhadap Suatu Produk

Untuk para pecinta makeup maupun skin care, hal yang satu ini tentunya sering kita pikirkan ya terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Mengaplikasikan sesuatu ke wajah yang sedang iritasi atau alergi tentunya akan membuat semakin perih. Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya ketika pertama kali mencoba suatu produk, coba perhatikan atau rasakan selama beberapa saat reaksi yang diberikan kulit kita terhadap produk tersebut. Apabila timbul reaksi yang menandakan kamu tidak cocok dengan produk tersebut, segera cuci wajahmu dengan lembut dengan cleanser sehari-harimu, keringkan wajah dan biarkan wajah bernapas selama beberapa saat. Jika terjadi iritasi yang lebih serius, sebaiknya langsung hubungi dermatologis-mu.

BACA JUGA: Bahaya Kosmetik Kadaluarsa dan Cara Mengenalinya 

Iritasi & Luka Bakar Akibat Waxing

Bila kamu mengalami luka bakar akibat waxing, coba aplikasikan krem hydrocortisone. Jika luka tersebut disertai iritasi, kamu dapat mengkonsumsi ibuprofen untuk mengurangi inflamasi.

Luka Bakar Dari Alat Rambut

Resiko mengalami ter’sundut’ peralatan rambut memang kecil apalagi jika kita sendiri yang menggunakannya. Tapi bukan tidak mungkin terjadi. Hal utama yang perlu dilakukan jika ini terjadi adalah membasuhkan air ke area tersebut dan biarkan untuk beberapa saat serta hindari untuk menyentuhnya. Jika luka tersebut menjadi mengelembung, jangan pernah memecahkannya karena dapat menyebabkan infeksi dan berbekas. Biarkan luka tersebut benar-benar mengering dan sembuh, lalu aplikasikan produk berbahan dasar vitamin E untuk membantu menghilangkan bekas tersebut.

BACA JUGA: Odol untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar? Apa Benar?

Iritasi akibat Exfolasi

Sering mengalami over-exfoliation, ladies? Terlalu banyak meng-exfoliasi dapat menyebabkan kulit menjadi sensitive, kemerahan dan tentunya, perih! Jika hal ini terjadi, jangan mencuci muka mengunakan air hangat, sebaiknya menggunakan air bersuhu ruangan. Coba untuk mengkompres wajah menggunakan handuk dingin selama beberapa menit untuk membantu mengurangi rasa panas pada wajah. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer berbahan ringan dan pastikan tidak mengandung parfum yang dapat membuat kulit semakin perih.

Lecet Pada Bagian Pingir Bibir

Terlalu banyak memakai produk bibir, seringkali dapat membuat bibir terutama pada bagian pinggirnya menjadi lecet karena dehidrasi. Biasanya lecet pada bagian ini sulit sekali untuk sembuh dalam waktu yang cepat dan tentunya sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan tentunya penampilan. Aplikasikan lip balm setiap saat agar lecet tersebut cepat menghilang dan aplikasikan produk antibakterial untuk menjauhkan bibir cantikmu dari infeksi.

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini